fbpx
Pengertian Remote Working & Keuntungannya Bagi Perusahaan Serta Karyawan

Pengertian Remote Working & Keuntungannya Bagi Perusahaan Serta Karyawan

Pengertian remote working – remote working adalah sebuah pekerjaan ada jenis bekerja yang dapat dilakukan tanpa harus pergi ke kantor, dengan mengandalkan jaringan komunikasi baik itu panggilan suara, panggilan suara video, mengandalkan jaringan internet atau Cloud systems. 

Secara garis besar remote working memungkinkan seseorang bekerja dari jarak jauh, dan dapat dilakukan di lokasi yang berbagai macam seperti cafe, rumah, co-working space, taman atau tempat-tempat lainnya yang nyaman untuk bekerja. 

Budaya bekerja jarak jauh semakin digandrungi seiring dengan pembatasan berkumpul akibat pandemi Covid19, serta didukung dengan perangkat dan jaringan yang semakin memudahkan seseorang untuk bertemu secara virtual, baik antar individu maupun massal seperti seminar, teleconference, dan lainnya. 

Dan banyak perusahaan yang mulai merasakan benefit dari remote working ini, walaupun tidak sedikit juga yang merasa kesulitan dalam beradaptasi. Namun sebenarnya apa saja sih yang menjadi keuntungan bekerja jarak jauh atau remote working ,mari kita lihat ulasannya. 

Keuntungan Menerapkan Remote Working / Bekerja Jarak Jauh 

Keuntungan Bagi Perusahaan

blank

Hemat Biaya Operasional

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwasannya Remote Working adalah kerja jarak jauh yang memungkinkan seseorang bekerja dari mana saja, ternyata justru menghemat biaya operasional yang harus dikeluarkan saat  Work From Office. 

Seperti biaya listrik, air, makanan, maintenance AC, biaya parkir kendaraan dan masih banyak lainnya. Walau tidak semua sektor pekerjaan dapat dilakukan jarak jauh, namun hal ini setidaknya telah terbukti dapat menghemat biaya operasional. 

Efisien & efektif

Ketakutan awal perusahaan saat menerapkan remote working adalah produktivitas kerja yang menurun, karena sulitnya memantau kehadiran dan pekerjaan karyawan. Tapi untungnya ada banyak sekali aplikasi dan SaaS (software as a service) yang dapat mengukur produktivitas karyawan. 

Contohnya untuk perihal kehadiran karyawan, dengan aplikasi PayrollBozz kehadiran karyawan dapat dilakukan via mobile serta dapat dipantau dan di cek keberadaannya, kemudian untuk melihat daftar tugas yang diselesaikan oleh karyawan dapat melalui Gitscrum sebagai Job desc board. 

Baca juga : Kenapa Perlu Software HRIS Untuk Masa Depan Perusahaan? Ini Penjelasannya.

Produktivitas Kerja Meningkat 

Berdasarkan penelitian oleh  Harvard Business Review, 4,4% hasil pekerjaan yang dilakukan dari rumah atau remote working oleh karyawan mengalami peningkatan, setelah perusahaan menerapkan kebijakan ini. 

Tidak hanya penelitian yang dilakukan oleh  Harvard Business Review, penelitian lain yang dilakukan oleh Stanford University mengungkapkan bahwa 13% dari 16 ribu pekerja yang melakukan remote working juga mengalami peningkatan produktivitas. 

Hal ini tidak terlepas dari kenyamanan bekerja karyawan, sehingga membuat karyawan menjadi lebih produktif dan termotivasi untuk bekerja serta mampu berpikir lebih kreatif. 

Manfaat Remote Working Bagi Karyawan

blank

Work-life balance adalah sebuah isu yang akhir-akhir ini ramai di perbincangkan di kalangan pekerja. Work-life balance sendiri menurut Glints adalah suatu keadaan dimana seseorang yang bekerja dapat mengatur dan membagi waktu antara tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga dan tanggung jawab yang lainnya.

Dengan bekerja dari rumah banyak hal yang bisa dilakukan, namun ini bisa tercapai ketika seseorang sudah menyelesaikan tanggung jawab utamanya sebagai pekerja, yakni menyelesaikan tugasnya. 

Baca juga : Apa Itu Headhunter ? Serta Benefitnya Untuk Proses Rekrutmen Karyawan

Setelah menyelesaikan tugas dan kewajiban dari perusahaan, seseorang bisa langsung membagi waktu dan tenaga nya untuk hal yang lain, semisal membantu keluarga, mengantar dan menjemput anak sekolah, membantu tugas pasangan, dan mengerjakan pekerjaan rumah. 

Walau pada realitanya beberapa orang justru menganggap WFH atau remote working adalah masalah karena justru ada banyak gangguan yang membuat seseorang tidak dapat fokus bekerja. 

Selain Work-life balance sama seperti perusahaan, karyawan juga dapat menghemat biaya operasional seperti ongkos perjalanan dan makan siang diluar rumah, yang sering kali menjadi faktor besar dalam pemborosan keuangan. 

Kekurangan Remote Working 

blank

Kekurangan remote working adalah tidak semua jenis pekerjaan bisa menerima kebijakan ini, dan masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan langsung dari kantor atau lokasi kerja. Tapi walau demikian faktanya tren bekerja dari jarak jauh semakin berkembang, dan sudah banyak orang dan perusahaan yang merasakan manfaatnya.

Dan diperkirakan tren remote working terus mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya industri, kemajuan teknologi dan jaringan, serta jenis pekerjaan baru di industri digital. 

Demikian adalah ulasan mengenai keuntungan remote working masih adanya kontroversi dalam tren ini menyebabkan kebijakannya belum dapat diterima oleh banyak perusahaan dan karyawan. Namun seperti yang telah disampaikan seiring dengan perkembangan tren bekerja seperti ini akan menjadi kebiasaan baru. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *