fbpx
Apa itu talent marketplace? Dan apa manfaat menggunakannya…

Apa itu talent marketplace? Dan apa manfaat menggunakannya…

Memiliki cara kerja yang sama dengan sistem outsourcing, talent marketplace adalah wadah untuk mengakomodir sistem outsourcing konvensional ke dalam dunia digital, sehingga pengguna seperti pencari kerja dan rekruter kerja bertemu dalam satu platform. 

Dengan adanya talent marketplace ini rekruter bisa dengan mudah dan spesifik menemukan kandidat yang mereka cari, sebaliknya para pencari kerja juga bisa lebih mudah menemukan pekerjaan yang cocok dengan mereka. 

Akses yang lebih cepat untuk mendapatkan kandidat sesuai kebutuhan adalah salah satu keunggulan menggunakan talent marketplace, dan pencari kerja dan pemberi kerja bisa langsung saling kontak tanpa melalui jasa outsourcing. 

Bagi kandidat yang diterima bekerja melalui talent marketplace statusnya bisa outsourcing, karyawan kontrak, atau bahkan karyawan tetap. Fasilitas dan upah yang diberikan pun sesuai standar dan tentunya tanpa potongan jasa outsourcing. 

“Kemudian perbedaan talent marketplace dengan Job portal itu apa?” perbedaannya terletak pada sistem dan algoritma yang digunakan.

Jika di job portal kandidat mendapatkan notifikasi dari email tentang lowongan pekerjaan dan melamar ke perusahaan, maka di talent marketplace kandidat hanya perlu mengisi profil, CV dan portofolio dan menunggu panggilan dari pemberi kerja.

Baca juga : Kerja Remote: Definisi, Keuntungan serta Tips Menjalankannya

Algoritma yang digunakan pada talent marketplace sendiri untuk mendapatkan kecocokan yang akurat antara pencari kerja dan pemberi kerja adalah curation algorithm (MCA). Talent Marketplace ialah berbasis data science. 

Bagi kamu yang sedang mencari kerja sesuai dengan bidang, keahlian, dan pengalaman kamu talent marketplace bisa banger dicoba, dan bagi perusahaan platform ini juga sangat praktis bahkan lebih murah karena tidak ada harus jasa yang dibayar. 

Nah berikut ini adalah talent marketplace terbaik yang blog.payrollbozz rekomendasikan untuk kamu, check it out!

Rekomendasi Talent marketplace terbaik di Indonesia

1 ) ekrut

Berdiri sejak september 2016, ekrut hadir sebagai talent marketplace yang memberikan kemudahan bagi pencari kerja dan rekurter untuk bisa saling bertemu. Dengan algoritma curation algorithm (MCA) yang menjadi otak dari sistem operasi ekrut, ini akan mempertemukan rekruter dengan kandidat yang berkualitas dan sesuai kebutuhan. Di ekrut talent marketplace selalu di update setiap minggunya.

Cara menggunakan eKrut

  1. Daftar Ekrut melalui link ekrut.com/signup
  2. Isi profil selengkap mungkin, dan perhatikan indikator kelengkapan profil
  3. Setelah melengkapi profil, akan ada status profiling yang artinya profil kamu sedang ditinjau oleh tim ekrut
  4. Apabila memenuhi kuota maka akun kamu akan masuk ke marketplace

2 ) Glints

Selanjutnya ada Glints yang dapat mengefisiensi proses rekrutmen karyawan jadi lebih mudah dan cepat. Glints sendiri menyasar pada profesional muda untuk mendapatkan tempat kerja terbaik, dan perusahaan mendapatkan talenta yang terpilih dan terbukti ahli dibidangnya.

Baca juga : Officeless System, Kerja Kekinian Tanpa Harus Ke Kantor

Cara menggunakan Glints

  1. Daftar akun dengan GMail atau buat akun glints
  2. Pilih kapan siap mulai bekerja
  3. Pilih fungsi pekerjaan dan tambahkan bidang pekerjaan
  4. Pilih tipe pekerjaan dan estimasi gaji yang kamu harapkan
  5. Isi profil sesuai arahan dari glints

Setelah akun dan profil di glints kamu lengkap, glints akan merekomendasikan kamu sebuah pekerjaan dan untuk rekruter glints akan merekomendasikan talent-talent terbaik sesuai dengan kebutuhan.
Demikian adalah manfaat dari talent marketplace lengkap dengan rekomendasinya, selamat mencoba dan semoga beruntung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *