Tips interview via skype terbukti sukses

Tips interview via skype terbukti sukses

1353
0
BERBAGI

Tips interview via skype – Ada beberapa metode yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan wawancara kerja, namun yang biasanya kita kenal adalah wawancara konvensional (bertemu langsung dengan user), dan melalui telekonferens atau via skype. Pada perusahaan multinasional yang memilki karyawan dari seluruh dunia biasanya penggunaan metode wawancara melalui telekonferens atau via skype.

Sepintas interview melalui skype akan terasa lebih mudah dari pada biasanya, tidak perlu berangkat ke kantor, tidak perlu kena macet, ataupun bisa sedikit curang dengan mencontek. Namun interview melalui skype masih memilki kendala teknis seperti jaringan, ataupun miss communication. Nah pada artikel kali ini akan ada tips interview via skype yang bisa anda peraktikan apalagi anda rencana wawancara dalam waktu dekat ini.

Tips interview via skype

1 ) Install skype jauh dari H

Tips yang pertama ini memang sangat mendasar, namun patut dilakukan jika anda tidak ingin terkena masalah teknis. Install skype atau aplikasi telekonferens lainnya yang akan anda gunakan, lakukan pendaftaran akun dan jangan lupa melakukan percobaan telekonfrens. Dan untuk berjaga-jaga anda dapat menginstall skype di 2 device yang berbeda.

2 ) Cek jaringan internet

Setelah skype terpasang ada baiknya anda juga melakukan pengecekan jaringan internet, untuk berjaga-jaga agar saat wawancara online tersebut berlangsung, anda tidak mengalami gangguan seperti buffering, gambar korup, suara tidak jelas, pending dan lainnya.

3 ) Pilih tempat yang tenang, jauh dari gangguan

Sebisa mungkin anda mencari tempat yang tenang yang jauh dari gangguan suara, agar bisa lebih fokus dalam berbicara dan mendengar. Kemudian pasang headset wireless (direkomendasikan) agar tidak ada kabel yang menganggu penampilan anda. Kemudian gunakan clip on atau mic kecil agar vokal anda bisa lebih jelas

4 ) Pilih foto dan username yang sesuai

Tips interview via skype selanjutnya adalah dengan menggunakan username yang sesuai dengan CV atau lamaran anda, dan tentunya memasang foto yang pantas, disarankan untuk berpakaian formal atau boleh juga semi formal yang agak sedikit lebih santai namun tetap sopan.

5 ) Persiapkan/perhatikan ruangan yang masuk frame kamera

Suasana ruangan pada saat proses wawancara juga penting, tata ruangan sebaik dan serapih mungkin. Jangan terlalu menaruh banyak benda di belakang anda dan hindarkan benda-bendang dengan warna kontras, terutama dinding yang memilki warna kontras karena dapat membuat mata tidak nyaman, cari latar dengan warna yang tenang dan adem dilihat oleh mata dan pastikan juga tidak menyaru dengan warna baju anda. Anda juga bisa menambahkan ornamen yang menarik namun tetap relevan dengan bidang yang sedang anda lamar, contoh jika anda melamar sebagai arsitek anda dapat menaruh susunan lego berbentuk gedung di latar, yang menunjukan bahwa anda memang memilki bakat untuk merancang sebuah bangunan

Setelah kita memperisapkan hal-hal teknis seperti yang di atas tadi, saatnya menuju tahapan dimana anda akan memulai sebuah interview, atau lebih tepatnya bersikap dengan benar di depan kamera.

6 ) Bersikap dengan tepat di depan kamera

  1. Ketika sudah tersambung dengan user pasang senyuman yang kemudian dilanjutkan dengan menjawab salamnya dan menyebut namanya dengan benar (biasanya salam pertama kali di lakukan oleh interviewer namun tergantung sikon juga), Contoh : “Selamat siang juga pak henderson”
  2. Untuk mencairkan suasana biasanya user akan menanyakan beberapa hal basa-basi, seperti apa yang mereka lihat di kamera biasanya akan ditanyakan atau seperti pertanyaan “Apakah anda tinggal bersama orang tua atau istri?”, jawab secukupnya.
  3. Bersikap rileks cari posisi duduk yang nyaman untuk anda namun masih terlihat sopan.
  4. Jangan menggeser benda, atau suara ketikan yang dapat mengintervensi suara, buat user anda tetap fokus pada suara anda. Gunakan artikulasi yang jelas, jangan terlalu cepat berbicara.
  5. Terakhir adalah ketika anda sudah mendapatkan ritme dan kenyamanan dalam wawancara yang perlu dilakukan hanyalah menikmati proses wawancara, dengan mendengarkan baik-baik apa yang dikatakan dan ditanyakan oleh interviewer kemudian menjawabnya dengan tepat.

Selesai sudah tips interview via skype atau online yang admin berikan, semoga tips ini bisa membantu anda untuk lolos dalam proses wawancara kerja, selamat berusaha dan sukses!

LEAVE A REPLY