5 Alasan Pentingnya Software Akuntansi untuk Keuangan Bisnis

5 Alasan Pentingnya Software Akuntansi untuk Keuangan Bisnis

Seiring dengan perkembangnya teknologi digital membuat banyak orang berani untuk memulai suatu bisnis. Hal ini dikarenakan dengan perkembangan teknologi membuat berbagai kesempatan dalam berbisnis juga ikut berkembang, salah satunya adalah dengan berbisnis secara online.

Apakah Anda termasuk orang yang tertarik dengan bisnis online ini? Atau mungkin Anda sudah menjadi bagian dari bisnis online ini? Buat Anda yang sudah memulai bisnis pasti tahu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam bisnis, salah satunya adalah keuangan bisnis.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan bisnis ini dan cara termudahnya adalah dengan software akuntansi. Buat Anda yang belum mengetahui tentang software akuntansi, berikut pengertian dan pentingnya software akuntansi untuk keuangan bisnis:

Pengertian Software Akuntansi

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis pasti sudah tidak asing dengan pengelolaan keuangan dengan cara manual ataupun dengan Microsoft Excel.

Namun banyak yang masih asing dengan software akuntansi. Apa sih sebenarnya software akuntansi ini? Software akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang di dalamnya dilengkapi fitur-fitur akuntansi yang akan membantu penggunanya dalam melakukan pengelolaan keuangan.

Fitur-fitur yang ada di dalam software akuntansi antara lain invoice, purchasing order, aset tetap, inventory, biaya, hingga laporan. Dengan software akuntansi ini Anda juga tidak perlu membuat laporan keuangan secara manual software akuntansi akan memprosesnya secara otomatis setelah Anda melakukan input data.

5 Alasan Pentingnya Software Akuntansi

Buat Anda yang belum pernah menggunakan software akuntansi, pasti perlu waktu untuk memikirkan akan menggunakan software akuntansi atau tidak. Berikut 5 alasan pentingnya software akuntansi untuk keuangan bisnis Anda:

1. Untuk Melakukan Kontrol Keuangan

Software akuntansi dilengkapi dengan ftur-fitur yang akan memudahkan untuk melakukan kontrol keuangan bisnis. Hal ini dikarenakan Anda dapat melakukan berbagai kebutuhan keuangan bisnis secara otomatis.

Buat Anda yang masih baru menggunakan software akynatnsi juga tidak perlu khawatir karena fitur-fitur software akuntansi sangat sederhana dan mudah dimengerti. Dengan software akuntansi ini Anda dapat melakukan semua control keuangan tanpa harus membayar jasa akuntan.

2. Agar Lebih Menghemat Pengeluaran

Alasan kedua kenapa Anda harus menggunakan software akuntansi adalah dengan software akuntansi Anda dapat lebih menghemat pengeluaran. Penghematan ini terjadi karena Anda tidak perlu melakukan outsourching manajemen keuangan kepada pihak luar.

Dengan software akuntansi Anda juga dapat menghemat anggaran untuk percetakan dan untuk biaya penyimpanan dokumen karena dengan software akuntansi data-data keuangan bisnis Anda akan tersimpan dengan aman.

3. Data Software Akuntansi Lebih Akurat

Software akuntansi juga dapat menghindari terjadinya human error atau kesalahan manusia yang biasnaya terjadi ketika melakukan penginputan data.

Padahal jika sampai terjadi kesalahan penginputan data, dapat menyebabkan masalah yang tidak sepele dan sangat mempengaruhi bisnis itu sendiri. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan software akuntansi.

4. Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Software akuntansi juga akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan bisnis karena di software akuntansi Anda akan mendapatkan angka yang mudah untuk dipahami.

5. Menjaga Keamanan Data Keuangan

Beberapa jenis software akuntansi menggunakan penyimpanan berbasi cloud dengan server di internet yang tentunya lebih aman dibanding menggunakan penyimpanan komputer.

Ini dikarenakan dengan penyimpanan cloud data-data keuangan akan tetap aman meski terjadi sesuatu pada perangkat komputer atau laptop. Jadi, informasi penting terkait bisnis atau perusahaan dapat terjaga dengan aman.

Fitur Penting yang Ada di Software Akuntansi

Untuk memaksimalkan kegunaan dari software akuntansi, ada fitur-fitur yang harus ada di software akuntansi. Apa saja fitur-fitur tersebut?

1 ) Invoice

Fitur pertama yang harus ada dalam software akuntansi adalah fitur invoice. Dengan fitur invoice ini, Anda dapat membuat invoice dengan cepat yaitu tinggal memasukan data dan invoice dapat langsung diunduh. Invoice ini dapat Anda gunakan untuk melakukan penagihan kepada pelanggan yang membeli produk secara kredit.

2 ) Purchasing Order

Selain invoice, purchasing order juga menjadi fitur penting di software akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Dengan fitur purchasing ini Anda dapat melacak pemesanan dan juga pembelian secara mudah, dilengkapi dengan harga dan dokumen yang mendukungnya.

3 ) Biaya

Fitur biaya yang ada di software akuntansi akan memudahkan Anda dalam mencatat pengeluaran dan juga melacak pos pengeluaran secara rinci. Dengan fitur biaya ini Anda tidak perlu menumpuk kuitansi pembayaran dan bisa melakukan semua pencatatan di fitur biaya.

4 ) Aset Tetap

Ingin melakukan pelacakan aset tetap tanpa ribet? Software akuntansi dapat membantu Anda melakukannya dengan sangat mudah. Tidak hanya melacak aset tetap, dengan software akuntansi Anda juga dapat mendepresiasi aset secara otomatis dan juga mendapatkan laporan aset yang dimiliki secara realtime.

5 ) Laporan

Fitur terakhir yang juga harus ada di software akuntansi adalah fitur laporan. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam membuat laporan, baik itu untuk melihat pengeluaran, produk paling laris, hingga saldo bank.

Temukan Semua Fitur Terbaik di Software Akuntansi Kledo

Setelah membahas semua tentang fitur terbaik yang harus ada di software akuntansi, sekarang saatnya Anda memilih software akuntansi terbaik untuk keuangan bisnis.

Salah satu software akuntansi yang direkomendasikan untuk pengelolaan keuangan bisnis adalah software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi fitur-fitur terbaik yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Tidak hanya itu, Kledo juga menyediakan 3 paket, salah satunya adalah paket gratis selamanya yang dapat Anda gunakan tanpa membayar sepeser pun.

Inilah tadi 5 alasan pentingnya software akuntansi bagi bisnis. Buat Anda yang belum menggunakan software akuntansi untuk pengelolaan bisnis, tidak ada salahnya mulai menggunakannya dari sekarang. Anda bisa memilih software akuntansi gratis dan manfaatkan dengan baik fitur-fitur yang ada di sana agar bisnis yang Anda kelola dapat meraih kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *