fbpx
Apa Itu NGO/LSM ? Dan Jenis-Jenis Organisasi Non Pemerintah

Apa Itu NGO/LSM ? Dan Jenis-Jenis Organisasi Non Pemerintah

Banyak dari kita mungkin sering mendengar isitlah NGO (Non-government organization) atau organisasi non pemerintah. Namun belum tahu apa itu yang dimaksud dengan NGO?. NGO adalah sebuah organisasi non pemerintah yang berarti tidak dalam arahan badan atau institusi milik Negara yang dikendalikan pemerintah. 

NGO digerakan oleh sekelompok relawan ataupun pihak swasta yang mengabdikan pekerjaannya untuk kebutuhan orang lain, ataupun lingkungan. 

Awalnya NGO atau yang biasa disebut LSM (lembaga swadaya masyarakat) hanya mengisi ruang kosong di masyarakat dan lingkungan yang tidak diisi oleh pemerintah, Namun seiring berjalannya waktu NGO berkembang dan jumlah semakin banyak. 

Salah satu jenis NGO adalah lembaga bantuan hukum (LBH), yang mungkin sering kita jumpai di kampus-kampus yang memiliki fakultas hukum, tugasnya adalah untuk membantu orang yang membutuhkan bimbingan hukum. Ada juga Indonesia corruption watch (ICW) organisasi Non-pemerintah yang bertugas mengawasi pemberantasan korupsi di Indonesia. 

Dari sini kita mengetahui NGO adalah sebuah organisasi yang tidak mengejar profit / keuntungan, dan fokus kepada isu. Selain LBH dan ICW yang berfokus kepada advokasi hukum dan korupsi, masih banyak jenis-jenis NGO lainnya yang perlu kita ketahui, yuk disimak!

Jenis-jenis NGO atau Organisasi Non-Pemerintah

1 ) Pendidikan dan kesehatan masyarakat

blank

Yang pertama selain bidang Advokasi dan hukum ada NGO yang bergerak dalam pendidikan dan kesehatan masyrakat. Yang mengurusi fasilitasi pendidikan, kesehatan, vaksinasi, rehabilitasi dari ketergantungan obat-obatan dan lainnya. 

Salah satu contoh NGO yang bergerak di bidang ini adalah LSM lidikkes (lembaga swadaya masyarakat peduli pendidikan & Kesehatan)

2 ) Lingkungan hidup

blank

Selain advokasi dan hukum, NGO yang bergerak di bidang lingkungan hidup juga salah organisasi non-pemerintah yang kini mengalami perkembangan, seiring maraknya isu ‘cilmate change’. 

Umumnya NGO jenis ini fokus kepada normalisasi normalisasi lingkungan, udara dan air, salah satu NGO terbesar dan paling tua yang mengurusi hal ini adalah Greenpeace sejak 1971.

3 ) Perlindungan anak dan perempuan

blank

Jenis NGO ini fokus kepada penanganan kasus kekerasan anak dan perempuan, mulai dari kampanye, perlindungan hukum, konsultasi sampai pemulihan trauma akibat kekerasan. 

Salah satu contoh NGO yang membidangi ini adalah  LPAI (lembaga perlindungan anak Indonesia) dan Perempuan Mahardika

Baca juga : Apa Itu Tapera? Dan Manfaatnya Bagi Masyarakat

4 ) Sosial Masyarakat

blank

Selanjutnya ada NGO yang mengurusi isu sosial masyarakat, yang cangkupannya cukup luas. Mulai dari tuna wisma, kenakalan/kejahatan remaja, prostitusi, pertanahan dan konflik sosial seperti etnis minoritas yang ada di masyarakat. 

Salah satu NGO sosial masyarakat adalah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), yang memiliki visi untuk mensejahterakan masyarakat adat diseluruh Indonesia. 

5 ) Pengembangan dan infrastruktur

blank

Jenis NGO yang satu ini fokus pada bidang pembangunan infrastruktur seperti jalan, fasilitas pendidikan & kesehatan, perumahan rakyat, pusat budaya, pertanian dan kelautan. Organisasi Non-pemerintah ini bekerja memastikan semua kebutuhan untuk kesejahteraan terpenuhi oleh Negara. 

6 ) Ekonomi

Yang terakhir ada NGO yang bergerak pada bidang ekonomi, khususnya ekonomi rakyat. Mereka bergerak untuk membantu mengurusi pinjaman untuk usaha mikro atau UMKM.

Serta pelatihan kerja/profesional, pembentukan koperasi, memberikan konsultasi keuangan, pengembangan karir sampai melakukan kegiatan yang dapat menggerakan roda ekonomi seperti mengadakan bazar. 

Salah satu contoh NGO atau LSM yang bergerak dalam bidang ini adalah Bina Ekonomi Sosial Terpadu disingkat B.E.S.T sejak tahun 1995.

Pada intinya NGO adalah sebuah organisasi yang datang dari masyarakat untuk menangani bidang-bidang seperti sosial, lingkungan dan ekonomi. NGO atau LSM juga dapat dibiayai oleh lembaga Negara ataupun Kementrian, namun pengelolaannya dilakukan secara mandiri dan independen.

Demikian adalah definisi NGO dan jenis-jenisnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Jangan lupa untuk berlangganan artikel Matur.id supaya kamu gak ketinggalan update-update menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *