fbpx
5 Tips membuat caption yang tepat untuk bisnis di sosial media

5 Tips membuat caption yang tepat untuk bisnis di sosial media

Tips membuat caption – Sudah sejak lama sosial media berkembang menjadi lahan atau platform bisnis bagi banyak pelaku bisnis, mulai dari yang perorangan sampai perusahaan besar dan mapan. 

Tidak dipungkiri hype yang dibawa sosial media bisa sangat berpengaruh terhadap seseorang, oleh karenanya sosial media sering digunakan sebagai panggung untuk branding, bahkan toko untuk berjualan produk.

Melakukan branding dan campaign di sosial media memang terbukti lebih unggul, dari segi biaya lebih hemat, konten-nya pun bebas, komunikatif, engagement tinggi, lebih segmentif sesuai pasar yang kita tentukan, serta reach dan impression yang luas. 

Tidak heran sosial media kini menjadi primadonanya pasar digital, Nah buat kalian yang ingin mengoptimasi konten melalui tulisan atau caption agar pesan yang dimaksud bisa tersampaikan, berikut ini adalah 5 tips membuat caption bisnis di sosial media

5 Tips membuat caption beserta contohnya

1 ) Pakai bahasa yang sensoris

Jika kamu ingin menyampaikan pesan rasa dari sebuah produk, maka gunakanlah bahasa atau kata-kata sensoris. Yaitu kata yang berhubungan dengan panca indera, dimana tujuannya agar orang yang melihatnya juga bisa mendapatkan gambaran dari rasa menggunakan produk tersebut. 

Contoh kata-kata sensoris seperti, “wangi yang dihasilkan seperti bunga mawar di pagi hari”, atau “teksturnya lembut seperti buku hamster” dengan pendekatan menggunakan bahasa seperti ini otak akan memproses teks yang dibaca menjadi gambaran rasa yang dapat bisa dirasakan panca indera.

2 ) Gunakan bahasa yang persuasif

Persuasif adalah gaya berkomunikasi yang paling sering digunakan oleh marketing dan sales di seluruh dunia, tujuannya untuk mengajak customer untuk membeli produk dengan cara mempengaruhi dan meyakinkannya dengan kata-kata. 

Persuasif adalah cara berkomunikasi halus dan tidak langsung supaya lawan bicara bisa sependapat dengan Anda, cara ini sangat efisien namun membutuhkan proses waktu yang lama, jadi kita harus sabar dan terus berkreasi dalam merangkai kata.

Contoh caption persuasif : “Orang pintar minum tolak angin”, “Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro”, “Cara asik tunda lapar, Okky Jelly Drink!”, “Karena rasa nggak pernah bohong. Bango, benar-benar kecap” dan masih banyak lainnya

3 ) Pakai bahasa gaul

Bahasa gaul atau bahasa kekinian yang biasa digunakan anak muda untuk berkomunikasi, bisa lebih mengena ke target anak muda. Ini cocok banget buat Anda yang memang target produk atau campaign-nya ke anak muda.

Menyelipkan bahasa gaul dalam caption atau copywriting punya pesan tersendiri, yang merepresentasikan jiwa anak muda yang dinamis. Contohnya : “Ngopi dulu kuy” atau “damage coklatnya gak main-main”, dan masih banyak lainnya

4 ) Pakai kalimat yang menantang

Kalimat menantang dimaksudkan untuk mengajak audiens untuk bersaing dan berlomba, dengan tujuan audiens memiliki kemauan untuk melakukan tantangan yang dibuat. Trik ini biasanya juga dikombinasikan dengan hadiah atau grand prize yang menjadi daya tarik bagi audiens. 

Contoh : “Ekspresikan diri lo dengan tampil beda”, “Tunjukin gaya keren lo sambil minum (nama produk), dan menangkan jam tangan keren dari Gshock” 

5 ) Caption informatif

Caption informatif cocok banget untuk branding awareness, karena dari sini audiens bisa mendapatkan informasi atau value. Cara ini efisien untuk mendapatkan likes, share, dan engagement yang tinggi, walau tidak dapat dikonversikan langsung ke penjualan namun ini adalah salah satu cara terbaik untuk branding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *