Yuk, Ketahui Daftar Startup Terbaik dari Indonesia

Yuk, Ketahui Daftar Startup Terbaik dari Indonesia

Istilah startup banyak digunakan oleh berbagai media beberapa tahun belakangan. Kata yang satu ini pun cukup populer di kalangan anak muda yang sudah melek digital. Lantas, apa sih sebenarnya startup itu?

Secara umum, startup dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan yang masih baru beroperasi. Biasanya mereka sedang berada dalam tahap pengembangan dan mencari target market yang tepat untuk bisnisnya. Selain itu, perusahaan startup biasanya juga dimulai dari skala kecil yang memiliki karyawan kurang dari 20 orang.

Dalam prakteknya, startup memiliki tingkatan kelas berdasarkan nilai kapitalisasinya. Tingkatan tersebut dimulai dari Unicorn, Decacorn hingga Hectocorn.

Unicorn adalah istilah untuk menyebut sebuah perusahaan yang memiliki valuasi di angka USD 1 miliar atau setara dengan Rp 14,1 triliun. Sedangkan Decacorn adalah sebutan untuk perusahaan dengan nilai kapitalisasi lebih dari USD 10 miliar atau Rp 141 triliun.

Kemudian terakhir ada Hectocorn yang merupakan tingkat teratas dengan valuasi mulai dari USD 100 miliar atau sekitar 1.400 triliun.

Nah, Indonesia sendiri sudah memiliki banyak perusahaan yang memiliki valuasi di tingkat Unicorn dan beberapa di antaranya bahkan sudah mencapai Decacorn. Namun masih belum ada perusahaan dari anak bangsa yang mencapai kelas Hectocorn untuk saat ini. 

Pada artikel berikut, PayrollBozz akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai beberapa perusahaan startup terbaik yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya bahkan ada yang karya anak bangsa, lho! Tertarik untuk mengetahuinya? Simak artikel ini hingga tuntas, ya.

Baca juga : 5 Tanda Bahwa Kewirausahaan Adalah Profesi yang Cocok Anda Tekuni

Daftar Startup Terbaik di Indonesia

1. Gojek

Gojek

Di era yang serba digital seperti saat ini, berbagai macam kemudahan pun tersedia untuk dinikmati. Salah satu kemudahan yang cukup membantu adalah keberadaan transportasi online yang cukup marak digunakan oleh masyarakat. Gojek menjadi salah satu pelopor aplikasi transportasi online di Indonesia.

Didirikan pada tanggal 13 Oktober pada tahun 2010 silam oleh Nadiem Makarim. Perusahaan yang semula hanya beroperasi dengan 20 karyawan ini, siapa sangka dapat mencapai kelas Decacorn pada tahun 2019 lalu. Kini Gojek menjadi salah satu perusahaan anak bangsa yang namanya cukup menjulang tinggi di kancah tanah air.

Kesuksesannya terjadi bukan tanpa alasan. Gojek menjadi aplikasi transportasi online pertama yang muncul di Indonesia. Sehingga branding yang ia luncurkan pun cukup kuat dan mengakar di pikiran masyarakat.

Selain itu, strategi pemasaran yang masif dan progresif juga menjadi salah satu faktor dari kesuksesan Gojek hingga saat ini.

Di awal peluncurannya, Gojek melakukan strategi bakar uang dengan memfasilitasi berbagai macam promo menarik untuk menggaet lebih banyak konsumen yang menggunakan aplikasinya. Cara ini terbukti efektif hingga kini Gojek telah diunduh lebih dari 155 juta kali oleh penggunanya. 

2. Tokopedia

Startup terbaik dari Indonesia selanjutnya adalah Tokopedia. Situs e-commerce yang identik dengan warna hijaunya ini telah mencapai tingkat Unicorn yang memiliki valuasi lebih dari Rp 14 triliun.

Belakangan bahkan beredar rumor mengenai jumlah suntikan dana yang akan diberikan oleh Google dan Temasek pada Tokopedia. Hal ini menguatkan dugaan bahwa platform e-commerce yang satu ini akan segera menyandang status Decacorn berikutnya setelah Gojek.

Bermula pada tanggal 6 Februari 2009, situs marketplace yang cukup populer di kalangan milenial ini didirikan oleh William Tanuwijaya bersama satu rekannya, Leontinus Alpha Edison. Keduanya berangkat dengan tekad kuat meski berulang kali diremehkan saat hendak mencari suntikan dana dari berbagai pemilik modal.

Selain karena tekad kuat yang dimiliki oleh pendirinya, kesuksesan Tokopedia juga didapatkan dari keberanian mereka dalam berinovasi.

Beragam fitur diusung oleh platform e-commerce yang satu ini untuk memudahkan transaksi antara pembeli dan penjual. Selain itu, Tokopedia juga menjadi salah satu marketplace yang memiliki peran cukup besar bagi usaha kecil yang sedang berkembang. Karena lewat platform ini, siapapun dapat berjualan produknya dan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Baca juga : Mengenal Business Plan dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

3. Traveloka

Traveloka

Bagi Anda yang sering atau hobi traveling, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Yup, ialah Traveloka. Sebuah platform yang menyediakan layanan beli tiket pesawat hingga booking hotel.

Keberadaannya cukup memberikan angin segar bagi para traveler atau backpacker. Pasalnya, pesan tiket dan booking hotel dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis lewat genggaman.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2012 ini juga sudah mencapai kelas Unicorn, lho. Selain karena kemudahan yang ditawarkan, Traveloka juga cukup masif dalam melakukan promosi dan branding melalui berbagai macam media.

Selain itu, mereka juga rutin mengikuti trend dan perkembangan zaman dengan membuat berbagai macam inovasi terbaru sehingga dapat tetap bersaing dengan kompetitornya yang terus bermunculan. 

4. Kredivo

Kredivo

Tidak seperti tiga daftar yang telah disebutkan sebelumnya, Kredivo justru merupakan sebuah startup yang belum mencapai tingkatan Unicorn. Namun meski demikian, eksistensi platform yang satu ini cukup banyak memikat konsumen karena dianggap sangat bermanfaat.

Kredivo sendiri sebenarnya merupakan sebuah perusahaan fintech (financial technology) yang bergerak sebagai aplikasi pinjaman atau kredit online. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membeli sebuah barang sekarang namun dibayar nanti bulan depan. Tak heran jika banyak orang yang menggunakan Kredivo untuk memenuhi kebutuhan konsumtifnya.

Selain dapat digunakan sebagai pembayaran kredit, Kredivo juga menyediakan fitur pinjaman tunai atau KTA online. Dengan fitur tersebut, Anda dapat meminjam uang tunai tanpa harus menggunakan agunan atau jaminan barang tertentu.

Belakangan dikabarkan, Kredivo menjadi salah satu perusahaan startup yang berpeluang upgrade menjadi Unicorn dalam waktu dekat. Kita tunggu saja ya kabar baiknya!

5. OVO

OVO menjadi salah satu startup terbaik selanjutnya. Platform yang satu ini merupakan sebuah layanan keuangan digital yang berhasil menjadi Unicorn pada bulan Oktober 2019 lalu. 

Baca juga : Definisi Manajemen Keuangan dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Kesuksesannya terjadi juga bukan tanpa alasan. Aplikasi uang atau pembayaran digital yang satu ini bekerja sama dengan banyak platform belanja online yang ada.

Dengan demikian, kemudahan transaksi pembayaran pun dapat dilakukan menggunakan aplikasinya. Selain itu, OVO juga menawarkan berbagai macam promo serta cashback yang cukup menarik bagi penggunanya. 

Tak mengherankan jika perusahaan yang berdiri pada tahun 2017 berhasil menjadi Unicorn hanya dalam kurun waktu 2 tahun setelah diluncurkan. 

Kesimpulan

Nah, itulah tadi beberapa daftar startup terbaik yang ada di Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan adalah produksi dalam negeri yang berhasil menyerap banyak lapangan pekerjaan. Selain dari daftar yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi startup terbaik yang ada di Indonesia.

Sebut saja BukaLapak, Shopee, AkuLaku, KoinWorks dan masih banyak lagi lainnya. Anda pasti menginginkan kesuksesan yang sama seperti mereka, bukan?

Kuncinya terdapat pada usaha keras yang dilakukan dan jangan pernah cepat merasa puas. Anda juga harus menjadi seorang pelaku usaha yang senantiasa mengikuti trend dan perkembangan zaman. Sebab, mempertahankan sistem yang kuno hanya akan membuat Anda akan digilas oleh kemajuan zaman dan pesaing yang bermunculan.

Salah satu cara paling mudah untuk merintis bisnis agar terus sukses ke depannya adalah dengan mengelola sistem yang ada di dalamnya. Mulai dari sistem absensi, penggajian, keuangan, sumber daya manusia dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, untuk sistem absensi karyawan dan distribusi gaji, Anda dapat mempercayakan sepenuhnya urusan tersebut pada PayrollBozz.

PayrollBozz merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang menyediakan berbagai macam fitur untuk memudahkan kinerja tenaga HR dalam perusahaan.

Lewat aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah melakukan perhitungan gaji, mengelola absensi, kalkulasi BPJS, perhitungan pajak dan masih banyak lagi lainnya. Seluruh perhitungan tersebut dapat dilakukan secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat jika dibandingkan Anda menghitungnya secara manual. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan PayrollBozz dan coba masa demo gratisnya sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *