Sistem Penggajian Karyawan yang Benar dan Optimal

Sistem Penggajian Karyawan yang Benar dan Optimal

Sistem Penggajian Karyawan yang Benar dan Optimal

16738
0
BERBAGI

Salah satu tugas HR pada sebuah perusahaan adalah mengurusi sistem penggajian karyawan. Menghitung berapa besarnya gaji yang diterima oleh setiap karyawan bukanlah pekerjaan yang mudah.

Beberapa faktor perlu disesuaikan agar seorang karyawan menerima gaji sesuai dengan peraturan. Selain jam kerja karyawan, pajak yang dikenakan pada gaji karyawan juga harus turut dihitung.

sistem-penggajian-karyawan

Kesalahan dalam perhitungan gaji dapat merugikan karyawan, perusahaan, bahkan pemerintah. Karena berkaitan dengan sistem pembayaran pajak, maka kesalahan perhitungan tersebut dapat mengakibatkan HR terkena hukuman penjara.

Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perhitungan gaji, penggunaan perangkat lunak dalam proses perhitungan sering digunakan. Salah satu software yang terpercaya dalam menghitung gaji secara benar dan optimal adalah PayrollBozz.

Fitur PayrollBozz dalam Sistem Penggajian Karyawan

PayrollBozz dilengkapi dengan berbagai fitur yang sengaja dipersiapkan untuk mempermudah penggunanya dalam memperhitungkan penggajian karyawan di perusahaan. Perangkat lunak ini menggunakan berbagai jenis modul yang lengkap.

Modul tersebut tidak hanya menangani kepegawaian, namun juga berbagai jenis pajak yang dikenakan pada setiap pegawai. Perhitungan untuk pinjaman serta pengobatan juga disertakan dalam modul tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap karyawan memiliki tanggungan pajak yang berbeda. Tidak hanya itu saja, hari kerja seorang karyawan berbeda dengan karyawan lain.

sistem-penggajian-karyawan-1

Keduanya tentu akan mempengaruhi jumlah gaji yang diterima karyawan tersebut. Oleh karena itu, menggunakan software ini untuk menghitung gaji karyawan akan sangat menghemat waktu.

Salah satu hal yang sering kali membuat HR kesulitan dalam menghitung gaji karyawan adalah mengenai pajak. Gaji pokok karyawan dikenai beberapa jenis pajak termasuk pajak penghasilan.

Setelah proses penghitungan gaji berdasarkan hari kerja selesai, maka hasil perhitungan tersebut dikurangi dengan pajak yang ditanggung karyawan tersebut.

PayrollBozz secara otomatis mampu menghitung gaji karyawan yang telah dipotong pajak secara otomatis. Besarnya pajak ini dapat disesuaikan dengan persentase yang telah ditentukan dalam peraturan pajak daerah.

sistem-penggajian-karyawan-3

Tidak hanya itu saja, hasil perhitungan ini dapat dicetak dan kemudian dikirimkan kepada karyawan terkait. Dokumen ini tidak hanya berfungsi sebagai bukti perhitungan, akan tetapi sebagai transparansi perhitungan gaji.

Sistem penggajian memang memerlukan transparansi perhitungan gaji agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Pembayaran gaji seorang karyawan secara otomatis biasanya dilakukan melalui bank. Dalam proses ini, bank tentunya memberikan persyaratan berupa data dengan format yang telah ditentukan.

Format data ini tergantung dari bank mana yang bekerja sama dengan perusahaan. Untuk memudahkan HR dalam memproses penggajian karyawan secara otomatis melalui bank, PayrollBozz telah menyediakan fitur formulir data tersebut.

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk merubah format formulir sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan oleh bank terkait.

Formulir ini dapat ditransfer ke Microsoft Excel untuk mempermudah mencetaknya.

Proses transfer gaji karyawan biasanya akan segera dimulai ketika bank sudah menerima formulir tersebut dan telah mengkonfirmasi kebenaran data di dalamnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem penggajian karyawan dihitung dengan mengurangi besaran gaji pokok dengan potongan pajak.

Selain pengurangan oleh pajak, gaji pokok juga mendapatkan tunjangan sesuai dengan hak setiap pegawai. Jenis dan besarnya tunjangan tergantung kebijakan karyawan.

Biasanya tunjangan yang disediakan oleh karyawan mencakup tunjangan kesehatan, transportasi, kegiatan bisnis, dan lain sebagainya.

PayrollBozz menyediakan fitur perhitungan gaji karyawan dengan penambahan tunjangan ini juga. HR hanya perlu mengisi jenis tunjangan, besarnya tunjangan, dan siapa saja yang berhak mendapatkan tunjangan tersebut.

sistem-penggajian-karyawan-4

Perangkat lunak ini akan menghitung gaji akhir yang akan diterima oleh karyawan dengan akurat secara otomatis.

Secara umum, seorang karyawan digaji berdasarkan jumlah hari karyawan tersebut pekerja. Gaji diperoleh dari perhitungan jumlah hari kerja secara keseluruhan, kemudian dikalikan dengan gaji per harinya.

Hasil yang didapat kemudian dikurangi pajak sekian persen dan ditambah tunjangan sekian persen. Rumus ini terlihat sangat sederhana.

Akan tetapi penerapannya menjadi rumit ketika sebuah sistem penggajian melibatkan berbagai variabel pajak, tunjangan, pangkat karyawan, jumlah karyawan, dan lain sebagainya.

Untungnya, PayrollBozz telah menyediakan rumus yang cukup fleksibel. HR hanya tinggal memasukkan formula perhitungan gaji, lalu software ini akan mengerjakan sisanya secara mendetail.

Pentingnya Menggunakan PayrollBozz dalam Sistem Perhitungan Gaji

online-payroll-indonesia

PayrollBozz adalah salah satu software penghitungan gaji karyawan yang sering digunakan oleh beberapa perusahaan yang membawahi banyak karyawan.

Menghitung gaji karyawan satu per satu tentunya akan memakan waktu lama. Tingkat akurasi perhitungan tersebut juga terkadang tidak akurat.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan perhitungan gaji, perangkat lunak untuk menghitung gaji karyawan seperti PayrollBozz merupakan jalan keluar yang efisien.

Aplikasi ini sengaja diciptakan untuk membantu berbagai jenis perusahaan, terutama departemen HR yang mengurusi perhitungan gaji karyawan. Kenapa HRD perlu menggunakan software ini untuk menghitung gaji karyawan?

Alasan yang terpeting adalah untuk menghindari kesalahan perhitungan gaji. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem penggajian karyawan melibatkan perhitungan pajak dan tunjangan.

Kekeliruan terhadap perhitungan pajak dapat membawa perusahaan yang bersangkutan ke ranah hukum. Sedangkan kesalahan dalam perhitungan tunjangan dapat mengakibatkan kerugian terhadap laba perusahaan.

Selain merugikan perusahaan, kesalahan perhitungan semacam ini akan merugikan karyawan sebagai penerima gaji. PayrollBozz meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan yang berpotensi merugikan karyawan dan perusahaan.

Itulah mengapa perangkat lunak ini direkomendasikan untuk menghitung gaji karyawan tanpa perlu khawatir merugikan pihak manapun. Hal ini terjadi karena software ini melakukan perhitungan secara otomatis dan akurat.

Selain ketepatan perhitungan yang dihasilkan oleh PayrollBozz, software ini juga mempermudah HR dalam merubah rumus yang telah disediakan.

Fleksibilitas formula dalam sistem penggajian karyawan jarang ditemukan di software sejenis lainnya. Kenapa hal ini menjadi penting? Pajak yang dikenakan kepada karyawan tentunya tidak sama.

cara-menghitung-gaji-karyawan

Oleh karena itu, memasukkan formula perhitungan pajak sesuai ketentuan akan mempermudah dalam proses perhitungan gaji. Untuk mempermudah memasukan rumus, PayrollBozz sengaja menyediakan beberapa metode perhitungan pajak.

Metode perhitungan yang sudah teruji dengan akurat ini dapat menghitung pajak setiap karyawan secara rinci. Hal yang sama berlaku dalam perhitungan tunjangan.

Pengguna hanya perlu memasukkan rumus besaran tunjangan dan karyawan yang berhak menerimanya.

Alasan terakhir yang menjadikan PayrollBozz begitu penting untuk perhitungan gaji karyawan adalah karena sistem perangkat lunak yang disediakan dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem lainnya.

Karena jumlah kehadiran karyawan dalam proses perhitungan merupakan dasar dalam menghitung gaji, maka software ini dapat dihubungkan dengan sistem absensi.

Selain itu, sistem ini juga dapat merubah hasil perhitungan akhir ke dalam Microsoft Excel. Pengguna dapat dengan mudah mencetak hasil perhitungan menjadi dokumen resmi perusahaan.

Selain kedua sistem tersebut, formulir perhitungan gaji juga dapat dirubah formatnya untuk menyesuaikan dengan persyaratan bank yang bekerja sama dengan perusahaan. Dengan demikian, sistem penggajian karyawan secara otomatis melalui transfer bank dapat dilakukan dengan cepat.

LEAVE A REPLY