fbpx
Tips menjaga ketajaman otak agar tetap fokus pada pekerjaan

Tips menjaga ketajaman otak agar tetap fokus pada pekerjaan

Tips menjaga ketajaman otak – Tuntutan pekerjaan yang tinggi mengharuskan kita untuk selalu fokus dalam menjalankan tugas, tanggung jawab yang tinggi dan deadline yang singkat pastinya akan banyak menguras tenaga dan pikiran. Dan karena kelelahan fisik dan pikiran inilah yang membuat kita sering hilang fokus, cepat lupa, dan mudah mengantuk.

Belum lagi perusahaan mengharuskan kita untuk selalu produktif, tanpa kita sadari jika fungsi otak di pergunakan terlalu berlebihan dengan istirahat yang kurang, maka sedikit demi sedikit ketajaman otak akan berkurang, yang menyebabkan kita menjadi pelupa, dan mudah hilang fokus.

Apabila kondisi ini tidak segera di atasi akan berakibat dalam jangka panjang, untuk itu sebaiknya kita perlu melakukan maintenance otak agar ketajaman otak tetap terjaga. lalu sebenarnya kegiatan positif apa saja yang dapat melatih ketajaman otak yang juga berdampak pada meningkatkannya fokus pikiran, berikut dibawah ini adalah kiat-kiat untuk menjaga ketajaman otak.

5 Tips menjaga ketajaman otak

1 ) relaksasi otak

blank

Cara sederhana untuk melatih ketajaman otak adalah dengan membiarkan pikiran menjadi tenang. relaksasi otak atau menenangkan pikiran dengan pergi ke tempat sepi, dimana segala rutinitas yang biasa dijalani dihentikan sementara akan memberikan oksigen segar ke otak dan aura positif untuk pikiran kita.

Opsi yang lain dari tips menjaga ketajaman otak yang pertama jika anda tidak sempat meninggalkan rutinitas pekerjaan, adalah dengan menyediakan waktu untuk sekedar memejamkan mata dan memvisualisasikan dalam otak, seolah-olah bisa melakukan aktivitas itu dengan sebaik mungkin dan sukses, dan bisa lebih baik lagi jika kita sambil mendengarkan musik yang disuka.

2 ) Waktu tidur yang cukup 

blank

Seorang asisten pskiater di New York University yang bernama Vatsal G. Thakkar, MD mengungkapkan bahwa ketidakmampuan fokus dan lemahnya konsenterasi seseorang seringkali disebabkan oleh kurangnya jam tidur. Mengapa kurang tidur berkualitas dapat mengurangi kemampuan dan konsenterasi otak? karena jam tidur yang kurang akan berkakibat signifikan pada fungsi kognitif otak, yang berujung menyebabkan kita menjadi pelupa.

3 ) Liburan dan hiburan

blank

Ada yang bilang bahwa terlalu banyak bekerja tidak baik untuk kewarasan seseorang, rasanya ungkapan itu benar bagi orang yang sudah lama tidak pergi liburan. Munculnya rasa stress juga bisa datang dari banyaknya masalah dan tanggung jawab dalam hidup. Untuk itu liburan dan mendapatkan beberapa hiburan di anjurkan bagi mereka yang otaknya terlalu tenggang.

4 ) Berolahraga

blank

Tips menjaga ketajaman otak dengan upaya menghilangkan stress yang selanjutnya adalah dengan melakukan kegiatan olahraga. Hal ini sebenarnya bisa rutin dilakukan, misalkan di pagi hari sebelum berangkat kerja kita melakukan jogging kecil di area perumahan, ataupun yoga untuk merelaksasikan otak. Saat berolahraga juga tubuh kita  memproduksi hormon Endorphin lebih banyak, yaitu hormon yang mampu memberi ketenangan bagi pikiran.

5 ) Pola makan sehat

blank

Mungkin salah satu keberhasilan bangsa yunani dalam melahirkan orang-orang dengan tingkat kecerdasan tinggi adalah karena mereka memberlakukan pola makan sehat. Orang yunani sangat akrab dengan pola makan yang sehat, dan yang paling terkenal adalah diet sehat Mediteranian artinya mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah besar, lemak baik seperti minyak zaitun, serta mengurangi konsumsi garam dan daging merah.

Diet ini dapat mengurangi resiko seseorang untuk terkena penyakit Alzheimer hingga 40%, dan banyak peneliti yang sudah melakukan penelitian akan pola makan sehat ala orang yunani ini, yang mengungkapkan bahwa mediteranian memiliki kekuatan sebagai antioksidan yang mampu melawan peradangan.

Demikian adalah 5 tips menjaga ketajaman otak agar kemampuan fokus kita saat bekerja atau sedang mengerjakan sesuatu juga meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *