Aplikasi Absensi Karyawan dan Sistem Penggajian Terbaik

Aplikasi Absensi Karyawan dan Sistem Penggajian Terbaik

Aplikasi Absensi

3895
0
BERBAGI

HRD atau Human Resource Development merupakan salah satu komponen perusahaan yang memiliki peran sangat penting. Hal-hal yang berkaitan dengan karyawan adalah tanggung jawab Develompment ini. Oleh karena itu, hanya orang-orang yang teliti dan canggih lah yang bisa bekerja menjadi HRD.

Pekerjaan HRD diantaranya adalah menyimpan data karyawan, menghitung gaji, membuat jadwal absensi, dan banyak hal lainnya. Untuk sebuah perusahaan besar, mustahil rasanya bisa menyelesaikan semua pekerjaan tersebut secara manual.

Mereka membutuhkan sebuah aplikasi absensi dan juga aplikasi payroll terbaik supaya semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah.

Aplikasi Absensi dan Payroll yang Berkualitas dan Murah

cara-menghitung-gaji-karyawan

Proses payroll tidak hanya berkaitan dengan karyawan dan HRD perusahaan saja. Proses ini melibatkan banyak aspek yang saling berhubungan anatara karyawan, perusahaan, bahkan pemerintah. Apa yang berhubungan dengan pemerintah? Tentu saja potongan pajak setiap karyawan.

Terlebih lagi untuk permasalahan pajak ini tentu sangat sensitif. Jika seorang HRD tidak membayarkan pajak sesuai dengan ketentuan ke instansi terkait, Anda pun bisa mendapatkan denda, bahkan bisa sampai masuk penjara.

Hal inilah yang menjadikan sebuah aplikasi ini bermanfaat untuk Anda. Fitur apa saja yang ada pada aplikasi ini? Simak uraiannya berikut ini.

1 ) Time and Attedance

aplikasi-absensi-1

Aplikasi absensi yang berkualitas akan sangat efektif dalam pengelolaan jadwal secara langsung atau realtime. Fitur ini pun memungkinkan perusahaan dalam mengatur jadwal yang sesuai dengan shift dan waktu kerja.

Selain secara otomatis, aplikasi ini juga mampu mengatur jadwal secara manual, misalnya dengan membuat pergeseran custom, berulang, dan lain sebagainya.

Jadwal ini bisa diolah dengan mudah kapan pun melalui perangkat apa pun sehingga langsung bisa diperbarui serta ditampilkan langsung kepada para karyawan.

Masih berkaitan dengan aplikasi untuk absensi ini. Software yang berkualitas memiliki sistem cuti yang terintegrasi. Fenomena yang terjadi selama ini adalah bahwa manajemen cuti karyawan kurang terorganisir dan terkesan membuang waktu dan juga uang.

Tanpa manajemen yang jelas, karyawan mampu mengambil cuti sesuai dengan keinginan mereka. Dengan menggunakan sistem yang berkualitas seperti ini, Anda bisa menegakkan aturan dan kebijakan cuti kepada karyawan Anda.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola tarif harga yang khusus untuk mereka yang mau bekerja lembur selama liburan, lembur harian, setengah hari, hingga waktu off. Semuanya terintegrasi dengan baik menggunakan sistem ini.

Setelah membuat aturan, sistem yang berkualitas juga mampu menyimpan catatan yang akurat berkaitan dengan cuti berbayar, lembur, cacat kerja, dan lain sebagainya.

2 ) Payroll

software-penggajian-indonesia-6

Jika hal yang dijelaskan sebelumnya adalah berkaitan dengan aplikasi absensi, kali ini akan dibahas mengenai sistem aplikasi payroll. Payroll merupakan sistem payroll berbasis web yang sangat akurat dalam melakukan penghitungan gaji. Payroll berbasis web dapat dimanfaatkan secara otomatis dalam menangani gaji karyawan.

Untuk menentukan proses payroll tersebut, Anda bisa menggunakan formula yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Formula ini berkaitan dengan pemotongan pinjaman, absensi, pajak, bpjs, tunjangan, reimburse, dan lembur. Proses penghitungan semua ini dilakukan dengan sangat cepat dan akurat.

3 ) Human Resource Information System

software-payroll-indonesia-2

Aplikasi ini juga sangat berpengaruh dalam hal Human Resource Information System. Penanganan masalah absensi karyawan bisa diselesaikan dengan mudah. Seperti yang telah diketahui bersama, absensi karyawan yang tidak ditangani dengan benar akan menjadi masalah.

Penting sekali mengetahui apakah karyawan datang tepat waktu, terlambat, lebih awal, atau mengambil cuti. Jika permasalahan kehadiran karyawan ini tidak bisa ditangani dengan baik, ini akan menjadi masalah besar.

Untunglah dengan adanya aplikasi canggih ini semuanya bisa ditangani dengan baik. Semuanya bisa di integrasikan ke ponsel, pc, atau laptop dan bisa dilihat kapan saja.

Bagaimana Memilih Aplikasi Absensi dan Sistem Penggajian yang Terbaik?

software-penghitungan-gaji-2

Setelah mengetahui apa itu aplikasi absensi dan kinerja sistem payroll berbasis internet, saatnya Anda mencari tahu di mana Anda bisa mendapatkan aplikasi ini. Pada dasarnya, ada banyak penyedia aplikasi canggih ini di dunia maya.

Semuanya menawarkan hal-hal yang terbaik untuk memajukan perusahaan Anda. Akan tetapi, tidak semua software aplikasi ini berkualitas, bahkan ada juga yang hanya produk asal jadi yang mengakibatkan perusahaan merugi.

Karena ini berkaitan dengan perkembangan perusahaan, Anda harus jeli memilih aplikasi p dan absensi ini. Beberapa pertimbangan harus dilakukan untuk mendapatkan aplikasi yang terbaik. Berikut adalah sedikit cara atau tips dalam memilih perangkat lunak payroll berbasis internet.

1 ) Pastikan Anda mendapatkan aplikasi payroll di perusahaan multimedia profesional

Perusahaan multimedia yang menyediakan aplikasi absensi berkualitas bisa dilihat dari konten situs webnya. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang multimedia, perusahaan ini harus mempunyai website yang user friendly dengan konten yang jelas.

Semua informasi yang ada dalam web harus akurat dan terpercaya. Penyedia aplikasi canggih yang profesional juga mau memberikan pelatihan dan uji coba gratis untuk calon pembeli.

2 ) Pastikan aplikasi sudah digunakan bertahun-tahun dan terpercaya

Hal ini bisa dilihat dari testimoni yang ada pada situs web. Menampilkan testimoni memang mudah. Akan tetapi, untuk memastikan apakah testimoni tersebut benar-benar valid, itulah hal yang sulit. Testimoni yang valid biasanya dilengkapi dengan alamat URL dari setiap orang yang memberikan testimoni.

3 ) Pastikan perangkat lunak tersebut memiliki modul penghitungan gaji yang lengkap

Modul penghitungan gaji yang lengkap berkaitan dengan absensi, cuti, pajak, dan hal-hal lainnya. Anda bisa melihat keterangannya pada fitur-fitur yang dijelaskan dalam website. Pahami benar apa yang dijelaskan dalam website, bila perlu tanyakan kepada pihak pengelola untuk memastikan fitur-fiturnya.

4 ) Pilihlah aplikasi yang mudah dioperasikan

Sistem aplikasi absensi ini merupakan sistem baru yang butuh dipelajari. Agar tidak kesusahan, pastikan Anda memilih aplikasi yang mudah dipahami sehingga Anda pun tidak kebingungan untuk menjalankannya.

5 ) Pastikan program memiliki setting yang fleksibel atau formula yang dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan.

Kondisi antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain memang tidaklah sama. Oleh karena itu, meskipun menggunakan aplikasi absensi dan sistem penggajian yang sama, formulanya tetap harus berbeda.

Patikan Anda memilih software dengan formula yang fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam memilih perangkat lunak absensi dan sistem penggajian yang terbaik.

Demikian adalah mengenai aplikasi penggajian dan absensi yang wajib Anda ketahui. Program administrasi perusahaan seperti ini memang wajib dimiliki oleh perusahaan besar.

Dengan adanya program perangkat lunak ini, kinerja HR akan semakin ringan. Sumber daya manusia atau karyawan yang ditangani dengan baik tentu akan mampu memajukan perusahaan.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih aplikasi absensi yang berkualitas sehingga dapat menunjang segala kinerja HRD. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY