Tips menulis resume yang menarik (berlaku untuk fresh graduate dan profesional)

Tips menulis resume yang menarik (berlaku untuk fresh graduate dan profesional)

Tips menulis resume yang menarik – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lamaran, resume atau CV merupakan tiket masuk ke ruang interview, yang ini berarti proses mencari kerja menjadi satu langkah lebih dekat. Tidak dipungkiri selain pengalaman, dan portofolio yang banyak, tampilan atau kata-kata yang ada di dalam resume pelamar menjadi daya tarik si HRD, apabila resume tidak memiliki daya tarik bagi yang melihatnya maka kemungkinan besar resume dan dokumen lainnya hanya akan berakhir di tempat sampah, sekalipun itu adalah milik seorang profesional.

Resume dan dokumen pendukung lainnya juga merupakan akte yang bisa menjadi nilai jual pelamar kerja, jadi buatlah itu menjadi sangat menarik. Lalu bagaimana seharunya Resume atau CV itu ditulis? Jawabannya adalah tonjolkan keahlian anda yang dibutuhkan oleh perusahaan, berikan marking atau desain menarik kepada point tersebut, pastikan itu eyecatching agar terlihat. dan dibawah ini adalah tips menulis resume yang menarik baik untuk fresh graduate ataupun yang pengalaman.

5 Tips menulis resume yang menarik

1 ) Sederhana, menarik, dan menantang 

Menantang bukan berarti kita harus menggunakan kata yang sombong, tapi gunakan kata yang membuat orang penasaran terhadap CV anda seperti contoh “mengapa harus memilih saya” kemudian lanjutkan dengan sebabnya, dan benefit yang akan diterima perusahaan jika menerima anda.

Kemudian gunakan katakan yang sederhana dan umum, tidak terlalu ilmiah, istilah apalagi alias karena bisa saja yang membaca resume anda hanyalah seorang HRD, bukan user. Penggunaan kata sederhana dan penggalan kalimat seperti tadi akan membuat resume beda dan menarik.

2 ) Fokus kepada pencapaian bukan apa yang pernah dikerjakan

Pencapaian keberhasilan juga perlu diterangkan di resume, ini adalah nilai jual dan daya tarik seorang pelamar. Pencapaian pelamar di perusahaan sebelumnya merupakan lambang kesuksesan, apalagi bilsa dilampirkan juga portofolio atau bukti yang dapat melegalkan klaim pencapaian tersebut.

Reduksi yang menceritakan aktivitas di perusahaan yang lama pada halaman resume, karena itu hanya akan membuang-buang space, karena sebenarnya hal itu juga tidak terlalu diperdulikan oleh seorang HRD. Seorang pelamar akan mendapatkan pertanyaan tentang kegiatan dan aktivitasnya di perusahaan yang lama saat interview.

3 ) Gunakan kata kunci yang menggambarkan profesi anda

Seorang HRD hanya menggunakan 10 detik waktunya untuk membaca resume-resume yang tergeletak di meja kerjanya. Jika dalam kurun waktu 10 detik itu tidak membuatnya tertarik maka resume tersebut kemungkinan besar akhir berakhir di tempat sampah.

Untuk itu penegasan kata kunci yang mendeskripsi diri dan profesi pelamar itu sangat penting. Tipsnya adalah buat heading text nama lengkap anda, kemudian profesinya dibawah sebagai heading kedua. Dan yang terpenting juga gunakan garing (/) pada profesi seperti contoh, “markom/akunting/CSR” cukup pilih salah satu saja.

4 ) Gunakan statistik kuantitatif

Tips menulis resume yang menarik selanjutnya adalah menggunakan Grafik statistik sebagai data pendukung atas pencapaian anda. Grafik, angka, dan table bisa menjadi bukti kongkrit yang mudah dibaca oleh HRD.

5 ) Go digital atau melek teknologi

Sudah memasuki era digital dimana teknologi informasi adalah sebuah kiblat, perusahaan juga akan sangat tertarik kepada orang yang melek teknologi, oleh sebab itu tunjukan itu kepada HRD dengan salah satu caranya adalah Membuat juga portofolio online dalam bentuk website atau blog yang sesuai dengan profesi Anda pasti akan membantu Anda menonjol dari yang lainnya, jangan lupa gunakan desain web yang menarik dan elegan.

Demikian adalah tips menulis resume yang menarik yang bisa anda praktikan saat mengirim lamaran dan resume, baik itu secara langsung ataupun melalu situs portal pencarian kerja seperti jobstreet dan jobsDB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *