Cara Mencairkan BPJS Di Bank BJB

Cara Mencairkan BPJS Di Bank BJB

204337
77
BERBAGI

Bagi masyarakat yang mengikuti program BPJS milik pemerintah kini dapat bersenang hati karena saat ini kita dapat mencairkan dana tersebut melalui bank BJB dengan cara mencairkan BPJS di bank BJB yang mudah dan simpel.

Bagi nasabah BJB yang telah mengikuti program BPJS baik yang sudah lama maupun terbaru pasti akan merasa lebih terbantu karena pencairan ini tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit melainkan hanya membutuhkan persyaratan berkas yang bisa dipenuhi.

Beberapa syarat pencairan jamsostek di bank BJB yang bisa kita lengkapi guna mencairkan dana adalah sebagai berikut.

Syarat-syarat Berkas untuk Pencairan Dana BPJS

cara mencairkan bpjs di bank bjb 3

Ada beberapa syarat yang berbentuk berkas yang harus kita lengkapi terlebih dahulu sebelum bisa melakukan pencarian melalui bank yang bersangkutan. Cara mencairkan BPJS di bank BJB sangatlah mudah bahkan tidaklah rumit.

Kita hanya membutuhkan berkas-berkas yang perlu dilengkapi. Beberapa berkas yang harus ada saat pencairan dana adalah KTP baik berupa kartu KTP yang asli serta hasil fotokopi.

Lalu kita juga harus membawa lembar fotokopi KK atau Kartu Keluarga terbaru. Tentunya dokumen tidak akan lengkap tanpa adanya kartu peserta Jamsostek.

Oleh karena itu siapkanlah kartu peserta Jamsostek yang dimiliki dan digabungkan bersama dengan berkas lainnya. Selanjutnya kita akan membutuhkan surat keterangan resign dari tempat kita bekerja dulu melalui cap atau stempel dari pihak HRD perusahaan tempat dimana kita bekerja sebelumnya.

Lalu berkas yang terakhir adalah surat keterangan resign dengan cap atau stempel dari Departemen Ketenaga Kerjaan. Setelah semua berkas lengkap maka kita bisa datang ke bank BJB yang dekat dengan rumah.

Lakukan antrian selayaknya kita melakukan tabungan di bank. Cara mencairkan BPJS di bank BJB dilanjutkan dengan mengambil nomor antri pada sesi customer service.

Setelah itu, hal yang musti kita lakukan selanjutnya adalah menginformasikan kepada pihak staf bank bahwa kita hendak mengurus berkas untuk pencairan dana BPJS. Kelengkapan berkas yang dibawa akan dicek secara langsung oleh pihak staf bank saat itu juga. Lalu kita akan diminta untuk membuka rekening di bank BJB.

Apabila sebelumnya kita telah memiliki rekening di bank tersebut sebelumnya maka kita bisa memilih untuk melakukan pencairan dana di buku rekening yang telah kita miliki sebelumnya atau kita bisa membuka buku rekening baru khusus untuk pencairan dana tersebut.

Selanjutnya, Cara mencairkan BPJS di bank BJB akan dilanjutkan dengan pengisian data dan pendaftaran serta pencatatan data yang dilakukan oleh pihak staf.

Kita perlu menunggu beberapa saat. Setelah proses pendataan selesai maka pencairan dapat segera dilakukan ke nomor rekening yang telah kita buat tadi.Pencarian tidak dapat dilakukan pada hari itu juga karena dibutuhkan waktu beberapa hari hingga proses pencairan serta pendataan dari pihak pusat selesai.

Lantas kira-kira akan memakan banyak waktu kapan saat pencairan BPJS di bank BJB berapa hari? Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk pencarian dan proses selesai adalah kira-kira 1 minggu atau 7 harian.

Waktu 1 minggu ini bukanlah waktu pasti karena proses pencarian dapat berlangsung lebih cepat atau lebih lambat. Meski demikian, cara mencairkan BPJS di bank BJB ini tidaklah rumit.

Klaim Dana BPJS di Bank BJB

cara mencairkan bpjs di bank bjb 2

Kita tetap bisa melakukan klaim Jamsostek di bank BJB apabila dalam kurun waktu tertentu dari yang telah dilakukan pencarian tidak terjadi. Klaim juga bisa dilakukan apabila terjadi kesalahan dengan dana yang dicairkan ke rekening kita. Kita bisa langsung menghubungi pihak bank melalui customer service pada saat itu juga. Biasanya proses klaim dana BPJS tidak akan bisa langsung tuntas dalam waktu satu hari.

Oleh karena itu, kita harus bersabar dan terus melakukan pantauan. Kita tidak perlu khawatir bahwa klaim kita tidak tidak akan ditanggapi atau diurus karena pihak bank akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan para nasabah.

Sehingga apabila terjadi kesalahan dalam cara mencairkan BPJS di bank BJB pun kita masih bisa melakukan klaim secara teratur di bank.

Deskripsi: Cara mencairkan BPJS di bank BJB tidaklah sulit. Hanya dibutuhkan beberapa berkas penting serta pembukaan rekening di bank BJB yang dapat segera diurus dengan mudah.

77 KOMENTAR

  1. Kalo kartu bpjs ketenagakerjaan kita hilang. Pake surat kehilangan dari kepolisian sama dari perusahaan apakah bisa di klaim

  2. Apakah sudah pasti cair apabila data2 sudah lengakap dan sudah buat rekening bank bjb? Gmn jika ada kesalahan dan penolakan dari pihak bpjs?

  3. Kenapa saya mengajukan pencairan melalui bank bjb cabang bandung atas nama asep dodi masih belum juga cair,padahal sudah hampir dua bulan saya memproses nya,mohon tanggapan nya

  4. Terus sesudah waktu yg ditentukan cara ngecek udah cair atau belumnya bagaimana? Via atm ato langsng k bjb
    Soalnya saya udah buka rekening tp gada kartu atmnya
    Bagaimana ya?

    • Bantu jawab
      Bukan harus menunggu 3 minggu bapa, tetapi batas maksimal pencairannya 3 minggu
      Bisa cair dalam waktu 3-5hari atau lebih itu semua bukan dr pihak bjb akan tetapi data dan dokumen kelengkapan yg bp miliki juga dr perusahaannya
      Terimakasih 🙂

  5. sama saya juga belum turun nie buka di rekening bank bjb knp yahh proses di bank bjb pencairany lama tolong dong di bantu untuk pihak bankny

    • Biasanya pa itu ada masalah dr dokumen atau perusahaanya, kalau tdk cair terus bapa coba hubungi bpjstknya biasanya pihak bjb mencantumkan no bpjstk yg bekerja sama
      Coba confirmasi ulang biasanya nanti kita diarahkan kesalahannya apa
      Kalo doknya bagus dlm waktu 3hr juga biasanya udh cair

  6. Saya udah beberapa kali mau mencairkan di bank bjb garut alasannya kehabisan nomor antrian dibatasi 30 orang per hari, besoknya datang lagi jam 7 pagi tetep gak bisa katanya udah abis jam 5 bagi udah banyak yg antri, trus datang lagi jam 5 pagi katanya udah abis lagi antriannya jam 3 pagi kata satpamnya jam 1 malam harus datangnya, besoknya lagi jam 1 malam katanya harus di data dulu nanti tunggu giliran, waduh kayaknya bank bjb gimana ini pelayanannya kayak enggak ada niat….kecewa dengan bank bjb garut… sampai sekarang saya belum bisa mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya

  7. Menanggapi komentar diatas sedikit informasi
    Untuk bjb di daerah jakarta semuanya sudah bisa melayani klaim dan pembayarab bpjstk
    Tidak ada potongan apapun
    Menanggapi tentang pencairan di bjb itu sama saja seperti bpjstk, yg membuat dananya lama cair bukan pihak bank ataupun pihak bpjstknya tetapi itu semua tergantung dengan kelengkapan dan kesesuaian dokumen yg kita miliki serta perusahaan
    Terimakasih semoga infonya bermanfaat

    • Saya mau nanya saya klaim d bank bjb. Udah 7 hari saya cek saldo sudah 0.kmrin pdahal msih ada. Saya cek di atm g ad trAnsferan.. Harus nany kmn y

    • Hallo kak.. Nanya nih.. Saya sudah daftar eklaim untuk pengajuan.. Sudah dikonfirmasi data lengkap dan pencairanya bisa ke bank bjb. Dr artikel di atas, harus ada paklarin dr disnaker dan ada stempel dr disnaker.. Sedangkan saya hanya mempunyai paklarin dr perusahaan, dan sudah di Acc oleh eklaim bahwa data lengkap.. Apa perlu pklarin dr disnaker, jika eklaim sudah menyatakan data lengkap..? Thanks…

    • Bank bjb mampang raya tdk melayani dgn baik utk pengajuan bpjs krn sdh 2x datang alasannya hanya cm bilang lg bnyk pekerjaan & tdk bs proses! Tdk niat kerja sptnya karyawannya!!!
      Sy coba di bjb jln pasar minggu raya datang lsng diproses & dilayani dgn baik sampai trima buku tabungan, tinggal nggu proses pencairan bila sdh ada konfirmasi dr bpjs.

  8. harus ada surat pengajuan dari kantor BPJS nya atau ga? untuk daerah Bogor bank BJB yg bisa klaim BPJS tanpa formulir pengajuan dari kantor BPJS di cabang mana saja?

  9. Kalau bpjs nya belom cair selama 2 minggu ,kira kira apa masalahnya yah ,,
    Padahal dokumen udah lengkap dan bikin rek bjb juga udh
    Kira kira kalau lapor nya ke bank bjb apa kantor bpjs nya

  10. Bapak ibu saya .Eman Riyanto mau tanya klw saldo di aplikasi BPJS sudah angka 0 itu berapa hari.pencairan uang nya..saya cek ke ATM BJB ko saldo nya belum masuk ..ya thanxs

  11. mau tanya dong, saya pencairan di bjb dapet buku tabungan tapi ga dapet kartu ATMnya itu gimana ya ?
    harusnya dapet kartu ATMnya ga sih ?
    terima kasih.

    • di disnaker itu maksudny paklaringnya ditandatangani n dicap aja ka. pemberitahuan bahwa kaka memang sudah risen

  12. Kalau pencairan lewat Bank BJB harus siap-siap sabar apalagi buka Rekeningnya saat pengajuan Klaim BPJS TK, ATM tidak boleh bikin sebelum BPJS cair (ngecek saldo siap” bolak balik ke BJB), Pengalaman saya….

  13. Udh pengajuan ke bjb ttp aja gk kunjung cair saya udh hampir 1 bulan tpi blm cair cair kta staf bank bjb ditunggu selama 14 hari kerja tpi ttp blm cair cair udh nanya ke kantor bpjs alasn dri bpjs karena penuhlah nunggu dulu 10 hari lah…rudet bgt tuh bpjs padahl itu uang sya juga bukan uang bpjs atau customer service nya jdi tolong dong buat kepala cabang bpjs kab.bandung barat …lebih dipercepat kerjanya 2 minggu saya msih bisa ngemaklum tpi ini kan 1 bulan kalo orng kelaparn itu bisa mati…

  14. sya sudah kbank bjb hari jumat dan buks rek baru dbank bjb. tpi sya dsruh kkntor bpjs untuk mndaftar. apkah smua prsyaratan dbwa kbank bjb atau kkntor bpjs ny

  15. Saya mengajukan klaim BPJS ketenagakerjaan lewat BJB cabang pH. Mustofa Bandung, sampai saat ini sudah hari ke 15 hari kerja ( saya klaim tgl 27/11/2017 ) namun belum cair juga. Setelah beberapa kali saya menanyakan kepada petugas di BJB nya, petugas tersebut hanya menjawab dengan jawaban yang sama yaitu ” proses klaim bapak sudah siap dicairkan, namun masih ada kendala di sistem nya atau IT nya dan tidak tahu kapan selesainya dan tidak bisa menjelaskan sampai kapan “. Sy melakukan klaim bersamaan dengan 6 orang teman saya lainnya namun ke 6 rekan saya tersebut sudah cair sekitar 5-7 hari kerja padahal dari perusahaan yg sama. Malahan ketika sy menanyakan ke kantor BPJS ketenagakerjaan, premi sy sudah di transfer ke BJB pada tgl 30/11/2017 dan ada bukti transaksi nya. Pertanyaan nya, kemana uang sy tersebut?

    • Sama kang sampe sekarang saya juga belum cair nih, saya coba tlp bpjs, katanya udah di tranfer ke pihak bank bjb nya, emang butuh berapa lama lagi? Bjb klo belum siap melayani nasabah mending jangan deh saran aja, saya lagi perlu bagt bwr lahiran istri, ngambil hak kita ko susah bgt

    • Mungkin ga sih ama bjb sengaja di depositin dlu uang yg ngeklaim bpjs. Lumayan dlm sebulan dipending kalo uangnya 100jta untung bank bjb udh banyak

  16. ada yang tau kah? jika saldo bpjs diaplikasi sudah 0 tapi direkening belum masuk? sudah 3minggu gak cair cair padahal data lengkap perusahaan juga gak bermasalah. karna temen saya cair dalam seminggu.

  17. Saya proses pencairan jht di bank bjb pada tanggal 9/01/2018.
    Dan ditanggal 14/01/2018 cek saldo di app bpjstk tercantum 0 rupiah.

    Tapi smpai skrg saldo belum masuk ke rekening tabungan bjb saya.

    Harapan saya Semoga prosesnya pencairannya tidak terlalu lama,

    Dan proses pencairan jht via bank bjb bs makin baik pelayanannya.

  18. Mau tanya dong..
    Disini ada calo ga ya,buat bantu cairin bpjs saya dri karawang..
    Soalnya saya udh 5x lebih bulak balik ngurusin kaya gini ditolak mulu dgn alasan ini kurang lah perlu dirubah dululah,hrs daftar online dlu lah..
    Saya udh lakuin semuanya smpe skrng blm ada undangan juga udh sbln..

    • Saya pencairan di bjb cikarang udah hampir sebulan blm turun, terus ditanyain k bjb nya katany emang dari bpjs nya lagi offline jd suruh nunggu online lg, apakah itu benar bpjsnya yg lg error?

  19. sy claim BPJS kanapa blom kluar juga yaaa, sy claim tgl 5 Feb 2018, sampai hari ini blom kluar juga dananya. tolong info”nya

  20. Mau tanya, kalo perlengkapannya sudah ada semua kecuali ktp masih resi. Bisa apa engga ya? Tlg bantu jawab ya yg tau.makasihh😊

  21. Terhitung dri tgl 15 feb 2018 saya sudah memproses pencairan dana bpjs melalui bank bjb,tpi sampai saat ini blm juga ada transferan,sedangkan estimasi yg diberikan bank bjb 14 hari kerja.Sampai kapan saya bisa dapat transferannya.?

  22. Kira2 proses transfer dari BPJS ke REK BJB brp lama ya, sy sdh 2 hari cek di aplikasi BPJSTKU, saldo sdh 0, tapi sampai saat ini di ATM BJB sy cek blm masuk jg, terimakasih yg sdh bersedia menjawab

  23. maaf mau tanya. kalo yang nyairin lewat bank bjb. abis di acc terus di photo. pada dapet surat pemberitahuan gak?

  24. kalo untuk pencairan nya sendiri apakah harus nunggu di tlp apa harus kita yang kesana.
    masalahnya kemarin bilang paling cepat 2 minggu tp hari ini pas cek saldo sudah 0 dari bpjs nya.

  25. Niat saya besok mau ke bjb buat nyairin bpjs, tp kalo byk kasus uang g msuk gini, mending ke bank lain aja…soalnya udah 2x eklaim dr tgl 23/04 blm di proses jg sma bpjs… Makasih infonya…

  26. Bank bjb karawang teluk jambe pelayanannya payah… sdh bolak balik 7 kali msh blom di proses jg.. Padahal data lengkap .. Coba bayangkan dlm email tertera untuk pencairan hrs melalui bank bjb, saat itu tgl 27 juni 2018 eh ternyata di tetapkan sbg hari libur krn pilgub.. 28/6/2018 no antrian hbs..dan sdh beberapa kali dan saat dtng tgl 1 juli 2018 alasannya nanti aja pa tgl 6 juli krn tgl 1s/d 5 juli bank bjb sibuk ngurusi gajian pns.. Dan hari ini tgl 6/7/2018 di tolak lg, katanya pak hari jumat ini untuk bpjs antriannya
    cuma 5 Nanti aja bapak kembali lg kesini hari senin
    Hadeeuh sangat panjang bgt perjuangannya… 😄

LEAVE A REPLY