fbpx
Hobi dan Passion ini Ternyata Bisa Menunjang Produktivitas Kerja Anda di Kantor Lho!

Hobi dan Passion ini Ternyata Bisa Menunjang Produktivitas Kerja Anda di Kantor Lho!

Setiap orang termasuk Anda pasti punya hobi untuk mengisi waktu luang. Hobi memang pilihan tepat untuk membuat hidup Anda lebih berwarna, sekaligus juga menghilangkan stres yang biasa timbul akibat pekerjaan, dengan memberikan suntikan energi baru. Apalagi kalau Anda memiliki beberapa hobi sekaligus, pasti Anda tak akan mudah merasa stres dan bisa lebih bahagia dalam menjalankan hidup.

Meskipun begitu, ternyata hobi dan passion punya manfaat lainnya lho. Dengan melakukan hobi yang tepat, Anda bisa sekaligus meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Tak percaya? Kalau begitu kita simak yuk hobi dan passion apa saja yang mampu meningkatkan produktivias dan kreativitas dalam pekerjaan.

Membaca

blank

Apakah Anda punya hobi baca buku?

Membaca memang kegiatan yang rileks dan menyenangkan. Apalagi kalau yang Anda baca adalah buku karangan penulis favorit, mulai dari Agatha Christie, Mary Higgins Clark, sampai JK Rowling misalnya.

Tapi tahukah Anda, selain memungkinkan kita untuk menikmati beragam cerita, membaca juga mampu meningkatkan pengetahuan akan banyak hal, walaupun yang dibaca adalah cerita fiksi? Selain itu, karena membaca membutuhkan fokus penuh, hal ini tentu bisa melatih Anda yang biasanya mudah ter-distract menjadi bisa memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi.

Masih ada lagi keuntungannya. Membaca juga bisa meningkatkan daya imajinasi. Jadi, kalau Anda bekerja di industri kreatif, hobi ini sangat tepat dilakukan untuk menunjang produktivitas.

Bermain games

blank

Siapa bilang bermain games tak ada gunanya? Biasanya orang yang hobi bermain games memiliki kemampuan strategis yang luar biasa, lho! Apalagi kalau Anda bermain games interaktif. Games zaman sekarang memang sangat bervariatif. Ada permainan yang tentang menyusun strategi mengalahkan musuh, ada yang tentang strategi membangun peradaan, dan lainnya.

Bila diibaratkan, seluruh kondisi yang Anda hadapi saat bermain games, biasanya ditemui juga dalam kehidupan pekerjaan sehari-hari. Misalnya Anda seorang manajer marketing. Pasti Anda harus menyusun strategi bagaimana bisa mengungguli perusahaan pesaing. Apalgi bila ditelaah, ada banyak trik-trik saat bermain games yang pasti bisa Anda aplikasikan di dunia nyata.

Menulis

blank

Coba bayangkan, berapa banyak laporan dan proposal yang harus Anda tulis setiap bulannya? Dan biasanya proposal tersebut harus dikemas semenarik mungkin dengan gaya bahasa yang mudah dicerna dan to the point. Hal ini tentu tak gampang untuk dilakukan, tetapi lain halnya kalau Anda sudah terbiasa menulis. Anda akan semakin bisa cepat mengerjakan proposal dan laporan tersebut. Dengan begitu, pasti produktivitas kerja Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Berkebun

blank

Di masa pandemi seperti ini, banyak orang mulai hobi berkebun karena tak bisa leluasa bepergian seperti dulu. Mulai dari menanam bunga, sayuran, hingga buah-buahan mejadi kegiatan baru yang dilakukan orang-orang termasuk Anda.

Nah, bila Anda memiliki hobi berkebun, maka bersyukurlah karena hal itu ternyata bisa meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja. Seperti kita tahu, berkebun dapat melatih fisik dan mental menjadi lebih kuat. Anda akan harus bisa tahan dengan proses yang panjang saat menanam tanaman, mulai dari menyemai, pindah tanam di pot, merawat, sampai masa memanen. Belum lagi ditambah kalau ada hama yang menyerang tanaman dan tanaman Anda menjadi rusak.

Dalam kehidupan pekerjaan, Anda pun harus selalu siap dengan berbagai kemungkinan yang terjadi. Masalah pasti selalu datang menghadang. Kalau Anda tak siap mental dan mudah putus asa, maka pasti akan memengaruhi tingkat produktivitas dalam bekerja.

Bermain musik

blank

Musik sejak dulu dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa membuat rileks pikiran. Anda yang biasanya mudah stres atau panik, bisa lho memutar musik yang menenangkan agar bisa bekerja dengan baik.

Tetapi bukan hanya itu saja ternyata, bermain musik pun memiliki efek baik utuk produktivitas Anda. Saat Anda memainkan alat musik, baik itu gitar, piano, atau yang lainnya, Anda sekaligus melatih koordinasi gerak tangan, mata dan otak. Apalagi kalau Anda juga bermain musik sambil membaca not balok.

Saat bekerja, seringkali kita diharuskan untuk ber-multitasking alias mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan, sambil tetap menjaga hasil kerja maksimal. Nah, bermain musik dapat melatih konsentrasi dan kemampuan multitasking Anda.

DIY (Do It Yourself)

blank

Apakah Anda punya hobi membuat sesuatu dari barang-barang bekas atau memperbaiki alat-alat yang rusak? Atau bahkan melakukan make over di rumah tanpa bantuan desainer? Berarti Anda suka dengan hobi ber-DIY alias do it yourself. Ada banyak manfaat dengan memiliki passion yang satu ini, lho. Sebagai contoh, Anda akan terbiasa untuk memperbaiki sendiri peralatan dan perlengkapan di kantor yang rusak tanpa harus menunggu teknisi, sehingga pekerjaan pun bisa lebih cepat diselesaikan.

Selain itu, hobi DIY juga bisa membuat Anda memiliki mental tahan banting, karena biasanya mereka yang memiliki hobi ini tak pantang menyerah daam mengerjakan sesuatu, dan memiliki tekad yang kuat untuk bisa menyelesaikan suatu project. Biasanya, tipe seperti ini juga bisa cepat belajar dan menguasai skill baru tanpa butuh waktu lama. Jelas ini akan sangat menguntungkan Anda dalam bekerja, sebab produktivitas pun akan meningkat saat Anda bisa menguasai banyak kemampuan dalam waktu singkat.

Memasak

blank

Nah, mungkin sebagian di antara Anda bingung kenapa memasak masuk ke daftar hobi dan passion yang bisa membantu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Hal ini karena dalam urusan memasak, Anda dituntut untuk berpikir kreatif dalam menciptakan menu-menu baru dari bahan makanan yang itu-itu saja. Contohnya, dari sayuran sawi Anda harus bisa membuat sampai belasan resep masakan agar keluarga Anda tak bosan, atau harus bisa memasak ayam dengan berbagai resep supaya tak monoton.

Begitu pun dalam bekerja. Anda pasti akan dituntut untuk selalu dapat berinovasi dalam menciptakan berbagai terobosan baru. Misalnya saja Anda adalah seorang manajer produk. Pasti secara berkala Anda harus berpikir bagaimana cara membuat produk yang dihasilkan perusahaan agar bisa dikemas lebih bagus, lebih menjual, dan dengan berbagai varian menarik.

Daya kreatif yang Anda asah saat melakukan hobi masak pasti akan berpengaruh juga dalam bekerja. Anda akan jadi lebih mudah juga berpikir kreatif dan lebih produktif dalam pekerjaan. Anda tak akan terpaku pada metode lama yang walaupun mungkin selama ini terbukti efektif untuk dilakukan, tetapi sudah ketinggaan zaman.

Dalam bekerja, pasti Anda mengerti betapa pentingnya memiliki pola pikir yang terbuka terhadap ide-ide baru. Nah, hal inilah yang bisa dengan mudah diasah dengan hobi memasak Anda.

Jadi, sudah terbukti kan bahwa hobi dan passion di atas pun dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dalam bekerja? Kalau begitu, mulai sekarang tak perlu ragu lagi meluangkan waktu untuk melakukan hobi Anda di akhir pekan, agar stres berkurang dan daya kreativitas serta produktivitas pun bisa meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *