7 Cara Kreatif Untuk Memecahkan Masalah Dalam Pekerjaan

7 Cara Kreatif Untuk Memecahkan Masalah Dalam Pekerjaan

3348
0
BERBAGI

Pekerjaan pada dasarnya adalah dunia yang penuh dengan tantangan dan masalah. Masalah bisa bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Diantaranya masalah yang terkait dengan pekerjaan, misalnya kurangnya pengetahuan kita terhadap apa yang kita kerjakan. Atau masalah yang menyangkut relasi personal di kantor. Semua masalah tersebut tentu punya cara memecahkan masalah yang berbeda-beda.

Agar masalah tidak berlarut, setiap masalah harus segera diselesaikan. Jika tidak, bukan hanya Anda secara pribadi yang akan dirugikan. Namun, perusahaan, bahkan keluarga Anda di rumah bisa terkena imbasnya. Karena masalah dalam pekerjaan tidak hanya merusak mood, namun juga mengurangi produktivitas dan kualitas kerja. Nah untuk mengatasinya, berikut ada 7 cara kreatif untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan.

1 ) Jangan Ragu Bertanya

cara-memecahkan-masalah-1

Jika Anda menemukan hal yang sulit terkait pekerjaan Anda, jangan pernah ragu untuk bertanya. Diam dan mencoba memecahkan kesulitan pekerjaan sendiri bukanlah solusi yang tepat. Apalagi jika itu adalah kerja tim. Jadi, bertanyalah bagaimana cara memecahkan masalah jika Anda memang belum menguasai suatu hal dalam pekerjaan Anda. Percayalah, rekan-rekan Anda pasti akan dengan senang hati membantu.

2 ) Jadikan Hal Baru Sebagai Tantangan

cara-memecahkan-masalah-2

Harus diakui bahwa terkadang apa yang dipelajari di bangku kuliah berbeda kenyataannya saat di dunia kerja. Jika Anda baru mulai bekerja, mungkin Anda butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan dunia baru tersebut. Agar mental Anda tidak melorot, cara gampang mengatasi masalah adalah jadikan hal baru dalam dunia kerja Anda sebagai tantangan. Jangan jadikan sebagai beban.

3 ) Buat Catatan Pribadi

cara-memecahkan-masalah-3

Terkadang, ketika sudah bekerja kita lupa mencatat hal-hal penting dalam pekerjaan kita. Termasuk setiap tantangan, hambatan dan kemajuan yang telah berhasil kita capai. Cobalah untuk membuat catatan pribadi atas kerja-kerja Anda sendiri. Termasuk apa saja masalah yang Anda hadapi serta cara memecahkan masalah yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa melihat dengan baik persoalan dan pemecahannya.

4 ) Dokumentasi

cara-memecahkan-masalah-4

Tahukah Anda banyak masalah pekerjaan timbul karena kurang cermatnya kita dalam mendokumentasikan pekerjaan kita? Walaupun di rumah atau dalam kehidupan pribadi Anda adalah orang yang cukup “berantakan”, namun di dalam pekerjaan sebaiknya tidak. Selalu dokumentasikan dengan benar semua tahapan dalam pekerjaan Anda. Selain menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran, dokumentasi bisa memberi Anda petunjuk memecahkan masalah.

5 ) Hubungan yang Professional

cara-memecahkan-masalah-5

Masalah di tempat kerja yang sering dialami banyak orang adalah hubungan antar personal yang kurang baik. Jatuh cinta, iri, benci, bisa berubah menjadi fitnah, saling menjatuhkan atau menelikung. Cara memecahkan masalah yang berkaitan dengan hubungan personal mudah saja. Yaitu pastikan Anda selalu professional dalam menjalin relasi dengan teman, bos dan siapapun di kantor Anda.

6 ) Teamwork

cara-memecahkan-masalah-6

Berikutnya, adalah menjalankan kunci kesuksesan dalam pekerjaan, yaitu teamwork. Ingatlah, Anda tidak bekerja sendirian. Hindari perilaku one man show. Fokuslah pada kerja tim, yang saling sinergi, bahu-membahu dalam melaksanakan tugas dan mengatasi masalah. Ingatlah, sepintar-pintarnya Anda, akan lebih baik jika Anda tetap bekerjasama dan mengerahkan energy kerja yang positif dari rekan-rekan Anda.

7 ) Jangan Tunda Masalah

cara-memecahkan-masalah-7

Masalah personal maupun masalah terkait pekerjaan, jika Anda mengalami, maka segera selesaikan. Jangan tunda masalah. Jika Anda butuh mediasi, bertanya, konsultasi, waktu untuk belajar, hingga pertolongan dari bos atau rekan-rekan Anda, lakukan. Menunda penyelesaian masalah akan membebani kerja dan membuat Anda tidak produktif. Hal ini juga berpengaruh pada kualitas pekerjaan Anda.

Nah, 7 cara memecahkan masalah secara kreatif dalam pekerjaan diatas sebetulnya mudah untuk dilakukan bukan? Kuncinya adalah, agar pekerjaan Anda lancar, memiliki kemajuan yang pasti dan pesat, jangan ragu untuk selalu belajar. Kita tidak bisa tiba-tiba pandai, expert, piawai dan disukai banyak orang. Semua tentu butuh kerja keras dan proses yang tidak sebentar. Namun yakinlah selalu bahwa dengan kesungguhan Anda bisa mengatasi semua masalah.

Deskripsi: 7 cara memecahkan masalah secara kreatif dalam pekerjaan diantaranya; bertanya, dokumentasi, catatan pribadi, teamwork, professional, serta jadikan hal baru sebagai tantangan.

LEAVE A REPLY