fbpx
Contoh CV Lamaran Kerja Yang Memikat HRD

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Memikat HRD

Contoh CV lamaran kerja yang baik, bisa membantu Anda untuk saat mengajukan untuk melamar di sebuah perusahaan. Seperti yang kita tahu, gerbang pertama untuk bisa masuk dan bekerja di sebuah perusahaan. Siapa pun Anda dan darimana pun latar pendidikan Anda, jika CV yang Anda ajukan tidak dapat menarik minat HRD, maka kemungkinan besarnya Anda akan ditolak unuk bekerja di perusahaan tersebut.

Di dunia maya sana, banyak sekali contoh CV lamaran kerja yang bisa Anda contoh. Tapi, apakah benar elemen-elemen yang ada dalam contoh-contoh tersebut sudah tepat? Nah, oleh sebab itu artikel ini ditulis bagi Anda yang membutuhkan contoh CV lamaran kerja yang benar, baik dan menarik.

Elemen Penting Dalam CV Lamaran Kerja

Sebelum kita melangkah ke bagian contoh CV lamaran kerja, kita akan mengetahui dulu apa elemen-elemen penting yang sebaiknya Anda sertakan dalam CV. Hal ini terkadang dianggap sepele oleh para pelamar kerja. Padahal tidak jarang hal-hal ini menjadi alasan HRD menerima atau menolak lamaran kerja Anda. Berikut, elemen-elemennya…

1. Gaya Penulisan

Tahukah Anda, cara Anda menulis bisa menunjukan kepribadian Anda. Memang, dalam gaya penulisan CV lamaran kerja menggunakan bahasa formal. Tetapi, pemilihan kata yang Anda gunakan akan sangat penting. Cara Anda menulis bisa menunjukan cara Anda berkomunikasi dengan pekerjaan Anda.

2. Data Diri

Elemen yang satu ini tentu saja menjadi hal yang wajib untuk Anda cantumkan dalam CV. Data diri bisa berupa nama lengkap, alamat lengkap, tanggal lahir dan tentu saja nomor telpon yang bisa dihubungi. Saran untuk penggunaan alamat email, gunakan alamat email profesional. Jangan gunakan alamat email dengan nama yang aneh atau alay.

3. Deskripsi Tentang Diri Anda

Singkatnya, CV itu adalah proposal yang menerangkan tentang diri Anda secara jelas dan gamblang. Pada bagian data diri, Anda bisa menjelaskan tentang hal-hal yang standar untuk diketahui oleh perusahaan. Namun, dibagian lanjutannya, Anda bisa mencantumkan deksripsi tentang diri Anda. Tidak perlu panjang-panjang, cukup dengan 200 kata. Hal yang terpenting penting adalah bisa membuat HRD penasaran untuk mengetahui lebih lanjut. Dengan deskripsi diri yang menarik, diharapkan HRD mau mempertimbangkan untuk merekrut Anda di dalam perusahaannya.

4. Pendidikan dan Pelatihan

Pendidikan pastinya sudah sedikit disinggung pada bagian kedua elemen di atas. Namun, hal ini bisa sangat diperjelas dengan mendeskripsikan pendidikan dan pelatihan yang telah Anda ikuti. Di dalamnya, Anda juga bisa mengikut sertakan hasil dari mengikuti pendidikan tersebut, misalnya nilai yang Anda capai.

5. Pengalaman

Dalam setiap contoh cv lamaran kerja, pasti bagian tentang menceritakan pengalaman merupakan salah satu yang penting. Di bagian ini, Anda bisa menyampaikan tentang pengalaman kerja Anda, posisi Anda di perusahaan sebelumnya, pengalaman organisasi di kampus dan hal yang berkaitan dengan itu. Dengan menceritakan pengalaman seperti ini, pihak HRD akan mempertimbangkan jam terbang Anda dalam pekerjaan. Sebaiknya tuliskan hal ini secara detail dan lengkap, termasuk prestasi-prestasi yang pernah Anda raih.

6. Keahlian Tambahan

Keahlian tambahan yang dimiliki oleh seorang pelamar kerja merupakan salah satu hal yang begitu menarik bagi perusahaan. Misalnya, Anda mempunyai kemampuan tambahan berbahasa asing atau mampu mengetik menggunakan 10 jari Anda. Jelaskan secara detail hubungan antara keahlian tambahan Anda dan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

7. Dapatkan Rekomendasi

Umumnya setiap perusahaan ingin tahu calon pelamar kerja dengan baik dari orang ketiga. Untuk itu, cantumkan referensi yang bisa dihubungi oleh perusahaan, untuk menanyakan detail kerja Anda. Misalnya, Anda bisa mereferensikan dosen atau juga bos di kantor lama Anda. Anda bisa sertakan nama, jabatan, telepon dan email orang yang mengetahui Anda dengan baik.

8. Sebutkan Statistik

Anda bisa menyebutkan statistik tentang riset yang dijadikan argumen oleh Anda. Contohnya, Anda mempunyai kemampuan tambahan berbahasa tiongkok. Nah, Anda bisa menjelaskan statistik tentang banyaknya perusahaan yang bekerjasama dengan tiongkok. Dengan demikian, Anda akan sangat dipertimbangkan untuk diterima di perusahaan, karena Anda mempunyai kemampuan tersebut.

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik

Poin-poin yang harus Anda masukan dalam CV lamaran kerja, bisa Anda pelajari pada poin-poin di atas. Namun meskipun demikian, Anda tetap membutuhkan sebuah contoh CV lamaran kerja sebagai acuan bagaimana Anda menulis.

Data Diri

Nama Lengkap : Muhammad Hanif Al-Muzaki
Tempat & tanggal lahir : Majalengka, 21 April 1994
Alamat Lengkap : Ds. Bojong Kab. Kuningan – Jawa Barat
Jenis Kelamin : Laki-laki
Status Perkawinan : Menikah
Agama : Islam
No Telepon : 0099793874883
Email : muzaki@mail.com

Pendidikan Formal

2000 – 2006 : SDN 17 Kuningan
2006 – 2009 : SMPN 3 Kuningan
2009 – 2012 : SMAN 3 Kuningan
2012 – 2016 : Institut Teknologi Bandung

Pendidikan Non-Formal

2015 : Mengambil setifikasi TOUFL
2015 : Mengambil sertifikasi CISCO dari Microsoft
2015 : Ikut kelas training untuk pemrograman RUBY

Pengalaman Kerja

2016 – 2017 : Head programmer di PT. Sukses Kaya Sejahtera
2017 – 2019 : Program designer di PT. Indah Pemandanganku

Tentang Saya

Perkenalkan saya adalah Muhammad Hanif Al-Muzaki, orang-orang di sekitar saya memanggil saya Hanif.

Berdasarkan iklan lowongan kerja di perusahaan bapak pada, saya mengirimkan riwayat hidup ini dengan maksud mengajukan lamaran untuk posisi pekerjaan Manager Program. Lowongan kerja tersebut sangat sesuai dengan minat dan kemampuan saya.

Saya menyelesaikan pendidikan sarjana teknik informatika di Institut Teknlogi Bandung (ITB). Saya lulus dengan IPK 3,9 (cumlaude) dan menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 4 tahun. Setelah itu, saya bekerja sebanyak 2 kali di dua perusahaan IT yang berbeda.

Saya mempunyai kemampuan tambahan dalam segi komunikasi. Saya menguasai bahasa Inggris dan Tiongkok yang fasih, karena saya belajar langsung dari guru yang merupakan native speaker. Dengan demikian, saya akan mampu dan mudah untuk berkomunikasi secara langsung dengan klien dari negara-negara barat dan Tiongkok.

Sebuah statistik menunjukan, bahwa kini peluang pasar tidak lagi terbatas oleh negara dan regional. Selain itu, statistik menunjukan bahwa perusahaan Tiongkok yang menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan di dunial, mengalami peningkatan. Untuk menjawab tantangan ini, kita harus mempunyai kemampuan komunikasi yang mumpuni.

Referensi

Sebagai bahan pertimbangan, bapak bisa menghubungi mantan dua atasan saya di perusahaan sebelumnya. Kebetulan saya masih menjalin hubungan baik dengan keduanya, hingga hari ini. Bapak bisa mendapatkan informasi dari beliau berdua tentang gaya kerja saya, kreatifitas saya, kemampuan saya dan komitmen saya dalam menyelesaikan target perusahaan.

Mahmud Jabbar Handphone: 08439488489, mail: mahmud@mail.com
Ihsan Sulaiman Handphone: 08938848837, mail: ihsansul@mail.com

Demikian daftar riwayat hidup ini saya tulis dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi bapak untuk merekrut saya bergabung pada tim luar biasa yang bapak pimpin.

Hormat saya,

Muhammad Hanif Al-Muzaki

Membuat CV Lamaran Kerja Yang Kreatif

Jika Anda orang yang berkutat di bagian kreatif, biasanya Anda diperbolehkan mengirimkan CV dengan gaya Anda. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan, sejauh mana kreatifitas Anda.

Misalnya, jika Anda seorang creatif designer, Anda bisa menyajikan format contoh CV lamaran kerja yang saya tuliskan di atas dalam bentuk pamflet. CV lamaran kerja seperti ini memang semi formal, namun cukup diterima untuk perusahaan yang open-minded. Anda harus tahu terlebih dahulu karakter perusahaan dan pekerjaan yang akan Anda lamar. Jika tidak tepat, bisa-bisa CV yang berupa design dianggap tidak sopan.

Kesimpulan

Contoh CV lamaran kerja di atas bisa Anda jadikan acuan untuk melamar pekerjaan. Anda bisa melakukan modifikasi pada format-format yang ada di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada pun data yang dituliskan pada format di atas hanya sebagai contoh saja dan merupakan tokoh fiktif.

Jika Anda seseorang yang bekerja pada dunia kreatif, umumnya perusahaan juga terbuka untuk menerima CV yang kreatif (misalnya menggunakan desain).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *