fbpx
Tips lulus masa probation (percobaan kerja). SUKSES!

Tips lulus masa probation (percobaan kerja). SUKSES!

Tips lulus masa probation – Menurut BreatheHR, Probation adalah masa percobaan calon karyawan atau pekerja dimana seseorang yang berada dalam fase ini (probation) terbebas dari ikatan kontrak tertentu. 

Fase percobaan kerja ini merupakan masa dimana seorang atasan, supervisor, manajer, atau direktur melakukan penilaian yang menentukan apakah yang bersangkutan pantas di kontrak sebagai karyawan di perusahaannya. 

Masa percobaan kerja sendiri menurut UU ketenagakerjaan pasal 60 paling lama adalah tiga bulan lamanya, setelahnya perusahaan harus memberikan keputusan tentang nasib si kandidat, apakah lanjut atau tidak. 

Manfaat dari fase probation atau masa percobaan kerja bisa dirasakan oleh kedua belah pihak, baik itu pemberi kerja ataupun penerima upah. Di fase ini keduanya bisa saling mengenal satu sama lain, tentang ritme kerja perusahaan dan kualitas pekerjaan si kandidat. 

Dengan adanya fase ini kedua pihak bisa sama-sama terpuaskan, apabila salah satu tidak merasa puas atas performa pihak lainnya, maka masa percobaan kerja bisa diakhiri dan tidak akan dilanjutkan ke kontrak kerja yang lebih serius.

Tetapi tidak sedikit kandidat yang gagal dalam fase probation ini, akibatnya mereka tidak mendapatkan kontrak kerja atau diterima sebagai karyawan. Banyak hal sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi. 

Mulai dari kualitas pekerjaan yang tidak mengesankan, tidak dapat mengikuti peraturan perusahaan, tidak dapat menjaga konsistensi selama masa percobaan, tidak disiplin, atau tidak dapat mencapai target. 

Baca juga : Kerja Remote: Definisi, Keuntungan serta Tips Menjalankannya

Namun walau demikian banyak kandidat juga yang lulus masa percobaan ini, karena mereka benar-benar mencapai apa yang perusahaan inginkan dari dirinya sebagai karyawan. Nah berikut ini adalah tips lulus masa probation yang bisa kamu terapkan, check it out!

Tips lulus probation (masa percobaan kerja) di perusahaan

1 ) Paham dengan deskripsi pekerjaan kamu

tips lulus probation

Yang paling penting untuk kamu pahami selama masa probation di perusahaan adalah mengerti betul tugas dan kewajiban yang dibebankan kepada kamu. Karena hanya dengan menyelesaikan pekerjaan dengan baik kamu bisa lulus ujian ini. 

Maka fokuslah pada tugas dan apa yang harus kamu capai dalam masa itu, hal tersebut adalah merupakan kunci utama untuk sukses selama masa probation. 

Kamu juga bisa melakukan sedikit improvisasi untuk menarik perhatian atasan, dengan menciptakan gol-gol sendiri yang diatas standar yang diberikan oleh kamu. Dengan begitu kamu bisa membuat atasan terkesan dan membuka peluang besar untuk lulus dari tahap percobaan ini. 

Namun yang perlu diingat jangan terlalu terlena dengan improvisasi yang kamu buat, selalu berada di benang merah dan sistem kerja perusahaan. 

2 ) Bekerja dengan profesional

tips lulus probation

Apabila atasan memberikan 10 target kepada kamu dalam waktu 3 bulan, maka selesaikanlah semua targetnya dalam waktu 3 bulan. Dan berikan performa yang konsisten sehingga kamu memiliki reputasi yang bagus, baik itu di mata atasan ataupun rekan kerja. 

Dilansir dari ekrut kurang lebih 38 persen orang yang ada dalam probation mengalami kegagalan karena bermasalah pada manajemen waktu mereka, yang mempengaruhi kualitas kerja mereka. Ditambah lagi hasil dari pekerjaannya tidak memuaskan atau tidak mencapai target. 

Jadi jika ingin lulus masa probation bekerjalah profesional, datang tepat waktu, selesaikan tugas yang diberikan, konsisten, serta berdedikasi terhadap profesi yang kamu tekuni. 

3 ) Teruslah termotivasi 

Banyak kandidat yang hebat namun mereka tetap gagal melalui masa percobaan kerja, padahal memiliki kualitas pekerjaan yang sangat baik, namun karena kehilangan motivasi membuat dirinya kehilangan semangat dan juga kehilangan arah. 

Teruslah motivasi dirimu agar tetap berada di performa terbaik, ingatlah tujuan dari masa percobaan kerja ini yaitu karir di perusahaan, gaji yang pantas, fasilitas yang mendukung serta kesejahteraan hidup. 

Setiap orang memiliki motivasi mereka masing-masing, oleh karenanya carilah sesuatu yang dapat membuat kamu tetap semangat menjalani karir ini. Seseorang yang tidak memiliki motivasi maka ia akan kehilangan tujuan, dan akan membuatnya kehilangan hasrat dalam menjalani suatu pekerjaan. 

Baca juga : Officeless System, Kerja Kekinian Tanpa Harus Ke Kantor

4 ) Bekerja dengan tim/rekan kerja

tips lulus probation

Perusahaan bisa sukses dan maju karena orang didalamnya bisa bekerja sama dan bergotong-royong dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan. Orang-orang seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. 

Mainkan peran kamu secara baik dalam sebuah tim, dan jaga komunikasi dengan rekan kerja kamu, semua atasan baik itu manajer atau direktur selalu menginginkan orang-orang yang mampu bekerja sama dengan tim dalam suatu arahan. 

Oleh karenanya jika kamu ingin sukses melalui masa probation ini, kamu harus bisa bekerja sama dengan rekan kerja. Dan kamu juga bisa belajar dengan para senior di perusahaan tersebut. 

Nantinya pendapat dari rekan satu tim juga akan menentukan nasib kamu di perusahaan tersebut, karena pendapat tim juga menjadi salah satu bahan penilaian untuk atasan. 

5 ) Ikuti budaya kantor

Tips lulus probation yang terakhir dan sama pentingnya adalah mengikuti budaya kantor, dari hal yang paling sederhana seperti gaya berpakaian sampai mainan teman-teman di kantor. 

Walau terdengar tidak penting, namun dengan mengakrabkan diri dengan rekan kerja melalui pendekatan budaya memang terbukti jitu, dan tentu manfaatnya meningkatkan kemistri anda dengan rekan atau tim kerja, sehingga dapat menunjang pekerjaan. 

Demikian adalah tips lulus probation dari blog.payrollbozz.com yang bisa kamu terapkan, dan semoga berhasil menjalani masa percobaan kerja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *