Apa Itu Strategi Brand Authority ? Dan Pentingnya Bagi Produk Perusahaan

Apa Itu Strategi Brand Authority ? Dan Pentingnya Bagi Produk Perusahaan

Dalam dunia pemasaran atau marketing Brand authority adalah sebuah istilah yang familiar dan wajib untuk dipahami oleh para marketer. Brand authority adalah strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan klien atau pasar terhadap sebuah merek atau produk.

Memiliki Brand authority yang tinggi meningkatkan prospek bisnis perusahaan serta meningkatkan Return Of Investment (ROI). Brand authority menjadi prioritas dalam strategi marketing, baik itu konvensional maupun digital. 

Oleh karenanya bagi marketing memahami dan menerapkan strategi brand authority dalam upaya pemasaran merek atau brand menjadi penting dan bahkan wajib. Dan pada artikel ini adalah penjelasan mengenai brand authority itu sendiri dan juga dampaknya bagi brand dan perusahaan. 

Apa itu Brand Authority ?

Disadur dari laman loomly, brand authority adalah kemampuan perusahaan untuk mempengaruhi industri. Sedangkan definisi lain brand authority adalah kekuatan brand/produk dalam menarik pasar dan mendapatkan kepercayaan.

Strategi brand authority berbicara tentang bagaimana sebuah brand melekat di hati dan pikiran pasarnya, ini berkenaan tentang citra positif yang dihasilkan dari kepercayaan pelanggan yang diberikan karena kepuasan mereka menggunakan produk perusahaan. 

Kita juga bisa mengaitkan ini dengan reputasi yang telah dibangun karena beberapa faktor mulai dari produk, pelayanan, jaminan yang diberikan oleh perusahaan dan lainnya

Ketika Brand authority sudah didapatkan maka dengan otomatis nama merek atau produk tersebut menjadi salah satu top of mind di kepala masyarakat, yang dikenal sebagai penyedia solusi terbaik bagi dirinya. 

Baca juga : Pentingnya menghargai karyawan, dan manfaatnya bagi perusahaan (tips manajemen SDM)

Menjadi pilihan utama di hati masyarakat adalah keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan atau produk itu sendiri, karena sudah mendapatkan kepercayaan produk itu bisa dengan sendirinya laris di pasar. 

Dan memberikan keuntungan bagi perusahaan untuk terus fokus dalam pengembangan produk dan peningkatan pelayanan untuk konsumen. 

Dan seiring dengan perkembangan zaman menjalankan strategi brand authority dipermudah dengan jaringan yang sudah online, dan beriklan melalui digital juga lebih mudah, murah, dan efisien. 

Namun walau dewasa ini beriklan untuk branding produk lebih mudah dan murah, tapi tantangan yang lainnya adalah tingkat persaingan dengan kompetitor yang juga semakin tinggi, atau justru populasi semakin banyak.

Diperlukan strategi yang unik dan kreatif agar materi mendapat perhatian dari pasar, serta membuat materi yang efisien agar pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca tersampaikan dengan baik. 

Berikut adalah cara melakukan strategi brand authority

Secara umum untuk memulai brand authority dimulai dengan meningkatkan visibilitas nama bisnis, produk atau brand. Banyak cara untuk bisa mendapatkannya, mulai dari SEO (search engine optimization), iklan berbayar di internet, endorsement dan lainnya.

1 ) Fokus pada konten website / media sosial

Salah satu cara paling mudah dan efisien untuk meningkatkan brand authority adalah aktif dan fokus pada konten baik di media sosial atau website.

Dengan aktif dalam jaringan akan meningkatkan trust (kepercayaan) terhadap sebuah produk, dan memberikan knowledge (pengetahuan) untuk pelanggan. Yang mana trust adalah kunci mendapatkan loyalitas pelanggan, sedangkan knowledge membantu produk dikenal oleh pelanggan.

Publisitas di ranah publik adalah kunci utama untuk meningkatkan otoritas dari sebuah brand, buat perencanaan dan materi yang tepat untuk bisa mendapatkan perhatian dari khalayak. 

2 ) Brand voice

Brand voice adalah istilah yang digunakan untuk interaksi antara produk/brand dengan pelanggan, semakin aktif semua brand berkomunikasi dengan para pelanggannya maka akan meningkatkan loyalitasnya terhadap brand tersebut.

Brand voice membantu brand dalam meningkatkan minat khalayak terhadap produk yang ditawarkan, ini bisa terjadi apabila interaksi antara keduanya intens. 

Dalam dunia nyata brand voice yang baik tersebar melalui mulut ke mulut, informasinya begitu sangat dekat karena mereka mendengar brand voice melalui orang terdekatnya, sehingga bisa lebih mudah untuk dipercaya. 

Dalam dunia digital Brand voice dibangun melalui campaign, melalui agen yang berbicara dan berkomunikasi dengan khalayak. Semakin aktif menerapkan brand voice maka semakin cepat juga orang mengerti tentang brand perusahaan.

Baca juga : Apa Itu Unicorn & Decacorn ? Berikut Adalah Penjelasannya! 

3 ) Sebarkan campaign/pesan dengan konsisten

Seperti yang dikatakan di awal brand authority adalah upaya untuk mendapatkan kepercayaan di masyarakat, dan produk Anda dipilih sebagai pilihan utama. Ini bisa tercapai bila s 2 upaya sebelumnya dijalankan dengan konsisten.

Konsisten untuk terus menyampaikan pesan, konsisten untuk terus kreatif dalam membuat campaign, konsisten untuk terus dekat dengan khalayak, dan konsisten dalam menjaga hubungan/komunikasi dengan pelanggan.

Dan tidak kalah penting konsisten dalam meningkatkan kemampuan produk atau layanan, sehingga menjadi sebuah nama yang bisa diandalkan. 

Demikian adalah pemahaman mengenai brand authority, dan mengapa perusahaan perlu menerapkan hal ini apabila nama brand atau produk menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *