fbpx
7 teknologi bisnis yang akan menggerus beberapa profesi

7 teknologi bisnis yang akan menggerus beberapa profesi

Teknologi bisnis – Membicarakan tentang teknologi memang tidak akan ada habisnya, perkembangan teknologi di suatu bidang biasanya akan memicu perkembangan di bidang lainnya, hal inilah yang membuat manusia tidak penah berhenti untuk berinovasi.

Inovasi dan kemajuan terjadi di segala lini, termasuk dalam dunia bisnis. Teknologi yang dapat menunjang bisnis perusahaan juga semakin variatif, baik itu dalam kecerdasan buatan atau artficial intelligence yang mampu mengerjakan pekerjaan manusia seperti memasukan data secara otomatis, menghitung angka, bahkan menjadi layanan interaktif bagi pelanggan.

Selain kecerdasan buatan ada 7 teknologi bisnis baru lagi di tahun 2020, yang diperkirakan akan berpotensi menggerus beberapa profesi yang biasanya dilakukan oleh manusia, tidak hanya itu teknologi bisnis ini juga akan merubah regulasi-regulasi yang sudah ada sebelumnya. Dan berikut adalah 7 teknologi bisnis terbaru tahun 2020.

7 teknologi bisnis baru lagi di tahun 2020

1 ) Teknologi 5G

Teknologi jaringan 5G untuk pertama kalinya dikenalkan ke dunia pada tahun 2019 lalu, dan saat ini terus mengalami perluasan jaringan agar lebih banyak lagi daerah tercover jaringan ini. Walau harganya saat ini masih sangat mahal, dan baru bisa di aplikasikan di beberapa tempat saja, namun dengan adanya 5G ini akan memudahkan pengguna untuk streaming film, musik, video berkualitas tinggi.

5G dapat memicu perkembangan teknologi di bidang lain, karena adanya peningkatan bandwidth ini memungkinkan mesin dapat dikendalikan dari jarak jauh melaluin internet, serta mengirim data dalam ukuran yang besar dalam waktu yang singkat. 5G adalah sebuah kemajuan yang mengrah ke Internet of Things (IoT) dan mesin pintar.

2 ) Auto drive/pilot atau teknologi mengemudi otonom

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa 5G akan memicu inovasi teknologi di bidang lainnya, salah satunya adalah auto drive atau pilot atau juga kendaraan otonom yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, dan dapat berjalan otomatis sesuai dengan arahan kita.

Elon musk selaku kepala teknologi di Tesla dia berharap tahun ini tesla dapat merilisi sebuah kendaraan otonom yang dapat mengemudi tanpa supir atau operator, semua di kendalikan oleh AI dan juga dengan bantuan jaringan 5G yang lebih kuat dan stabil.

Dari sini kita sudah kebayang ya profesi apa saja yang akan tergerus oleh teknologi ini, yap betul salah satunya adalah jasa supir, tidak hanya itu inovasi teknologi bisnis ini juga akan merubah regulasi yang sudah ada, atau paling tidak diperbaharui.

3 ) Perawatan personal medicine

Dengan kemampuan penyimpanan database yang besar dalam suatu perangkat misalnya seperti smartwatch yang juga dapat mengidentifikasi gestur tubuh akan mempermudah teknologi dalam mengenali kesehatan, dan juga gejala penyakit dalam tubuh.

Jika kedepannya teknologi perawatan personal medicine ini mendekati 100% keakuratan analisis penyakit, maka ke depannya kita dapat memeriksakan kesehatan yang bahkan tidak perlu ke rumah sakit untuk bertemu dokter, cukup dengan aplikasi dan perangkat yang ada kita bisa mengecek kesehatan sendiri.

Selain itu regulasi juga bisa berubah, misalnya yang tadi kita perlu membawa surat rekomendasi dari dokter untuk menebus obat dari dokter, kedepannya tidak perlu lagi karena sudah digantikan dengan laporan kesehatan dari perangkat tersebut.

4 ) Virtual assistant

Kita tentunya mengenal dengan isitlah virtual assistant yang di otaki oleh AI atau kecerdasan buatan, apa saja yang bisa dilakukannya? Mulai dari yang simpel yaitu membantu kita dalam menemukan data atau file yang berada di gadget, melalui suara.

Baca juga :Profesi-profesi yang cocok untuk seorang introvert dan “si pendiam”

Tidak hanya itu dengan komunikasi suara kita bisa meminta virtual assistant seperti SIRI dan Google assistant untuk meniyiapkan jadwal meeting, mengatur alarm, mencari website, menulis dan juga membaca apapun kemudian navigasi lokasi, bahkan memandu kita saat di tempat wisata layaknya tour guide dan masih banyak lainnya. Wah keren yaa sudah seperti asistant orang beneran aja…

5 ) Extended reality (XR)

XR atau extended reality adalah sebuah sebutan umum untuk kategori teknologi yang dapat menciptakan pengalaman seperti nyata (real), seperti virtual reality yang menggunakan kacamata untuk bisa melihat pengalaman yang seperti nyata.

Pada awalnya teknologi ini hanya bisa menyediakan view seperti asli, namun seiring dengan kemajuan teknologi dan inovasi yang dilakukan, kini kita bisa menikmati teknologi XR untuk bermain game bahkan direkayasa seakan-akan kita bisa merasakan tekstur, bau, dan rasa.

Dan mulai tahun 2020 ini, diprediksikan lagi semakin menjadi, karena strategi bisnis baru telah menawarkan teknologi baru berupa Extended Reality (XR), sebuah teknologi virtual dan augmented reality akan memudahkan penggunanya melakukan pelatihan dan simulasi, serta mempermudah pebisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan.

6 ) Blockchain technology

Jika teknologi blockchain ini benar-benar terealisasi dan sesuai yang diharapkan fungsinya, maka para pengusaha di bidang fin-tech dan retail harus bersiap membuat strategi baru untuk menghadapi teknologi mutahir ini.

Adanya fin-tech saja sudah menggerus profesi sales kredit atau sales pinjam uang, sekarang apalagi itu blockchain?. Blockchain adalah tren teknologi buku besar digital yang digunakan untuk mencatat transaksi tetapi dijamin karena sifatnya yang terenkripsi dan terdesentralisasi.

Walau banyak yang mengkritik teknologi ini, tidak akan bisa seaman yang dikatakan dan berjalan sesuai dengan tujuannya, namun IBM, MasterCard, FedEx bahkan walmart tidak main-main mendukung penelitian untuk teknologi mutahir ini.

7 ) Live video dan chat

Kalau yang satu ini kita pasti udah tahu dan pastinya sudah pakai juga. Namun mungkin tidak banyak yang menyadari dengan memudahkan semua orang dalam menyiarkan dirinya sendiri, ini dapat merubah strategi periklanan dan pemasaran, yang tadinya hanya terpaku pada media mainstream seperti iklan tv, koran, majalah dan radio.

Dengan adanya live video dan chat memudahkan kamu untuk mengiklankan produk dagangan, tidak hanya itu target yang kamu sasar juga bisa lebih tepat. Tidak hanya itu dengan ini kamu bisa berinteraksi dengan konumen secara langsung dari jarak jauh.

Demikian adalah teknologi bisnis yang berpotensi menggerus beberapa profesi, namun dilain sisi ini memudahkan semua orang untuk melakukan apapun dalam waktu yang bersamaan secara cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *