5 Instrumen Investasi Jangka Panjang Terbaik Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan

5 Instrumen Investasi Jangka Panjang Terbaik Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan

Investasi jangka panjang terbaik – Mencapai posisi kebebasan keuangan bisa dibilang secara tidak sadar adalah mimpi dari semua orang. Kebebasan keuangan adalah ketika Anda tidak perlu lagi bekerja untuk uang, namun segala kebutuhan dan keinginan bisa terpenuhi karena justru uang yang Anda investasikanlah yang bekerja keras. 

Menurut Robert T Kiyosaki penulis buku best seller “Rich Dad Poor Dad”, dalam bukunya yang lain yakni “Quadrant Cashflow” ia mengatakan financial freedom hanya mungkin bisa diraih jika Anda berada di kuadran “B” (Big business owner) dan “I” (Investor). 

Dan sangat sulit tercapai jika Anda di kuadran “E” (employee) dan S (self employee / small business owner) karena Anda masih harus berusaha atau kerja keras untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karenanya kecerdasan keuangan dibutuhkan bagi orang yang ingin meraih cita-citanya untuk bebas secara finansial. 

Berinvestasi menjadi jalan terbaik untuk meraih masa depan yang lebih baik, tidak kekurangan untuk kebutuhan hidup, dan tidak kehabisan uang untuk menikmati manisnya kehidupan. Oleh karenanya pada artikel kali ini akan membahas 5 instrumen investasi jangka panjang terbaik. Berikut adalah ulasannya. 

Baca juga : Apa Itu Strategi Brand Authority ? Dan Pentingnya Bagi Produk Perusahaan

5 Investasi Jangka Panjang Terbaik

1 ) Reksa dana Saham

Yang pertama ada Reksa dana Saham bisa dibilang ini adalah instrumen investasi jangka panjang dengan risiko rendah dan cukup aman bagi orang yang baru pertama kali ingin berinvestasi di sektor saham. 

Perbedaan saham dengan Reksa dana adalah apabila saham dikelola oleh Anda sendiri, dan bebas menjual dan membeli saham dengan prediksi sendiri sedangkan Reksa dana saham dana yang Anda investasikan di sebuah perusahaan dikelola oleh manajer investasi yang ahli dalam menyalurkan Dana investasi Anda. 

Keuntungan memiliki Manajer investasi adalah Anda tidak perlu susah-susah memantau pergerakan saham, risiko rendah dan ROI (return of investment) nya juga hampir pasti setiap tahunnya. Semakin Anda sabar menunggu investasi Anda berkembang di Reksa dana maka kemungkinan mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga semakin tinggi. 

“Lalu bagaimana saya bisa membeli Reksa dana saham?” saat ini ada banyak sekali Bank sekuritas yang bisa Anda jadikan pilihan, dan memiliki aplikasi di smartphone yang memudahkan Anda dalam membeli Reksa dana dan juga top dana. 

Salah satu Bank sekuritas yang bisa Anda coba dengan aplikasi yang bagus seperti Ajaib atau Bibit. Disana Anda bisa membeli banyak investasi tidak hanya Reksa dana saja, dan pendaftaran pun bisa dilakukan secara online. Mudah bukan.

2 ) Saham 

Saham adalah surat kepemilikan di sebuah perusahaan, dan surat ini biasa dijual per 1 lembar dan minimal membeli 1 lot atau 100 lembar. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan membeli saham Anda bisa menjadi manajer investasi bagi diri sendiri dan membangun portofolio investasi.

Keuntungan yang ditawarkan di instrumen ini juga tinggi, namun resikonya mulai dari sedang sampai tinggi, karena sangat bergantung pada pasar, kondisi keuangan, sampai geopolitik. Dan ada 3 hal penting yang perlu Anda miliki jika ingin bermain saham. 

Memiliki kemampuan analisis fundamental

Analisis fundamental adalah adalah kemampuan membaca laporan keuangan perusahaan dengan tepat dan membuat perencanaan untuk masa depan. Ini adalah keterampilan yang wajib dipelajari bagi setiap calon investor, karena Anda tidak bisa membeli saham tanpa didasari analisis, karena jika salah melakukan analisa maka resiko cut loss sangat besar.

Pilih perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang bagus, memiliki masa depan, tidak memiliki banyak hutang, memiliki laba, dan yang terpenting terus berinovasi untuk membesarkan bisnis mereka. 

Mengenali kemapanan perusahaan

Berinvestasilah ke perusahaan yang memiliki ketahanan yang baik, baik dari segi manajemen, keuangan, cashflow dan kemampuan bertahan dari masa-masa sulit seperti saat pandemi ini. Ini penting karena saham Anda menjadi taruhannya, karena apabila perusahaan tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi krisis maka mereka akan mengalami kebangkrutan. 

Bagaimana kita bisa menganalisis bahwa perusahaan ini memiliki pondasi dan kemampuan untuk keluar saat masa krisis tiba? , tentunya pertama kembali pada analisis fundamental, orientasi bisnis apakah memiliki masa depan yang baik atau tidak, lihat industrinya apakah salah satu yang dibutuhkan oleh pasar di masa depan atau tidak. 

Baca juga : Pentingnya Work Life Balance, Dan Cara Mencapainya

Saham blue chip

Memiliki saham blue chip adalah hal yang penting saat Anda berinvestasi di saham, Anda bisa saja membuat porsi dalam membagi dana untuk berinvestasi perusahaan unggulan dan perusahaan yang baru go public. 

Namun sangat direkomendasikan Anda memiliki saham blue chip atau saham unggulan yang berpengaruh besar pada nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia, dengan kapitalisasi minimal 40 triliun. 

Walau tak selamanya portofolio saham Anda harus terpaku pada saham unggulan, Anda juga perlu mencoba saham biasa dan belajar Trading untuk mendapatkan keuntungan yang cepat. Namun saham-saham unggulan harus Anda miliki sebagai fondasi portofolio saham yang kuat.

3 ) Obligasi 

Investasi jangka panjang terbaik selanjutnya ada Obligasi. Obligasi adalah surat utang jangka menengah dan jangka panjang yang dapat diperjual belikan. Untuk bisa membeli obligasi Anda harus melakukan penawaran terbuka.

Ada 2 jenis obligasi yang bisa dijadikan pilihan, yakni obligasi yang diterbitkan pemerintah dan juga perusahaan. Imbal hasil yang bisa di dapatkan dari obligasi bisa mencapai 6% per tahun dan dikurangi pajak sebesar 15%.

Untuk obligasi jangka panjang yang mencapai 10 tahun lebih direkomendasikan untuk memilih yang diterbitkan oleh pemerintah, alasannya karena pemerintah memiliki kas cadangan untuk membayarkan surat hutangnya.  

4 ) Properti / Real estate

Selanjutnya investasi jangka panjang terbaik adalah bisnis properti atau real estate, sudah bukan rahasia bahwa harga bangunan diatas lahan selalu mengalami kenaikan, bahkan di beberapa daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, kenaikannya sangat tinggi. Yang membuat properti atau real estate adalah investasi yang menjanjikan. 

Sayangnya untuk berinvestasi di sektor ini Anda wajib memiliki modal atau pinjaman yang besar, dengan risiko yang tinggi karena peluangnya sangat akrobatik, bisa meroket ke atas atau terjun bebas ke bawah. 

Bila properti tidak didapatkan dengan cara yang baik, maka akan hanya menjadi liabilitas atau pengeluaran yang harus dibayarkan. Oleh karenanya properti walau bisa dibilang investasi yang memberikan keuntungan yang besar, namun bukan pilihan utama bagi pemula karena sangat berisiko dan modalnya besar. 

Baca juga : Apa Itu Unicorn & Decacorn ? Berikut Adalah Penjelasannya!

5 ) P2P lending (peer to peer)

P2P lending adalah layanan jasa keuangan untuk memberi pinjaman dari pemodal dengan penerima pinjaman yang diatur dalam perjanjian dan ketentuan meminjam, dan dana yang dipinjamkan digunakan dalam rangka menjalankan bisnis. 

P2P lending juga menawarkan keuntungan dalam jangka pendek, dan tentunya jangka panjang. salah satu P2P yang terpercaya dan bisa Anda gunakan adalah Modal Rakyat, karena sudah dijamin dan mendapatkan izin resmi dari OJK.

Demikian adalah 5 instrumen investasi jangka panjang terbaik yang bisa Anda coba, namun kehati-hatian dan keterampilan investasi juga perlu diperdalam. Karena walau 5 instrumen investasi diatas adalah yang terbaik, namun investasi yang paling penting adalah kecerdasan kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *