Jurusan-jurusan sepi peminat dengan prospek kerja yang bagus

Jurusan-jurusan sepi peminat dengan prospek kerja yang bagus

Banyak jurusan pendidikan yang sering dipandang sebelah mata dan tidak memiliki prospek kerja yang baik di pasar kerja. Padahal justru jurusan-jurusan ini memiliki peluang kerja yang lebih besar, karena sepi peminat. Walau tidak semasif profesi lain namun 5 jurusan anti mainstream ini memiliki peluang kerja yang besar, karena setiap waktu selalu dibutuhkan. 

5 Jurusan Anti-mainstream dengan prospek kerja yang bagus

Jurusan Kearsipan 

Sering dipandang sebelah mata, sekilas kearsipan bukanlah jurusan atau profesi yang krusial. Namun walau demikian saat pembukaan CPNS lowongan untuk kearsipan selalu dibuka dan peminatnya pun terbilang rendah sehingga peluang menjadi besar.

Bagi kantor-kantor pemerintahan atau instansi tertentu melakukan perekaman data atau arsip adalah hal yang harus dilakukan, karena itu semua menyangkut data-data atau aktifitas penting yang pernah dilakukan. Sehingga jika suatu hari nanti rekaman atau arsip itu bisa ditemukan dan dibuka kembali. 

Tugas Arsiparis (nama profesi kearsipan) adalah mengumpulkan, menyimpan, mengolah dan merawat data-data rekaman, sehingga bisa dibuka dan digunakan kembali. 

Baca juga : Mengenal Istilah Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Jurusan Astronomi

Astronomi yang merupakan ilmu eksak tertua di dunia, jurusan ini terdengar complicated karena mempelajari dan memahami benda-benda yang ada di langit dan angkasa. Dari jurusan ini kamu punya prospek kerja yang bagus di lembaga-lembaga penelitian seperti LAPAN, BMKG, LIPI dan lainnya.

Tugas utama dari seorang astronom adalah menafsirkan dan mengolah data informasi yang dibawa oleh pancaran energi yang berasal dari objek-objek langit. Tidak hanya menafsirkan astronom profesional juga melakukan penelitian dan pengembangan teori tentang astronomi. 

Jurusan Pengelasan

Layaknya ilmu kearsipan jurusan pengelasan sering dipandang sebelah mata, karena tak banyak yang tahu bahwa mengelas juga membutuhkan teori dan pengetahuan, tentang bahan dan cara pengelasan. Profesi sebagai pengelas minim peminat namun dibutuhkan di industri engineering.

Baca juga : 7 Peluang Usaha Kecil Paling Menjanjikan di Tahun 2021

Kebutuhan perusahaan akan profesi pengelas di industri permesinan atau manufaktur sebenarnya krusial, dan mendapatkan tawaran gaji yang lumayan besar. Tanpa pengelas yang handal dan terampil bahan atau material tidak akan tersambung dengan baik dan memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. 

Jurusan Seni Peran

Banyak yang mengira bahwa ilmu akting adalah bakat dan dapat dilatih secara otodidak, padahal ilmu seni peran juga memiliki pendidikan formalnya di tingkat perguruan tinggi. Peluang untuk berkarir sebagai aktor/aktris sangat terbuka luas di dunia hiburan.

Besarnya industri hiburan dengan berbagai macam cabangnya seperti televisi, perfilman, dan teater memberikan prospek yang bagus untuk para pekerja seni peran. 

Walau banyak juga pelaku seni peran yang kurang beruntung di industri hiburan, namun industri ini juga menjanjikan kesuksesan dan penghasilan yang tidak main-main. Banyak dari orang-orang terkaya di dunia merupakan pekerja seni. 

Jurusan Fisioterapi

Fisioterapi adalah bidang keilmuan kesehatan yang menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu. Prospek kerja sebagai fisioterapi juga terbuka lebar, kamu bisa buka praktek atau melamar di suatu perusahaan sebagai ahli fisioterapi untuk karyawan. 

Baca juga : Pentingnya Membangun Personal Branding yang Baik Untuk Karir

Di banyak perusahaan besar khususnya industri manufaktur yang mana para pekerjanya melakukan pekerjaan keras secara fisik ini membutuhkan seorang fisioterapis untuk menangani cedera. 

Selain bekerja di perusahaan, ahli fisioterapis juga sering mendapatkan panggilan dalam event olahraga, yang penghasilannya juga besar. 

Demikian adalah 5 jurusan anti-mainstream dengan peluang atau prospek kerja yang bagus, walau tidak semasif profesi lain namun dengan kecilnya jumlah persaingan di profesi tersebut dapat memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *