7 Peluang Usaha Kecil Paling Menjanjikan di Tahun 2021

7 Peluang Usaha Kecil Paling Menjanjikan di Tahun 2021

Tahun 2020 lalu, kita dihadapkan pada situasi sulit dengan adanya pandemi virus corona. Di mana karena pandemi tersebut, tak sedikit orang yang harus kehilangan pekerjaannya bahkan harus menggulung tikar bisnisnya.

Namun meski dihadapkan pada situasi sulit tersebut, tak sedikit orang yang masih bisa menemukan peluang di tengah pandemi virus corona. Beberapa di antaranya bahkan sukses mendirikan sebuah bisnis atau usaha kecil yang menghasilkan omset jutaan.

Nah, di tahun 2021 ini, meski penularan virus corona masih ada. Namun aktivitas keseharian masyarakat mulai berjalan seperti biasa. Hanya saja kini mereka diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku di mana saja.

Kondisi ekonomi yang semula mengalami penurunan pun perlahan mulai bangkit. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peluang usaha kecil yang bermunculan di tengah kondisi new normal.

Pada artikel kali ini, PayrollBozz akan memberikan Anda informasi mengenai ragam peluang usaha kecil yang bisa Anda manfaatkan. Terutama bagi Anda yang sempat kehilangan pekerjaan karena efisiensi yang terjadi di perusahaan. Penasaran apa saja peluangnya, kan? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

7 Peluang Usaha Kecil Paling Menjanjikan di Tahun 2021

1. Membuka kursus online

Kursus Online

Jika Anda memiliki keahlian pada bidang tertentu, membuka kursus online dapat dijadikan salah satu peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2021 ini. 

Seperti yang kita tahu, aktivitas sekolah atau pembelajaran banyak yang dilakukan secara daring belakangan. Hal tersebut memungkinkan peluang usaha kursus online ini sangat layak untuk dimanfaatkan.

Anda hanya perlu menyiapkan berbagai macam materi berbobot yang sudah Anda kuasai sebelumnya dan mencari target konsumen yang sesuai. Kursus yang Anda berikan dapat berupa hal-hal yang berkaitan dengan mata pelajaran ataupun keahlian tertentu seperti digital marketing, design dan lain sebagainya.

2. Jasa pembuatan website

Web developer

Apakah Anda seorang yang memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman? Jika ya, maka peluang bisnis kecil membuat website ini dapat dijadikan pilihan.

Saat ini banyak perusahaan yang memilih untuk go online. Mereka memasarkan produknya melalui media daring yang tersedia. Selain bisa digunakan secara gratis, budget untuk melakukan promosi atau memasang iklan di platform sosial media maupun membuat website cenderung lebih terjangkau daripada iklan konvensional.

Selain itu, menggunakan website juga berarti seseorang dapat mengenalkan brandnya jauh lebih luas. Karena website bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Tentunya hal ini membutuhkan optimasi mendalam seperti dengan menyajikan konten yang berkualitas, menggunakan tema yang profesional serta SEO-friendly dan masih banyak lagi lainnya.

3. Menjadi dropshipper

Menjadi dropshipper

Berikutnya, Anda juga bisa memanfaatkan peluang dengan menjadi seorang dropshipper. Jenis bisnis yang satu ini bahkan dapat dimulai tanpa harus mengeluarkan modal sepeser pun.

Anda hanya perlu mempromosikan produk dari supplier dengan harga yang sudah dinaikkan. Misalnya dari supplier Anda mendapat harga produk Rp 30 ribu. Maka Anda bisa menjualnya di harga Rp 50 ribu dan selisih dari harga tersebut nantinya merupakan keuntungan yang bisa Anda kantongi.

Bisnis dropship ini banyak dijadikan pilihan oleh milenial, terutama mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan di samping kesibukan kuliahnya. Selain karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal, Anda juga tidak harus repot-repot melakukan packing atau mengirimkan barang tersebut ke pembeli. Karena semua hal tersebut akan dilakukan oleh pihak supplier.

Tugas Anda hanya mempromosikan produknya dan meminta data diri dari customer sepert nama, nomor telepon dan alamat rumah. Selanjutnya data tersebut hanya perlu diberikan ke pihak supplier untuk diproses lebih lanjut.

4. Jasa penerjamahan

Translator

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing, peluang yang satu ini juga cocok untuk dijadikan opsi. Saat ini jasa penerjemah banyak dibutuhkan oleh individu maupun perusahaan besar. Sehingga sangat menjanjikan untuk dieksekusi.

Anda hanya perlu mencari klien yang membutuhkan jasa tersebut. Mulailah dengan memasarkan jasa yang ditawarkan melalui sosial media yang Anda miliki ataupun dengan memasang profil jasa Anda di situs freelancer seperti Fiverr, Upworker dan masih banyak lagi lainnya.

5. Content writing

Content writing

Apakah Anda memiliki hobi menulis dan senang belajar hal baru? Jika ya, peluang usaha kecil sebagai content writer ini mungkin cocok untuk Anda.

Sama seperti halnya menjadi seorang penerjemah, Anda hanya perlu mencari klien yang membutuhkan jasa Anda tersebut. Saat ini banyak perusahaan besar yang membutuhkan jasa content writing untuk blog mereka. Sehingga peluang meraup keuntungan dari bidang ini terbuka sangat lebar.

Anda hanya perlu memiliki keterampilan yang mumpuni dalam bidang penulisan, mau membaca dan belajar hal-hal baru serta dapat melakukan riset dengan baik. Selain itu, keterampilan tambahan yang mungkin dibutuhkan adalah Anda harus menguasai standar artikel yang ramah dengan SEO.

6. Jasa pengelolaan sosial media

Jasa pengelolaan sosial media

Peluang usaha kecil yang menjanjikan di tahun 2021 berikutnya adalah dengan menjadi seorang admin sosial media. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menawarkan jasa untuk mengelola sosial media suatu brand. Mulai dari membuat konten, caption hingga menjawab setiap komentar atau pesan yang masuk ke akun tersebut.

Peluang ini dianggap cukup menjanjikan lantaran saat ini banyak perusahaan yang menjalankan promosi mereka lewat platform media sosial, khususnya Instagram yang memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia.

Selain menjanjikan, bayaran untuk satu project pengelolaan sosial media juga terbilang cukup besar, lho. Anda bisa menjalankan pengelolaannya secara mandiri maupun bekerja sama dengan orang lain. Misalnya Anda tidak terlalu jago dalam hal desain konten, maka Anda bisa mengajak teman yang berprofesi sebagai seorang desainer.

7. Membuka bisnis pet shop

Petshop

Pandemi virus corona yang berlangsung cukup lama membuat banyak orang mulai bosan untuk berdiam diri di rumah. Sebagai gantinya mereka mengadopsi seekor binatang peliharaan untuk menemani kesehariannya selama bekerja dari rumah (work from home).

Tak heran jika saat ini, harga binatang peliharaan banyak mengalami peningkatan. Khususnya anjing yang mengalami peningkatan harga hingga 2x lipat dari harga sebelum pandemi.

Nah, komitmen mereka dalam mengadopsi seekor peliharaan tentu harus diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan yang mencukupi, bukan? Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka bisnis pet shop yang menyajikan kebutuhan peliharaan secara lengkap.

Namun demikian, bisnis ini membutuhkan modal besar untuk memulainya. Anda juga harus mencari tempat yang strategis untuk membuka toko fisik.

Penutup

Nah, itulah tadi artikel mengenai peluang usaha kecil yang menjanjikan di tahun 2021. Sebenarnya masih ada banyak lagi peluang bisnis yang lain. Namun hal tersebut akan kami bahas lagi di artikel yang lain, ya.

Kira-kira dari banyaknya peluang bisnis di atas, mana yang menarik minat Anda untuk memulainya? Anda bisa memilih berdasarkan preferensi ataupun disesuaikan dengan keahlian apa yang Anda miliki. Dengan demikian, bisnis yang Anda jalankan merupakan hal yang Anda sukai. Sehingga eksekusi bisnis tersebut pun akan berjalan dengan fun atau menyenangkan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *