fbpx
ketahui jenis-jenis psikotes kerja berikut ini

ketahui jenis-jenis psikotes kerja berikut ini

Jenis jenis psikotes kerja – Sebagai salah satu syarat untuk masuk ke dalam sebuah perusahaan dan instansi para calon harus melewati psikotest atau psychology test, yang diselenggarakan interviewer. Dan mungkin beberapa di antara dari kita masih belum mengerti mengapa harus di adakan psikotest.

Psikotest di adakan karena dapat memberikan informasi tentang pelamar sebelum mereka diterima bekerja yang tidak dapat diberikan dari hasil tes akademis. memberikan informasi tentang kepribadian dan logika berpikir dari pelamar sehingga akan lebih mudah juga saat melakukaan pemetaan posisi karyawan.

Di atas adalah point utama dari mengapa harus dilakukan psikotest, dan berikut ini adalah jenis jenis psikotes kerja yang sering dilakukan oleh perusahaan yang mungkin akan membantu anda untuk melaluinya.

Jenis-jenis psikotes kerja

1 ) Tes logika penalaran

blank

Jenis psikotest ini adalah untuk menguji seberapa jauh nalar dan logika anda berjalan dalam mengamati sesuatu. biasanya soal tes ini adalah merupakan gambar berderet yang memilki pola saling berkaitan/kecendrungan sama, dan anda akan ditugaskan untuk memilih gambar yang tidak memilki korelasi atau kaitannya dengan gambar yang lain.

2 ) Tes analog verbal

blank

Yang kedua adalah tes verbal yang akan mengasah pengetahuan anda tentang kosakata, tes ini berisi sinonim dan antonim dari sebuah kata. Jenis psikotest ini berfungsi untuk melatih logika dalam suatu permasalahan atau kondisi tertentu. rata-rata tes verbal ini relatif hampir sama, jadi buat anda yang sudah menjalankan tes verbal rasanya sangat mudah untuk melaluinya.

3 ) Tes logika aritmatika

blank

Selanjutnya adalah tes logika aritmatika yang di uji dengan serangkaian angka. Psikotest jenis ini untuk melihat seberapa jauh kemampuan analisa anda dalam memahami pola/kecendrungan tertentu untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut. Tujuan dari tes logika aritmatika dan logika penalaran sama, yaitu untuk melihat sejauh mana kemampuan anda dalam melihat sesuatu dan menganalisanya.

4 ) Wartegg test

blank

Kemudian ada wategg test yang berisikan serangkaian test dengan 8 kotak yand didalamnya terdapat gambar-gambar atau pola seperti, titik, garis kurva, kotak, dua garis memotong, garis kurva, garis melengkung dan lain-lain. dalam Wartegg test anda akan diminta untuk menggambar dan mengurutkannya, kemudian memberikan keterangan gambar mana yang palng anda sukai dan tidak di sukai. test ini dilakukan untuk melihat intelektual, emosi, imajinasi, dan aktivitas subjek.

5 ) Edwards personal preference schedule (EPPS)

blank

yang kelima adalah EPPS, psikotest ini bertujuan untuk melihat seberapa besar motivasi dan semangat anda. test ini biasanya berisikan beberapa pertanyaan yang akan menggambarkan dan mencerminkan diri anda.

Demikian Jenis jenis psikotes kerja yang mungkin salah satunya akan anda temui saat interview. walaupun sebenarnya maih banyak lagi jenis pskiotes lainnya namun ini dari serangkain psikologi tes adalah untuk melihat karakter anda yang sebenarnya, tidak ada jawaban salah atau benar untuk test ini. dan mereka yang gagal bukan berarti mereka tidak pintar, mungkin hanya saja tidak cocok untuk pekerjaan yang mereka lamar.

 

source : https://malemminggu.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *