fbpx
Peran penting software HRIS untuk UMKM dan Start-up

Peran penting software HRIS untuk UMKM dan Start-up

Software HRIS (human resource information systems) adalah sebuah program komputer yang dapat mengorganisir tata kelola dan juga tata laksana dari manajemen SDM di dalam perusahaan. HRIS bertujuan memberikan dukungan dalam pengelolaan data karyawan, mulai dari absensi, penggajian dan performa.

Sistem HRIS akan sangat membantu segala proses adminstrasi kepersonaliaan yang rumit dan menjadikannya ringkas, otomatis, dan minim manipulasi. Sangat cocok apabila software HRIS di implmentasikan kepada UMKM.

Menggunakan sistem HRIS membuat pengelolaan manajemen SDM seperti absensi, pengaturan cuti, lembur, dan sakit menjadi lebih rapih dan selain itu tidak membutuhkan banyak penanganan staff HRD untuk mengerjakannya.

HRIS systems mampu memangkas pengeluaran perusahaan, yang biasanya keluar untuk biaya-biaya operasional. Dan selain itu ada 3 manfaat lainnya untuk UMKM atau perusahaan start-up menggunakan software HRIS, berikut adalah ulasannya :

Manfaat Software HRIS Untuk UMKM dan Start-up

1 ) Mengurangi manipulasi dan human error

Regulasi HR selalu berkaitan dan berpatokan pada UU ketenagakerjaan, sehingga kesalahan yang terjadi karena ulah human error atau kesengajaan oknum yang akan berdampak pada masalah finansial dan hukum bagi perusahaan.

Kesalahan yang tidak sengaja atau disengaja yang daapat berdampak ke masalah hukum dan kerugian finansial dapat dihindari dengan menggunakan sistem HRIS. Peraturan yang dijalankan dengan sistem HRIS akan berjalan sesuai dengan regulasi, dan dapat diperbaharui sesuai dengan UU ketenagakerjaan, atau Peraturan Menteri terbaru.

2 ) HRD fokus untuk mengembangkan SDM

Tugas HRD (human resource development) adalah mengembangkan karir dan keterampilan SDM di perusahaan, dengan berbagai macam upaya seperti mengadakan pelatihan, seminar, atau pendidikan lanjutan guna meningkatkan kualitas kerja dan produktifitas untuk perusahaan.

Software HRIS akan mengambil tugas adminstrasi kepersonaliaan yang selama ini dikerjakan oleh staff HRD, yang membuat divisi ini menjadi sibuk dengan urusan adminstratif sehingga tidak sempat mengerjakan tugas utamanya yakni mengembangkan dan meningkatkan keterampilan karyawan.

3 ) Manajemen absensi dan penggajian

Penggunaan software HRIS untuk UMKM atau start-up juga berguna untuk manajemen absensi karyawan, yang biasanya menjadi masalah jika tidak ditangani dengan baik. Laporan kehadiran juga menjadi patokan perhitungan penggajian, oleh sebabnya laporan sebagai landasan penggajian harus tepat dan akurat.

Manajemen absensi dan penggajian terpusat juga penting untuk perusahaan yang memiliki cabang-cabang agar pengelolaannya lebih efisien, software HRIS online seperti PayrollBozz dapat mengakomodir kebutuhan perusahaan rintisan atau UMKM.

Mengelola absensi secara terpusat dengan mengintegrasikan mesin absensi dengan sistem HRIS, yang mampu memberikan laporan kehadiran secara live. Serta perhitungan penggajian yang menggunakan formula fleksibel, yang prosesnya dapat dilakukan secara otomatis.

Demikian adalah pentingnya software HRIS bagi UMKM dan perusahaan rintisan, yang manfaatnya bisa berdampak langsung ke sektor manajemen SDM, penggajian, dan adminstrasi kepersonaliaan.

One Comment

  1. Keren banget software untuk hrd yang dulu saya masih membuatnya menggunakan database dengan layar hitam putih dan hijau sekarang jaman berubah semua serba platform web dan menjadi mudah untuk dapat di promosikan pada orang lain yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *