fbpx
Cara Membuat Company Profile Yang Benar

Cara Membuat Company Profile Yang Benar

Cara buat company profileCompany profile atau profil perusahaan merupakan sesuatu yang penting, karena di dokumen tersebut tergambar visi dan misi dari perusahaan, serta membantu masyarakat mengenal perusahaan, termasuk bisnis yang dijalankan. 

Kualitas dari company profile dapat meningkatkan citra perusahaan di mata publik dan kolega, yang pastinya akan membuka kesempatan bisnis, tidak hanya itu company profile juga bisa menjadi dokumen pendukung untuk kerjasama business to business. 

Pemahaman Company profile 

Company profile berasal dari dua suku kata, yakni company yang memiliki arti perusahaan, firma, persekutuan, perseroan dan entitas bisnis. Kemudian Profile atau dalam bahasa Indonesia profil yang berarti penampangan, citra dan riwayat. Sehingga apabila digabungkan Company profile memiliki arti sebagai penampangan dari sebuah perusahaan yang berisikan riwayat, tujuan dan hal apa saja yang dilakukan. 

Profil perusahaan merupakan akta untuk perusahaan itu sendiri yang berisikan rangkuman informasi umum yang dapat dibaca oleh semua orang. Company profile juga menjadi landasan bagaimana perusahaan ini bergerak dan bekerja, karena di dalamnya terdapat visi, misi, nilai dan prinsip yang dipegang.  

Untuk membuat Company profile yang benar dibutuhkan penyusunan yang baik, dan terdapat informasi-informasi yang wajib dicantumkan pada company profile dan berikut ini adalah cara buat company profile lengkap dengan panduan penyusunannya. 

Cara buat Company profile

Yang wajib ada di Company profile

  1. Warna yang selaras dengan logo perusahaan
  2. Logo dan nama lengkap perusahaan
  3. Daftar isi
  4. Kata pengantar
  5. Informasi penting seperti : alamat, kontak perusahaan sampai jajaran direksi
  6. Sejarah berdirinya perusahaan
  7. Latar belakang perusahaan
  8. Visi dan misi perusahaan
  9. Nilai perusahaan
  10. Penjelasan produk / layanan
  11. Portofolio atau pencapaian perusahaan
  12. Informasi tambahan bila diperlukan contoh : Galeri foto perusahaan

Baca juga : 5 Program / Cara Untuk Mengatasi Turnover Karyawan Yang Tinggi

Menyusun company profile

blank

Cara buat Company profile perusahaan dan penyusunnya harus benar, tata letak dan layout juga penting untuk memudahkan pembaca. Ada banyak referensi  desain atau layout untuk Company profile perusahaan, atau bahkan mendownload templatenya. Anda bisa mencarinya di freepik.com, disana ada banyak sekali referensi untuk desain profil perusahaan, mulai dari yang gratis sampai berbayar. 

Namun adapun penyusunan dan urutan konten perlu diperhatikan, dan bisa mengikuti urutan seperti dibawah ini : 

1 ) COVER (SAMPUL)

Seperti yang sudah disampaikan, pemilihan tema warna sebaiknya dipilih sesuai logo atau warna perusahaan, Pada sampul depan tuliskan nama perusahaan dan tagline serta logo perusahaan. 

2 ) DAFTAR ISI

Seperti pada buku umumnya company profile juga memiliki daftar isi untuk memudahkan pencarian pembaca. 

3 ) KATA PENGANTAR

Sebagai pembuka gunakan kata pengantar untuk menyambut pembaca, kata pengantar bisa juga menyelipkan latar belakang mengapa perusahaan dibentuk dan visi perusahaan untuk kedepannya. Kata pengantar biasanya juga ditulis oleh seseorang yang memiliki wewenang atau jabatan yang tinggi di perusahaan tersebut. 

4 ) JAJARAN DIREKSI 

Dalam company profile yang pertama kali masyarakat kenal setelah nama dan logo perusahaan adalah jajaran direksi perusahaan tersebut, pada halaman ini berbaris jajaran direksi dan terdapat keterangan seperti Nama, umur, jabatan atau bahkan pengalaman. 

5 ) SEJARAH PERUSAHAAN

Sejarah perusahaan adalah hal pertama yang dituliskan dalam Company profile mulai dari awal tahun berdiri, proses pendirian, sampai hingga saat ini. Bisa diceritakan bagaimana perusahaan ini didirikan, pada tahun berapa, oleh siapa, dan dimana. 

6 ) LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

Latar belakang perusahaan berkaitan dengan informasi yang paling umum, yang biasanya bersinggungan dengan masalah yang coba ingin diselesaikan, melalui produk atau layanan yang disediakan. Tidak hanya itu dalam segmen ini juga terdapat informasi dari model bisnis perusahaan. 

Baca juga : Penyesuaian Gaji Karyawan Saat Keuangan Perusahaan Krisis ? Bukan Solusi Yang Tepat!

7 ) VISI, MISI DAN NILAI PERUSAHAAN 

Bagian yang terpenting pada Company profile adalah visi, misi dan nilai perusahaan untuk masyarakat. Segmen ini menggambarkan masa depan dan tujuan perusahaan, serta hal apa yang membuat perusahaan memiliki nilai. 

8 ) REKANAN PERUSAHAAN

Apabila perusahaan memiliki rekanan yang membantu bisnis perusahaan, bisa dicantumkan. Ini juga bisa meningkatkan kepercayaan publik, terlebih rekanan atau partner adalah nama besar di industrinya masing-masing.

9 ) INFORMASI PENTING 

Informasi penting yang dimaksud seperti nomor telepon, alamat perusahaan, alamat email, dan website. Atau juga bisa menambahkan informasi tambahan seperti foto-foto kegiatan perusahaan, foto-foto SDM, dan foto-foto kantor. 

10 ) PENJELASAN PRODUK/LAYANAN

Dalam penyusunan company profile juga bisa diselipkan penjelasan tentang produk, layanan, atau bisnis yang dijalankan. Ini membantu publik untuk lebih mengenal produk-produk perusahaan, namun yang perlu diingat bahwa segmen ini hanya merupakan segmen perkenalan dari produk/layanan yang disediakan, yang selanjutnya bisa diarahkan ke tempat lain seperti website untuk informasi lebih lanjut. 

11 ) SAMPUL PENUTUP

Yang terakhir dalam cara buat Company profile adalah sampul penutup, disini bisa ditinggalkan polos atau menambahkannya dengan logo-logo partner perusahaan.

Demikian adalah cara buat Company profile dengan urutan yang tepat, dan ingat bahwa profil perusahaan dibuat untuk membantu publik mengenal perusahaan secara umum, mulai dari latar belakang sampai ke bisnis perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *