Mengenal Business Plan dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Mengenal Business Plan dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Memulai sebuah bisnis tentu bukanlah perkara yang mudah. Ada begitu banyak hal yang perlu Anda perhatikan dan dipersiapkan sebelum memulai operasionalnya. Salah satu komponen terpenting yang harus selalu ada pada setiap usaha adalah business plan atau rencana bisnis.

Bagi Anda para pelaku usaha pemula, mungkin masih belum mengetahui definisi dari business plan tersebut dan bagaimana cara menyusunnya. Pada artikel kali ini, PayrollBozz akan memberikan Anda informasi lengkap terkait rencana bisnis yang harus Anda persiapkan saat akan memulai sebuah usaha. So, simak artikel berikut ini hingga tuntas, ya!

Mengenal Business Plan

Business Plan

Business plan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti adalah sebuah rencana bisnis. Sesuai namanya, dalam komponen ini tersusun secara rapi mengenai konsep, tujuan hingga strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan bisnis tersebut. Business plan wajib ada dan harus dipersiapkan oleh pelaku usaha bahkan sebelum ia memulai operasional bisnisnya.

Meski komponen yang satu ini terdengar sederhana, namun sebenarnya ia memegang peranan yang cukup penting dalam mewujudkan impian dan mencapai tujuan sebuah usaha. Tanpa adanya business plan yang tersusun secara rapi, ibarat bisnis tersebut luntang-lantung tanpa mengetahui apa tujuannya dan juga tidak mengetahui apa yang harus dilakukan.

Baca juga : Mengenal Marketing Funnel dan Tahapannya untuk Bisnis Online

Operasional bisnis Anda pun bisa mengalami kekacauan tanpa memiliki rencana bisnis yang matang. Tak hanya itu risiko seperti terjadinya kerugian hingga bahkan gulung tikar dapat menghantui jalannya bisnis Anda di masa mendatang.

Maka dari itu, untuk menghindari risiko buruk tersebut, Anda harus menyiapkan business plan yang baik dan dipikirkan secara matang. 

Pentingnya Business Plan dalam Operasional Bisnis

Pentingnya Business Plan

Keberadaan business plan dalam sebuah bisnis bertujuan untuk memperjelas tujuan serta menyusun strategi yang tepat agar mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi. Lebih lanjut, berikut beberapa manfaat atau pentingnya memiliki rencana bisnis yang tersusun dengan matang.

1. Sebagai panduan dalam menjalankan bisnis

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, Anda harus menghitung terlebih dahulu berapa modal yang dibutuhkan serta menentukan target atau perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk balik modal. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target tersebut.

Misalnya, jika Anda ingin memulai sebuah bisnis di bidang kuliner dengan modal Rp 100 juta. Tentukan berapa target waktu yang Anda inginkan untuk mencapai titik balik modal tersebut? Anda harus menentukannya secara realistis agar tujuan dapat dicapai dengan lebih mudah.

Apabila Anda optimis dalam 1 tahun pertama sudah bisa mengembalikan seluruh modal yang Anda keluarkan. Berarti dalam satu bulan Anda harus menghasilkan profit bersih kurang lebih sekitar Rp 10 juta.

Nah, untuk mencapai target tersebut kira-kira bisa dicapai dengan cara yang seperti apa? Apakah dengan mengadakan promo bundling yang menarik, menggunakan sosial media atau melakukan endorse pada influencer ternama? Apapun caranya, selama hal tersebut dapat menunjang penjualan secara efektif serta masih sesuai dengan budget pemasaran Anda, maka lakukanlah.

2. Sebagai tolok ukur bagi Anda dalam mengambil keputusan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, business plan akan membantu Anda dalam mencapai tujuan dengan cara yang lebih jelas dan terstruktur. Tanpa adanya perencanaan bisnis ini, Anda sebagai pelaku usaha bisa seenaknya dalam menghamburkan uang untuk promosi tanpa memikirkan hasil atau tujuan yang jelas. Akibatnya, bisnis Anda pun dapat mengalami kerugian yang signifikan hingga kebangkrutan.

Nah, dengan membuat rencana bisnis ini, Anda bisa lebih fokus terhadap strategi tertentu yang masih berkaitan dengan tujuan Anda. Faktor-faktor lain yang tidak ada kaitannya dengan tujuan utama bisnis bisa ditunda atau dikesampingkan terlebih dahulu agar tidak mengganggu jalannya operasional usaha.

Baca juga : Definisi Financial Planning dalam Bisnis dan Peran Pentingnya

3. Terhindar dari kesalahan fatal dalam berbisnis

Tak sedikit pelaku usaha yang terpaksa harus menutup bisnisnya lantaran gagal dalam menjalankan operasionalnya dengan baik. Salah satu faktor yang kerap menjadi penyebab terjadinya hal tersebut adalah tidak adanya rencana bisnis yang jelas sejak awal.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menjalankan bisnis tanpa memiliki perencanaan sama halnya Anda pergi ke sebuah tempat asing tanpa menggunakan GPS atau membawa peta. Anda mungkin akan mengalami kebingungan  mengenai jalan mana yang seharusnya dilewati untuk mencapai tujuan bahkan hingga tersesat.

Perusahaan-perusahaan besar yang kini berada di puncak kesuksesan dulunya juga memiliki planning atau rencana yang jelas untuk bisnisnya. Mereka mempelajari setiap risiko yang ada, perkembangan zaman, trend dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, beberapa pelaku usaha bahkan sudah menyiapkan strategi untuk menyerang kompetitor dengan berbagai macam inovasi yang progresif.

4. Meyakinkan investor

Siapa sih yang tak menginginkan bisnisnya berkembang bahkan hingga membuka cabang di berbagai tempat? Membuka banyak lapangan kerja dan berkontribusi dalam penggerak roda ekonomi bangsa? Semua pelaku usaha pasti menginginkannya.

Salah satu cara paling mudah untuk mewujudkan impian tersebut adalah dengan menarik investor agar mau menyuntikkan dana atau modalnya ke bisnis Anda. Namun sebelum mencari investor yang bermodal besar, Anda harus memastikan bahwa arus kas keuangan dalam bisnis Anda menunjukkan angka pertumbuhan yang positif alias tidak merugi.

Selain itu, Anda juga bisa meyakinkan para investor dengan business plan yang sudah Anda miliki. Caranya dengan menjelaskan secara detail mengenai strategi bisnis Anda hingga prospeknya dalam beberapa tahun ke depan. Dalam hal ini, Anda harus memberikan penawaran yang masuk akal pada calon investor. Jangan memberikan janji-janji manis mengenai prospek yang kurang realistis. 

Baca juga : Ragam Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menjanjikan

Kesimpulan

Nah, itulah tadi sekilas artikel mengenai definisi business plan hingga peran pentingnya dalam operasional sebuah bisnis. Dengan mengetahui fungsi atau kegunaan dari rencana bisnis ini, harapannya Anda dapat membuatnya sendiri saat akan memulai sebuah usaha.

Rencana bisnis tak hanya dibutuhkan untuk bisnis atau usaha yang sudah berskala besar saja. Usaha kecil dan mikro pun juga turut membutuhkan komponen yang satu ini. Sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk menyepelekan keberadaan business plan dalam perjalanan sebuah usaha.

Selain business plan, Anda juga akan membutuhkan alat khusus untuk membantu Anda dalam mengelola sistem absensi dan penggajian. Nah, PayrollBozz dapat dijadikan andalan bagi Anda untuk mengurus seluruh sistem tersebut.

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam menghitung gaji karyawan? Kalkulasi BPJS? Perhitungan pajak atau mungkin mengalami kendala serupa yang lain? PayrollBozz bisa digunakan untuk memudahkan Anda dalam semua hal tersebut. Lewat aplikasi ini, Anda akan lebih menghemat waktu dalam bekerja. Dengan demikian, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lain yang belum sempat tersentuh.

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan PayrollBozz dan permudah cara Anda dalam mengelola semua kebutuhan HR via mobile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *