fbpx
Perbedaan Branding dan Marketing Menurut Pakar

Perbedaan Branding dan Marketing Menurut Pakar

Banyak orang yang berpendapat bahwa branding dan marketing adalah dua hal yang sama, namun faktanya branding dan marketing memiliki tujuan dan cara kerja yang berbeda. 

Ada perbedaan antara branding dan marketing, yang dikemukakan oleh pakar branding, yakni Subiakto Priosoedarsono di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara.

Mudahnya branding bertujuan untuk menempelkan nama, brand, produk atau bentuk ke dalam pikiran orang-orang, sedangkan marketing adalah upaya berkomunikasi, memasarkan, atau menjelaskan sebuah produk kepada pasar. 

Walau tujuan utama keduanya adalah selling atau penjualan, branding dan marketing dikelola dengan cara yang berbeda, dari segi desain dan penyampaiannya.

Menurut Subiakto Priosoedarsono atau yang akrab disapa “Pak Bi” ini ada 4 tahapan yang harus dilakukan untuk branding yakni, stimulasi, persepsi, ekspektasi, reaksi, dan aksi. Masing-masing tahapan harus dilakukan secara konsisten, agar pesan atau citra dapat tersampaikan dengan baik. 

Dalam live di Helmy Yahya Bicara juga Pak Bi menambahkan ada perbedaan sudut pandang antara orang marketing dan branding dalam melihat pasar.

blank

Orang marketing melihat pasar/market  sebagai jumlah orang yang berpotensi menjadi buyer atau konsumen, sedangkan orang branding melihat pasar sebagai kumpulan persepsi yang harus dipengaruhi. 

Baca juga : Komunikasi Bisnis: Definisi, Tujuan dan Ragam Tekniknya

Baik branding ataupun marketing keduanya adalah dua hal yang sangat penting, lebih lanjut Anda bisa melihat penjelasan atau definisi branding dan marketing dari pakar lainnya. 

Definisi Marketing Menurut Para Pakar

– Caroline Forsey –

Marketing adalah proses untuk membuat masyarakat tertarik pada produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Untuk bisa melakukannya, diperlukan riset pasar, analisis, dan pencarian konsumen yang ideal. 

– Tung Desem Waringin –

Marketing adalah mengkomunikasikan suatu nilai tambah/perceive value yang lebih tinggi.

– Jay Abraham –

Marketing berhasil dan sukses ketika produk yang kamu miliki sudah tampak baik untuk pelanggan-pelanggan kamu

– Philip Kotler –

Marketing adalah sebuah kegiatan sosial dan pekerjaan sekelompok orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, dengan membuat produk dan menukarnya dengan nominal uang kepada pihak lain. 

– Hermawan Kertajaya –

Marketing merupakan konsep strategi bisnis yang melekat dalam mindset.

Definisi Branding Menurut Para Pakar

– Lamb –

Brand adalah sebuah nama, istilah, simbol, bentuk atau gabungan dari keempat hal tersebut yang kemudian menjadi ciri khas atau perbedaan dari kompetitor. 

– Kotler –

Branding adalah kegiatan pemberian nama, tanda, simbol, istilah, rancangan, atau kombinasi dari semua itu, dengan tujuan mengidentifikasikan produk, jasa, atau kelompok penjual serta membedakannya dari produk pesaing lainnya

Baca juga : Mengenal Istilah Mind Mapping dan Cara Membuatnya

– Landa –

Branding tidak hanya sekedar nama merk atau nama dagang dari sebuah produk , jasa, atau perusahaan. Namun segala hal yang berkaitan dengan hal lainnya tentang produk yang tak tampak seperti, logo, ciri visual, reputasi, kredibilitas, citra, kesan, karakter, dan persepsi yang ada di dalam pikiran konsumen tentang brand, perusahaan, merk dagang dan lainnya. 

– Marty Neumeier –

Branding adalah upaya atau program yang dirancang untuk meningkatkan value produk dan menghindari komoditisasi dengan membangun brand atau merk yang berbeda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *