Trik menjawab ketika interviewer bertanya tentang kelemahan dan ambisi anda

Trik menjawab ketika interviewer bertanya tentang kelemahan dan ambisi anda

1806
0
BERBAGI

Tips wawancara kerja – Proses interview adalah sebuah rangkaian yang tidak terpisahkan dalam perekrutan karyawan, setiap karyawan yang ingin bekerja di suatu perusahaan harus melalui proses interview. dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa proses ini terkadang bisa menjebak dan tidak sedikit yang membuat pelamar gagal.

Dan sertiap perusahaan tentunya tidak ingin salah memperkerjakan orang, mereka membutuhkan seseorang sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Untuk itulah proses interview diselipkan beberapa pertanyaan yang tidak jarang juga mengandung unsur jebakan, hal ini dilakukan untuk menggali informasi sedalam-dalamnya mengenai calon pelamar, dan sebagai bahan pengambil keputusan apakah calon layak atau tidak mereka terima.

Nah dalam artikel ini admin akan membagikan tedikit tips terkait pertanyaan interview yang mengandung unsur “jebakan” ,seperti pertanyaan apa kelemahan dan kekuatan anda? ,agar ke depanya para pelamar tidak gagal lagi.

TIPS WAWANCARA KERJA 

Tips kali ini akan fokus kepada pertanyaan “apa kelemahan anda ?” dan “apa kekuatan anda?” yang sering sekali menjadi batu sandungan bagi para pelamar, baiklah kita bahas satu persatu.

APA KELEMAHAN ANDA ? 

1 ) Hindari jawaban yang negatif

Walaupun pertanyaan seputar kelemahan anda namun jangan memberikan jawaban yang negatif contohnya seperti tidak dapat bekerja sama dengan baik dengan kelompok ataupun tempramental ketika mendapatkan masalah. 2 hal ini sangat fatal karena tidak dapat bekerjasama dengan tim dan perilaku yang tempramental akan berbahaya buat perusahaan.

2 ) Hindari kelemahan yang bersifat teknis

Misalkan anda di wawancara untuk posisi sales atau marketing yang sangat membutuhkan orang yang supel, pandai berbicara, siap di posisikan dimana saja dan lainnya. jangan sampai anda menceritakan kekurangan yang berlawanan dari hal diwajibkan.

3 ) Berikan jawaban bahwa anda dapat menangani kekurangan anda

Agar tetap terlihat elegan dan menutupi kekurangan anda cobalah berikan pernyataan bahwa anda dapat mengatasi kekurangan atau masalah dalam diri anda sendiri, contohnya seperti “walaupun saya sedikit lebih lama dalam memahami sesuatu tapi saya adalah orang yang gigih belajar sesuatu yang baru dan teliti dalam melihat sesuatu“,

APA KEKUATAN ANDA ? 

Pertanyaan ini muncul ketika seorang interviewer ingin menempatkan anda di posisi tertentu. walaupun berbicara kekuatan adalah hal yang membanggakan, namun tidak jarang juga pertanyaan ini membuat pelamar menjadi blunder. tetapi berhati-hati dalam menjawab pertanyaan dan ikuti tips dibawah ini.

1 ) Jangan jumawa atau terlihat sombong

walaupun anda adalah tipikal orang yang memilki banyak kemampuan dan ahli dalam banyak hal namun cobalah menjawab tidak berlebihan, berikan jawaban secukupnya, ceritakan kelebihan anda yang berkaitan tentang pekerjaan atau posisi yang anda lamar.

2 ) Ceritakan pencapaian anda

Hal ini sangat mudah bagi mereka yang sudah berpengalaman dan memilki pencapaian profesionalnya. Memilki pencapaian dalam dunia kerja atau karir adalah pengalaman yang membanggakan sekaligus berharga. Ini adlaah salah satu bukti bahwa anda adalah orang yang cocok di posisi tersebut, bukti nyata juga bisa anda lampirkan dalam portofolio.

Namun bagi fresh graduate yang masih belum memilki pencapaian tentunya akan berbeda, tetapi jangan khawatir kunci untuk menjelaskan hal ini bahwa anda memahami, mengerti cara kerja, dan memilki strategi untuk mencapai keberhasilan.

demikian adalah tips wawancara kerja dan strategi untuk menjawab pertanyaa “apa kelemahan anda ? ” dan “apa kekuatan anda ?”, semoga tips dan informasi yang admin sharing ke anda dapat berguna saat ada menjalani proses interview kerja.

LEAVE A REPLY