Wah ternyata 7 kebiasaan kecil ini yang buat gaji kamu cepat habis.

Wah ternyata 7 kebiasaan kecil ini yang buat gaji kamu cepat habis.

Sering kali kita merasa bahwa gaji kita tidak cukup atau menguap entah kemana, padahal kita sendiri merasa tidak membeli apa-apa atau tidak boros. Tetapi memang ada beberapa hal kecil yang dapat menganggu kestabilan gaji kita setiap bulannya. seringnya gaji bulanan habis belum pada waktunya karena hal-hal kecil atau sepele yang kita lakukan secara rutin dan secara tidak sadar.

kasus gaji habis sebelum waktunya ini sering terjadi pada setiap orang, alih-alih ingin menghemat uang dan menabung tapi pada kenyataan uang gaji habis entah kemana. Mungkin 7 hal yang akan kita bahas ini salah satunya sering anda lakukan, atau malah semuanya anda rutin lakukan. Yuk kita simak apa saja si sebenernya yang membuat gaji habis sebelum waktunya.

7 Kebiasaan sepele yang membuat gaji cepat habis

1 ) Tidak punya catatan pengeluaran keuangan

Banyak dari kita yang sering merehmekan catatan pengeluaran uang, namun sebenarnya ini sangat penting agar kita tahu kemana saja uang kita keluarkan. nah ini juga bisa mengungkap uang yang hilang secara “Ghoib” alias hilang tanpa jejak, selain itu dengan memilki catatan pengeluaran anda juga dapat melakukan evaluasi untuk bulan depannya agar gaji tidak cepat habis.

2 ) Kredit lagi kredit lagi

Berikutnya adalah kebiasaan yang tidak saja akan membuat gaji kita habis, tapi mungkin juga membuat tabungan kita terkuras, dan hidup akan serba kekurangan. Wahhh bahaya kebiasaan kredit ini kan ? untuk itulah kita harus bijak dalam menggunakan kartu kredit, jika tidak penting-penting banget cobalah untuk menahan diri kita untuk membeli barang.

3 ) Mengesampingkan tagihan

Tidak dipungkiri hidup memang selalu tentang kebutuhan, dan kebutuhan membutuhkan materi, nah materi atau tagihan yang wajib dibayar inilah yang harusnya kita utamakan. sayangnya kebanyakan dari kita sering menghamburkan uang untuk sesuatu yang kurang penting dan mengesampingkan tagihan wajib yang harus dibayar. Apa saja tagihan yang harus kita bayar? contohnya seperti bayar listrik, uang sewa/kos, kredit kendaraan, air dan lainnya.

4 ) Hasrat membeli gadget baru dengan teknologi canggih

Halo yang gadgetarian mungkin membeli gadget terbaru baik itu smartphone ataupun lainnya adalah akar masalah kenapa gaji habis sebelum waktunya. Mengikuti atau membeli barang berteknologi tercanggih adalah hak setiap orang, namun alangkah bijak dan baiknya bila kita dapat memanfaatkan dan memaksimalkan teknologi dari gadget yang kita miliki. Jika tidak butuh-butuh banget sebaiknya redam hasrat anda tersebut, dan kembalilah menabung.

5 ) Makan dan jajan terus

Makan adalah kebutuhan primer yang harus terpenuhi oleh semua orang, kalo tidak makan kita tidak dapat beraktivitas dengan baik alias loyo. Nah tapi masalahnya adalah keseringan “makan-makan” dan “jajan-jajan” juga akan menguras isi tabungan dan gaji bulanan secara perlahan. tentunya kita tidak mau kan uang kita habis hanya untuk ke perut saja ?

6 ) Bikin janji sebelum gajian

Tanpa disadari uang gaji habis sebelum waktunya karena faktor ini juga. Sadarilah membuat janji bersama teman, kerabat, pacar, atau lainnya akan mengeluarkan isi dompet. janji bagaikan hutang, ada baiknya kita selalu memperhitungkan janji yang kita buat, dan pastikan kita melakukan pengeluaran yang hemat.

7 ) Terjebak di ruang diskon/promo

Hayoo yang matanya suka gak bisa tahan kalo ada tulisan diskon atau promo, ini adalah masalah mengapa gaji habis. Mungkin kita memilki alasan mengapa membeli barang yang sedang diskon seperti “Beli sekarang aja ngumpung murah, kalo mahal nanti gak ke beli” ,Yap prasangka inilah yang harus dihilangkan. Memborong barang yang sedang diskon bukanlah suatu penghematan, melainkan pemborosan yang sis-sia, mengapa demikian??? karena sebenarnya kita tidak mengetahui apakah kita membutuhkan barang tersebut atau tidak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *