fbpx
Macam-macam Fungsi dan Rumus Excel untuk Mempermudah Pekerjaan yang Wajib Anda Ketahui

Macam-macam Fungsi dan Rumus Excel untuk Mempermudah Pekerjaan yang Wajib Anda Ketahui

Di dunia pekerjaan sekarang ini, rasanya mustahil bila kita tak berhubungan dengan komputer dan software Microsoft Office, terutama program Microsoft Excel. Apalagi kalau sedang ada tuntutan membuat laporan bulanan dari atasan Anda, ini pasti jadi salah satu tools andalan untuk membantu mengolah data.

Nah, agar lebih mempermudah Anda dalam mengerjakan tugas-tugas di kantor, berikut akan kami berikan macam-macam fungsi dan rumus Excel untuk mempermudah pekerjaan yang wajib Anda ketahui. 

Penjelasan tentang Microsoft Excel

Baiklah, untuk mengawali penjelasan, mari kita lihat pelajari dulu apa itu Microsoft Excel. Jadi,  Microsoft Excel adalah spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, macOS, Android dan iOS yang memuat fitur perhitungan, alat grafik, tabel pivot, dan bahasa pemrograman makro yang disebut Visual Basic for Applications.

Microsoft Excel memiliki fitur dasar dari semua spreadsheet, dan menggunakan grid sel yang disusun dalam baris bernomor dan kolom nama-huruf yang bisa digunakan untuk mengolah data.

Selain itu, Microsoft Excel juga memungkinkan penggunanya untuk membuat data statistik, teknik, dan keuangan serta berbagai grafik yang mungkin Anda butuhkan saat membuat laporan pekerjaan.

Kegunaan Microsoft Excel dalam pekerjaan

Microsoft Excel sangat berguna dalam pekerjaan Anda, karena dapat membantu Anda untuk menghitung, mengatur, dan mengevaluasi data kuantitatif, serta memungkinkan pihak manajemen untuk mengolah informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan penting yang dapat memengaruhi perusahaan.

Baca juga : Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Repot via Online dan Offline

Dengan pengumpulan dan pengolahan data yang tepat, perusahaan dapat menentukan strategi apa yang berhasil dan tidak, sisi mana yang masih membutuhkan perbaikan, dan proses apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Bisa dibayangkan, seluruh data yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan seperti itu jumlahnya pasti sangat banyak, dan tidak mungkin diproses secara manual karena pasti akan sangat memakan waktu. Nah, di sinilah excel dapat membantu perusahaan, karena ia adalah tools yang sempurna untuk mengatur dan menafsirkan data!

Secara khusus, dengan menggunakan fitur Tabel Pivot, Anda dapat memecah ribuan baris data menjadi grafik yang mudah dipahami. Ini sangat berguna karena semakin cepat Anda memahami data, semakin cepat Anda dapat mengambil keputusan untuk memajukan perusahaan Anda.

Selain itu, karyawan yang memiliki kemampuan excel yang baik juga dapat dengan mudah mengolah data dan menyajikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan.

Dan excel juga sangat memudahkan penggunanya jika ingin membuat tampilan grafik. Memang, ada banyak program lain yang juga bisa membuat grafik yang terlihat bagus.

Tetapi, sesungguhnya kelebihan excel adalah kemudahan aksesnya karena hampir sudah ter-install di hampir semua komputer penggunanya, termasuk Anda.

Kelebihan lainnya adalah kemudahan penggunaannya. Siapa pun bisa membuat grafik dan bagan yang mudah dipahami dengan microsoft excel. Cukup masukkan data yang tepat ke dalam sel yang sesuai, lalu jalankan rumus excel yang diinginkan, dan biarkan Microsoft Excel membuat visual yang Anda pilih.

Tentu ini sangat membantu saat Anda tiba-tiba harus membuat laporan dan melakukan presentasi.

Jadi, secara garis besar, kegunaan microsott excel dalam pekerjaan antara lain adalah:

  • Mengolah dan mengevaluasi data
  • Membuat persamaan yang dapat memungkinkan Anda memberikan lebih banyak data tentang fungsi-fungsi vital perusahaan, seperti alur kerja, efisiensi proyek, proyeksi dan anggaran keuangan, dan bahkan tingkat inventaris serta penggunaan fasilitas kantor.
  • Membuat kumpulan data yang mudah dibaca yang dapat digunakan oleh pihak manajemen untuk menganalisis proyek atau situasi terkini di perusahaan.
  • Desain spreadsheet yang dapat mengolah data dan memberikan gambaran tentang informasi yang diinput.
  • Memudahkan karyawan dan pihak manajemen untuk membaca dan memahami spreadsheet dan data dari departemen lain, vendor, ataupun pelanggan.
  • Dapat memberikan jawaban dan solusi untuk masalah yang memengaruhi bisnis, dengan mampu menginterpretasikan data pada level yang lebih tinggi
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja
  • Memudahkan Anda daam mengorganisir data dan informasi
  • Memudahkan membuat timeline pekerjaan, sehingga tidak ada tugas yang terlewat

Baca juga : Let’s Talk About Tax: Cara Menghitung Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)

Apa itu rumus excel dalam microsoft excel?

Menguasai formula Excel dasar sangat penting bagi karyawan perusahaan dalam departemen dan level pekerjaan mana pun. Hal ini karena Microsoft Excel dianggap sebagai software standar perusahaan dalam analisis data.

Program spreadsheet Microsoft excel juga merupakan salah satu perangkat lunak yang paling disukai oleh para bankir investasi dan analisis keuangan dalam pemrosesan data, pemodelan keuangan, dan presentasi.

Di dalam microsoft excel, ada dua cara dasar untuk melakukan perhitungan, yaitu Formula (rumus)  dan Fungsi.

Formula (rumus)

Dalam Excel, rumus adalah persamaan matematika yang berada dalam rentang sel untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Contohnya =C1+C2+C3+C4 akan memberikan hasil jumlah kisaran nilai dari sel C1 ke sel C4.

Fungsi

Fungsi adalah formula yang telah ditentukan sebelumnya di Excel. Dengan fungsi, Anda tinggal memilih fungsi yang diinginkan dari daftar tanpa harus memasukkan secara manual. Contohnya =SUM(C1:C4) berarti fungsi ini akan menjumlahkan semua nilai dari C1 sampai dengan C4.

Macam-macam rumus excel dan fungsinya yang berguna dalam pekerjaan

Nah, sekarang kita akan membahas beberapa fungsi dan rumus excel pada aplikasi excel.

=SUM

Bisa dibilang, =SUM adalah fungsi yang paling sering digunakan dalam Microsoft Excel. Hal ini karena =SUM bisa digunakan dalam kebutuhan penghitungan apapun.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetikkan =SUM , lalu menambahkan seluruh baris angka atau sel tertentu yang ingin Anda jumlahkan.

Baca juga : Masih Bingung Bagaimana Cara Pembuatan SOP? Simak Langkah-langkahnya di Sini!

Contohnya: =SUM(H15:H82)

Ini berarti, Excel akan menjumlahkan nilai yang terdapat dari rentang sel H15 sampai H82)

=MAX dan =MIN

Kalau Anda memiliki spreadsheet yang berisikan banyak data angka-angka, maka fungsi ini pasti akan sangat berguna bagi Anda, karena =MAX akan membantu Anda menemukan angka terbesar dalam kumpulan data, dan =MIN akan membantu Anda menemukan data terkecil.

Contohnya: 

=MAX(F2:F100)
=MIN(F2:F100)

=IF

Dengan rumus Excel ini akan memberi tahu Anda jika kondisi tertentu terpenuhi. Misalnya, Anda mungkin perlu mengetahui nilai mana di kolom G yang lebih besar dari 10.

Nah, dengan menggunakan rumus =IF, Anda bisa membuat Excel dengan cepat mengisi secara otomatis “Yes” untuk setiap sel yang lebih besar dari 10, dan “No” untuk setiap nilai yang lebih kecil dari 10.

Contohnya:

=IF(G2>=10, ”Yes”, “No”)

=TRIM

Kalau kebetulan Anda melakukan copy & paste data ke spreadsheed, pasti ada kemungkinan data yang disisipkan tersebut akan jadi berantakan. Nah, fungsi dari =TRIM adalah untuk merapikan data yang di-paste tersebut agar sesuai dengan format excel.

=CONCATENATE

=CONCETENATE adalah formula yang berguna untuk menggabungkan dua nilai atau lebih yang berada dalam sel-sel yang berbeda menjadi berada dalam satu sel yang sama.

Rumus excel ini sangat membantu Anda menghemat waktu tanpa harus melakukannya secara manual.

Contohnya:

=CONCANTENATE(D2, C2)

Fungsi serta rumus excel yang kita bahas di atas memang hanyalah beberapa dari sekian banyak rumus dan fungsi yang terdapat di microsoft excel. Cobalah untuk sering mengeksplor program ini agar Anda makin mahir dalam menggunakannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *