fbpx
Asuransi Bisnis: Definisi, Manfaat dan Perlindungan yang Ditawarkan

Asuransi Bisnis: Definisi, Manfaat dan Perlindungan yang Ditawarkan

Dalam hidup kita selalu dikelilingi oleh berbagai macam risiko atau marabahaya yang bisa datang kapan pun tanpa bisa kita duga. Hal ini membuat kita harus siap menghadapi risiko terburuknya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan melakukan persiapan seperti dengan menggunakan asuransi.

Asuransi merupakan sebuah produk finansial yang berguna memberikan perlindungan bagi pemilik polisnya. Di mana orang yang memiliki polis asuransi ini akan terlindungi dari berbagai macam kerugian finansial yang bisa terjadi kapan saja.

Salah satu produk asuransi yang paling populer adalah asuransi kesehatan. Dengan produk tersebut, seorang pemegang polis yang jatuh sakit atau harus melakukan operasi dengan jumlah biaya yang besar bisa lebih diringankan. Pihak penyedia jasa asuransi akan meng-cover sebagian atau bahkan seluruh biaya rumah sakit, mulai dari operasi, obat-obatan, rawat inap atau pun rawat jalan.

Nah, selain asuransi kesehatan, ada banyak lagi produk asuransi yang lain. Mulai dari asuransi jiwa, pendidikan, dana pensiun, kendaraan, properti bahkan hingga bisnis. Pada artikel kali ini, PayrollBozz akan mengajak Anda untuk membahas salah satu produk asuransi yang cukup banyak diminati oleh para pelaku usaha yakni asuransi bisnis.

Kira-kira apa sih sebenarnya asuransi bisnis itu? Apa saja perlindungan yang ditawarkan oleh produk ini? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Mengenal Asuransi Bisnis

apa itu asuransi bisnis?

Sesuai namanya, asuransi bisnis adalah sebuah produk yang digunakan untuk melindungi bisnis atau usaha yang Anda jalankan dari berbagai macam risiko. 

Proteksi yang diberikan oleh produk asuransi ini dapat berupa perlindungan pada aset yang dimiliki oleh suatu bisnis maupun penggantian pada saat usaha tersebut mengalami kerugian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk asuransi yang satu ini memiliki peran yang cukup penting bagi para pelaku usaha.

Sayangnya, kesadaran orang-orang terhadap produk asuransi masih terbilang cukup rendah. Akibatnya, banyak orang yang enggan untuk membeli atau memiliki polis asuransi untuk dirinya sendiri, keluarga maupun bisnisnya.

Padahal dengan produk perlindungan ini, berbagai macam risiko dapat di-cover sehingga kerugian finansial yang ditanggung tidak akan memberatkan atau tidak akan membuat seseorang kehilangan banyak harta maupun tabungannya.

Manfaat Memiliki Asuransi Bisnis

manfaat asuransi bisnis

Seperti yang telah disinggung di awal, asuransi bisnis memiliki peran dalam melindungi seluruh aset yang digunakan dalam operasional usaha sekaligus melindungi bisnis tersebut akibat kerugian yang terjadi. Dengan demikian, ketika suatu saat bisnis Anda mengalami penurunan penjualan hingga menyebabkan kerugian, Anda bisa mengajukan klaim dan mendapatkan dana ganti rugi atas hal itu.

Untuk memahami manfaat dari kepemilikan asuransi bisnis, berikut kami telah merangkumkan beberapa keuntungannya bagi Anda selaku pemilik usaha.

1. Melindungi seluruh aset bisnis Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa risiko seperti pencurian, perampokan, kerusakan, kebakaran, bencana alam dan masih banyak lainnya dapat terjadi kapan saja terhadap bisnis Anda. Tentu jika hal tersebut sampai terjadi, kerugian yang bisa Anda tanggung akan sangat besar.

Maka dari itu, asuransi bisnis ada untuk melindungi setiap aset dalam usaha Anda agar terhindar dari kerugian mayor. Meskipun Anda harus membayar premi rutin tiap bulannya, namun harga premi tersebut akan sebanding dengan perlindungan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan di masa mendatang.

Dengan memiliki asuransi untuk bisnis, secara tidak langsung Anda sudah melindungi keluarga dan karyawan dari kerugian finansial usaha yang dapat berdampak juga pada mereka. Coba bayangkan jika sampai bisnis Anda mengalami kerugian hingga bangkrut, bukankah keluarga dan karyawan Anda juga akan menanggung dampaknya?

2. Mengganti kerugian yang terjadi

Pandemi virus corona yang terjadi sejak Maret 2020 lalu menjadi pukulan telak bagi para pelaku bisnis. Sebab pandemi ini datang tanpa diduga dan siapa sangka dapat mematikan banyak bisnis serta lapangan kerja.

Kerugian yang ditanggung oleh berbagai macam perusahaan pun tak main-main nominalnya. Namun hal tersebut sebenarnya bisa diantisipasi apabila Anda sudah memiliki asuransi bisnis sejak awal. Di mana ketika bisnis Anda mengalami kerugian atau penurunan grafik penjualan, Anda bisa mengajukan klaim untuk kemudian mendapatkan ganti rugi dari pihak penyedia asuransi.

Dengan demikian, operasional bisnis Anda tidak akan terganggu, Anda pun tidak perlu melakukan efisiensi karyawan maupun mengurangi jumlah produksi barang. Menarik, bukan?

3. Pondasi bisnis yang kokoh

Asuransi bisnis juga dapat berperan sebagai pondasi dalam perusahaan. Di mana komponen ini dapat menjadi jaminan agar operasional bisnis tetap berjalan dengan lancar. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan ketakutan-ketakutan yang dapat terjadi di masa mendatang, sebab lewat kepemilikan asuransi bisnis tersebut semua risiko bisa lebih diringankan.

Sebagai gantinya, Anda bisa lebih fokus memikirkan langkah untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan seperti dengan menciptakan inovasi produk, menciptakan strategi pemasaran yang progresif dan masih banyak lagi lainnya.

4. Semakin optimis menjalankan bisnis

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, pondasi yang kokoh akan membuat Anda optimis dalam menjalankan bisnis. Anda tak perlu lagi takut pada berbagai macam kemungkinan terburuk yang bisa menimpa usaha Anda. Selama kerusakan atau kerugian tersebut terjadi bukan karena disengaja, pihak asuransi masih bisa memberikan klaim atas polis Anda.

Sikap Anda yang optimis juga akan mempengaruhi setiap keputusan besar yang Anda ambil untuk perusahaan. Misalnya, semula Anda takut untuk mengeluarkan produk baru, dengan adanya asuransi bisnis ini Anda tidak perlu lagi khawatir apabila produk baru yang dirilis tidak laku sehingga membuat Anda rugi.

5. Jaminan pengiriman barang

Jika bisnis Anda menjual produk berupa barang, maka pengiriman menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. 

Nah, dengan memiliki asuransi bisnis, setiap kali terdapat pengiriman barang, tanggung jawab keamanan barang tersebut akan beralih menjadi milik pihak asuransi. Sehingga apabila terjadi kerusakan, kehilangan barang atau mungkin kendaraan pengiriman mengalami kecelakaan, semuanya termasuk ke dalam proteksi dari polis asuransi bisnis Anda.

Macam-macam Asuransi Bisnis

Asuransi kecelakaan kerja

Nah, setelah mengetahui definisi serta manfaat dari asuransi bisnis di atas, berikutnya kami akan memberikan informasi produk apa saja yang termasuk ke dalam asuransi bisnis dan bisa Anda gunakan dari sekarang.

1. Asuransi properti

Sesuai namanya, asuransi ini digunakan untuk melindungi properti bisnis Anda dari kerusakan, pencurian maupun bencana alam. Masing-masing pihak penyedia asuransi memberikan syarat dan ketentuannya tersendiri, maka dari itu sebelum membelinya pastikan untuk membaca polis asuransinya dengan cermat terlebih dahulu.

Sebab jika properti bisnis Anda berada di lokasi yang rawan bencana alam seperti banjir, biasanya pihak asuransi tidak akan memasukkan jenis bencana alam tersebut ke dalam proteksi atau mungkin Anda diminta untuk membayar premi yang sedikit lebih mahal.

2. Asuransi kompensasi kerja

Berikutnya, produk asuransi yang satu ini berguna untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan pada karyawan. Di mana proteksi yang diberikan berupa tunjangan rumah sakit atau perawatan medis yang terjadi pada karyawan akibat pekerjaannya. Asuransi ini biasanya diberikan pada karyawan yang bekerja di pabrik atau bagi mereka yang bekerja di lapangan.

3. Asuransi tanggung jawab hukum terhadap publik

Produk yang Anda jual ke pasaran bisa saja tidak cocok dan menyebabkan kerusakan/kerugian bagi penggunanya. Nah, produk asuransi yang satu ini akan melindungi bisnis Anda dari tuntutan pihak ketiga (konsumen) tersebut.

Asuransi bisnis yang satu ini cocok dimiliki untuk usaha yang bergerak di bidang-bidang tertentu seperti kesehatan, kecantikan, perawatan kulit, makanan dan lain-lain. Sebab brand-brand ternama pun sering mendapatkan gugatan dari konsumennya akibat kerusakan atau kerugian yang ditimbulkan lewat produknya.

4. Asuransi gangguan bisnis

Pandemi dan bencana alam menjadi dua hal yang tidak bisa kita tebak kapan terjadinya. Produk asuransi gangguan bisnis ini dapat digunakan untuk melindungi operasional usaha Anda dari risiko tersebut. 

Kesimpulan

Itulah tadi sekilas informasi mengenai asuransi bisnis lengkap dengan definisi dan manfaat serta perlindungan yang ditawarkan. Di Indonesia sendiri asuransi bisnis masih jarang digunakan oleh para pelaku usaha. Namun lewat penjelasan di atas, Anda sudah tahu bahwa keberadaan produk proteksi ini sangat penting dan dapat meringankan beban Anda sebagai pelaku usaha.

Jadi apakah Anda masih mau berpikir panjang untuk memiliki produk asuransi yang satu ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *