7 gejala atau tanda-tanda karyawan yang akan resign

7 gejala atau tanda-tanda karyawan yang akan resign

1662
0
BERBAGI

Tanda-tanda karyawan yang akan resign – Karyawan yang resign dari sebuah perusahaan adalah hal yang biasa, mereka yang memilih resign memilki beragam alasan yang berbeda, mulai dari alasan keluarga, gaji, hingga masalah personal dengan seseorang. Namun apabila perusahaan sering gonta-ganti karyawan atau banyak karyawan yang resign pastinya menjadi masalah.

Sebagai atasan atau divisi manajemen SDM anda harus mengetahui gelagat atau ciri-ciri karyawan yang akan resign, sehingga bisa dapat ditanggulangi. Dan juga biasanya sebelum melakukan berkas pengunduran diri, karyawan yang akan resign ini menunjukan gelagat yang aneh, seperti tidak masuk kerja karena alasan sakit, ataupun sering datang terlambat dengan alasan jalanan macet dan lainnya.

Dan pada artikel ini mari kita bahas tanda-tanda karyawan yang akan resign, yang paling sering terjadi di setiap perusahaan.

 7 tanda-tanda karyawan yang akan resign dalam waktu dekat

1 ) Sering lihat linkedin, jobstreet dan situs kerja loker lainnya

 

Sebenarnya tidak sulit melihat gerak-gerik karyawan yang akan berniat resign, teman dekat atau teman seruangan mungkin bisa mengetahui hal ini. jika ada karyawan sering tertangkap sedang membuka situs-situs pencari pekerjaan, dan sering meninggalkan komentar di lowongan pekerjaan yang dibagikan, maka dapat diperkirakan ia akan meninggalkan perusahaan dalam waktu dekat.

2 ) Sering membuat kesalahan

Karyawan yang berniat ingin hengkang dari perusahaan dalam waktu dekat, biasanya sudah tidak memperdulikan lagi kualitas kerjanya, dan sering membuat kesalahan yang berulang-ulang. kecendrungan ini dapat di indikasikan sebagai ketidak seriusan dirinya dalam menjalankan tugas, dan kejenuhannya dalam bekerja yang membuatnya ingin cepat-cepat hengkang dari perusahaan.

3 ) aktivitas online atau jejaring sosial di internet semakin meningkat

Zaman sekarang kebanyakan pekerjaan menuntut kita untuk selalu online, dan terhubung dengan internet agar mudah dihubungi dan sekaligus dapat menunjang pekerjaan. Namun apabila anda menemukan karyawan yang sering online tetapi tidak ada hubungan dengan pekerjaannya, atau justru hanya membuka sosial media saja, maka bisa disimpulkan dia hanya membuang-buang waktu sampai jam kerja usai. dan hal tersebut dapat di indikasikan salah satu ciri-ciri karyawan yang akan resign.

4 ) Menghindari pembicaraan dengan atasan

Selanjutnya tanda-tanda karyawan yang akan resign adalah mereka menghindari pembicaraan dengan atasannya, hal ini terjadi karena mereka takut ditanyakan soal perkembangan pekerjaannya, dan biasanya mereka yang ingin resign sudah tidak produktif lagi dalam bekerja.

5 ) Sering mengeluh kepada teman

Kemudian apabila ada karyawan yang sering mengeluhkan segala hal dan masalah baik itu dari segi pekerjaan ataupun gaji, bisa jadi ia sedang mencari alasan atau kesalahan kantor yang membuatnya bisa resign. Mencari alasan resign yang tepat dan masuk akal akan sangat berguna saat nanti ada interview di tempat kerja yang baru, karena biasanya interviewer tidak mempermasalahkan orang yang resign karena perusahaan tempat bekerja mereka dulu tidak dapat memfasilitasi karyawannya dengan baik.

6 ) Datang terlambat dan pulang kantor lebih awal

Tanda-tanda selanjutnya adalah karyawan yang sering datang terlambat padahal dulu rajin dan selalu datang tepat waktu ke kantor. Kemudian jam pulangnya juga paling awal, seolah-olah kedatangannya ke kantor hanya sekedar menunggu jam pulang kerja pulang, karena ia sudah tidak niat lagi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

7 ) Sibuk mengurusi hal lain di luar konteks pekerjaan

Tanda-tanda karyawan yang akan resign yang terakhir adalah mereka yang sangat sibuk mengurusi hal lain di luar jobdesknya di perusahaan. Fakta karyawan yang memilki bisnis sampingan memang banyak, dan hal tersebut sah-sah saja selama tidak menganggu pekerjaan di kantor, namun apabila bisnis sampingannya sudah menganggu pekerjaannya di kantor, maka dapat di cirikan bahwa dia sudah tidak fokus lagi, dan potensi dirinya untuk resign dalam waktu dekat cukup terbuka.

Demikian adalah 7 tanda-tanda karyawan yang akan resign versi blog.payrollbozz.com ,apabila anda memilki teman atau karyawan dengan kecendrungan di atas tadi, maka sebaiknya anda sebagai atasan atau HR management bisa cepat mengambil tindakan, seperti melakukan komunikasi persuasif agar ia mengurungkan niatnya.

LEAVE A REPLY