Mau Kerja dari Rumah? Coba 5 Profesi Potensial Berikut Ini!

Mau Kerja dari Rumah? Coba 5 Profesi Potensial Berikut Ini!

Sejak mewabahnya virus corona di Indonesia pada bulan Maret silam hingga saat ini. Banyak membawa perubahan pada rutinitas setiap orang. Pandemi ini juga memberikan dampak pada kondisi ekonomi negara yang mengalami penurunan karena banyaknya bisnis atau usaha yang terpaksa gulung tikar.

Selain itu, pemerintah juga sempat memberlakukan kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Di mana pada saat itu, beberapa usaha atau bisnis terpaksa harus ditutup sementara. Akibatnya, banyak karyawan yang diminta untuk kerja dari rumah oleh pihak perusahaan demi mengikuti arahan dari pemerintah.

Sayangnya, tak sedikit perusahaan yang justru melakukan pemecatan secara massal. Akibat berkurangnya omset yang didapat karena kurangnya tenaga produksi dalam operasional perusahaan.

Nah, bagi Anda yang kehilangan pekerjaan karena pandemi virus corona ini, tak perlu larut dalam kesedihan terlalu lama. Karena ada begitu banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan. Dengan kemajuan teknologi digital yang ada, kerja dari rumah pun bukan hal yang mustahil untuk dilakukan saat ini.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu kira-kira profesi apa saja yang bisa dikerjakan dari rumah. Berikut PayrollBozz berikan daftarnya, apa saja itu? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya!

Daftar Profesi yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

1. Desainer grafis

Kerja dari Rumah - Desainer Grafis

Apakah Anda seorang yang memiliki jiwa artistik tinggi? Hobi menggambar atau menciptakan ilustrasi-ilustrasi yang ciamik? Jika ya, maka profesi yang satu ini cocok untuk digeluti.

Hanya bermodalkan sebuah laptop atau perangkat komputer, Anda sudah bisa menciptakan beragam karya digital untuk diunggah pada situs internet maupun untuk dijual.

Profesi desainer grafis terbilang cukup banyak dicari saat ini. Terlebih jika Anda menguasai beragam software editing foto seperti Photoshop, CorelDraw, Adobe Illustrator dan masih banyak lagi lainnya.

Anda bisa menjual berbagai macam jenis desain yang sekiranya banyak dibutuhkan orang-orang di zaman digital seperti sekarang. Mulai dari desain feeds Instagram atau sosial media yang lain, banner, flyer, CV maupun resume hingga desain pembuatan logo untuk sebuah brand maupun perusahaan.

Selain itu, jika Anda handal dalam membuat karya dari goresan tangan. Anda juga bisa membuka komisi atau jasa menggambar/membuatkan ilustrasi untuk klien yang membutuhkan.

Tak hanya itu, Anda pun juga bisa membuat berbagai macam bentuk ikon atau desain premium yang nantinya di unggah pada situs-situs penjualan gambar vektor seperti Freepik, Shutterstock dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Meet untuk Work From Home

2. Content writer

Kerja dari Rumah - Content Writer

Jika Anda tidak terlalu handal dalam menggambar atau menciptakan sebuah desain. Mungkin Anda bisa mencari peluang profesi yang lain. Menjadi seorang content writer, misalnya.

Content writer atau jika diterjemahkan berarti penulis konten merupakan profesi yang hanya membutuhkan keterampilan Anda dalam bidang penulisan.

Untuk menjadi seorang content writer yang profesional, Anda hanya perlu menyiapkan laptop atau komputer tanpa spesifikasi khusus. Selama perangkat tersebut dapat digunakan untuk mengetik atau menciptakan sebuah karya tulis, maka itu sudah lebih dari cukup.

Tak ada alasan Anda tidak bisa menulis. Karena menulis merupakan sebuah kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh semua orang. Bahkan di awal kita mengenyam bangku sekolah pun, menulis menjadi salah satu kompetensi yang diajarkan pertama kali.

Anda hanya perlu memaksimalkan kinerja pikiran Anda untuk mencari inspirasi hingga menciptakan sebuah karya tulis yang nantinya layak untuk dibaca banyak orang.

Menjadi seorang penulis konten bukan berarti Anda harus menciptakan sebuah karya yang orisinil dan belum ada di mana pun. Anda diperbolehkan menyadur dari berbagai sumber atau menggunakan berbagai macam referensi untuk kemudian dibuat menjadi satu artikel atau konten yang lebih lengkap dari yang lain.

Saat ini peluang sebagai penulis konten terbuka lebar bagi siapa pun. Keberadaannya cukup dibutuhkan bagi perusahaan atau brand-brand tertentu yang memiliki situs web untuk dikelola. Anda hanya perlu membuat sebanyak-banyaknya karya tulis yang berkualitas dan enak untuk dibaca. Dengan demikian, permintaan orang-orang untuk bekerja sama pun akan mengalir begitu saja.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs freelancer atau pekerja lepas yang banyak tersebar seperti Sribulancer, Fastwork hingga Projects.co.id. Di sana Anda bisa menemukan klien pertama untuk diajak kerja sama dalam mencari penghasilan dari rumah.

3. Penerjemah

Translator

Tak jauh berbeda dengan seorang content writer, profesi penerjemah juga banyak dibutuhkan beberapa tahun belakangan ini. Bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang fasih, profesi yang satu ini cocok dijadikan pilihan untuk meraup keuntungan.

Jasa translator biasanya dibutuhkan untuk menerjemahkan berbagai macam dokumen perusahaan, video, percakapan dan lain-lain. Bayaran untuk sekali project translator ini pun juga cukup lumayan, lho. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Tentunya tergantung dari pekerjaan yang Anda terima.

Sama seperti kedua profesi yang sebelumnya, untuk menjadi seorang penerjemah yang handal. Anda dituntut menguasai kemampuan tertentu. Misalnya, fasih dalam beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang. Kemudian, Anda juga harus memiliki gadget seperti laptop untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Untuk mendapatkan klien pertama, Anda bisa memanfaatkan situs-situs penyedia jasa freelancer. Anda bisa menjual jasa Anda di sana dan menunggu klien menghubungi Anda setelahnya. Anda juga bisa menawarkan jasa diri Anda ke beberapa perusahaan atau brand yang sekiranya membutuhkan seorang penerjemah.

4. Web developer

Web developer

Sudah tidak diragukan lagi jika seorang web developer kini banyak dicari. Selain karena kemajuan zaman yang semakin modern, mindset atau pandangan orang-orang terhadap website pun mulai berubah. Banyak yang berpikir memiliki situs web resmi untuk bisnis, brand atau personal branding diri sendiri merupakan hal yang cukup penting.

Akibatnya, permintaan pembuatan website pun banyak bermunculan. Jika Anda menguasai berbagai macam bahasa pemrograman dan memiliki perangkat komputer atau laptop yang mumpuni. Maka profesi yang satu ini bisa dijadikan pilihan untuk mulai kerja dari rumah.

Bayaran untuk seorang web developer lepas juga cukup tinggi, lho. Tergantung dari tingkat kerumitan pembuatannya. Namun rata-rata harga yang ditawarkan untuk membuat satu situs web berada di range 1 jutaan.

Untuk mendapatkan klien yang membutuhkan jasa pembuatan website. Anda bisa mencarinya di situs freelancing sekaligus menawarkan diri ke beberapa perusahaan yang belum memiliki situs web resmi. Selain itu, para pelaku usaha kecil atau UKM juga bisa dijadikan pangsa pasar yang cukup potensial.

Tentunya, karena mereka menjalankan bisnis dalam skala kecil. Anda pun harus menyesuaikan harga dengan budget yang mereka miliki.

Baca juga: Daftar Gaji Programmer dan Posisi IT yang Lain Tahun 2020

5. Social Media Marketer

Social Media Marketing

Apakah Anda seorang yang aktif dalam bersosial media? Mengetahui seluk beluk algoritma sosial media tertentu dan mengerti cara membuat strategi pemasaran yang tepat? Jika ya, maka peluang untuk menjadi social media marketer terbuka lebar bagi Anda.

Di era yang serba digital seperti saat ini, banyak pelaku bisnis yang mulai go online dengan membuka toko di berbagai sosial media yang ada. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter hingga TikTok yang belakangan banyak viral.

Tentu tak ada yang salah dari hal tersebut. Karena memang sosial media saat ini dianggap menjadi salah satu platform yang potensial untuk menjangkau pelanggan dari berbagai lini bisnis.

Nah, jika Anda cukup senang berkutat dengan sosial media dan mempelajari cara kerjanya dalam memaksimalkan penjualan. Maka Anda bisa menjual jasa tersebut pada para pelaku usaha yang membutuhkan. Mengingat ada banyak pengusaha yang tidak mengerti caranya untuk memaksimalkan sosial media maupun tidak memiliki waktu untuk mengelolanya.

Anda hanya perlu terus belajar dan mengikuti trend atau perkembangan dari sosial media yang digunakan. Karena masing-masing sosial media memiliki algoritma atau rumus cara kerjanya tersendiri. Sehingga dengan mengikuti perkembangan yang berlaku, Anda bisa memaksimalkan pemasaran dari platform tersebut.

Selain itu, kemampuan copywriting dan strategi pemasangan iklan pun juga perlu Anda kuasai agar dapat menarik perhatian lebih banyak orang.

Penutup

Itulah tadi beberapa daftar profesi yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Dengan demikian, tak ada lagi alasan untuk terpuruk atau larut dalam kesedihan terlalu lama karena di PHK. Selain beberapa profesi di atas, Anda juga bisa mencoba peluang lain seperti dengan menjadi reseller atau dropshipper yang tidak membutuhkan modal banyak untuk memulainya.

Semua usaha bisa menghasilkan selama Anda melakukannya dengan niat dan tekad kuat. Selain itu, jangan pernah takut pada kegagalan. Karena bagaimana pun, gagal merupakan salah satu bagian dari proses yang harus dinikmati dan digunakan sebagai pembelajaran. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *