fbpx
(TOP SECRET) Kriteria karyawan yang dicari oleh perusahaan bonafit

(TOP SECRET) Kriteria karyawan yang dicari oleh perusahaan bonafit

Tips interview kerja – Banyak kandidat karyawan yang bermimpi atau berkeingingan bekerja di suatu perusahaan bonafit, karena percaya disana karir mereka bisa terjamin, gaji yang mencukupi kebutuhan hidup, bonus tahunan, jaminan kerja, tunjangan serta fasilitas kerja yang sangat memumpuni. Rasanya sulit untuk bisa masuk di perusahaan seperti itu dengan segudang keistimewaannya.

Sebelum masuk ke proses interview atau wawancara kerja secara tatap muka dengan HRD perusahaan tersebut, sebelumnya Anda sudah harus bersaing dengan ribuan CV dari kandidat lainnya yang dikirimkan melalui job fair atau portal loker online.

Apa yang dicari HRD di CV pelamar? (Tips membuat CV kerja)

Ketika CV Anda dinyatakan lolos pun masih ada hal yang harus dilewati yakni Interview kerja, yang kembali Anda harus bersaing dengan belasan sampai puluhan kandidat yang tidak kalah berkompetennya.

Namun pada Tips interview kerja kali ini kami akan coba membongkar kriteria-kriteria kandidat seperti apa yang diinginkan perushaaan bonafit seperti BCA, Sampoerna, Unilever Indonesia, Astra Indonesia, Indofood, Pertamina dan juga Telkom. Berikut adalah ulasan tips interview kerja di perusahaan bonafit :

Tips interview kerja dan kriteria yang diinginkan perusahaan bonafit

1 ) Kriteria dasar 7C

7C adalah singkatan dari capability, capacity, creativity, character, credibility, commitment, dan compatibility. Rangkaian kriteria dasar inilah yang menjadi landasan HRD untuk bisa “jatuh hati” kepada seorang kandidat, mengapa demikian?

Capability

Adalah kemampuan dasar seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan, tanpa ilmu dan kemampuan yang memadai maka sudah dipastikan Anda tersingkirkan saat interview kerja. Seorang kandidat yang berkompeten harus memiliki cara pikir yang sistematis dalam memecahkan masalah atau mengerjakan sesuatu.

Untuk mengetahui apakah kandidat memiliki kapabilitas dalam bidangnya biasanya akan dilakukan serangkaian test yang menguji cara berpikir dan logic kandidat.

*tips sertakan sertifikat atau piagam saat mengirimkan CV untuk memperlancar Anda masuk ke tahap Interview kerja

Capacity

Kapasitas adalah potensi kemampuan maksimal sesorang dalam memecahkan masalah (problem solving skill), tidak hanya itu kapasitas juga berpengaruh pada tingkat stress seseorang. Jika dia tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mengerjakan suatu hal biasanya akan cepat stress dan berkurang performa kerjanya.

Perusahaan bonafit biasanya mencari tahu kapasitas kandidat sampai sejauh mana dan apakah potensi tersebut dapat ditingkatkan atau tidak, biasanya juga dengan memberikan ujian teknis dan memberikan deadline singkat. Dalam hasil test akan terlihat sampai sejauh mana kemampuan kandidat.

Creativity

Orang kreatif adalah orang yang paling disukai oleh perusahaan, karena mereka dapat berpikir dan menemukan jalan keluar dengan cara yang berbeda, yang pastinya lebih efisien dan efektif. Nah kandidat seperti inilah yang dapat memberikan kontribusi besar kepada perusahaan, itulah sebabnya perusahaan bonafit sangat mencari kandidat seperti ini.

Character

Karakter kandidat juga menjadi penilaian penting untuk perusahaan bonafit dalam menerima seseorang bekerja. Mereka akan selalu mencari karakter yang pas untuk suatu posisi, bukan mencari yang terbaik. Contohnya dibutuhkan orang yang memiliki emosi stabil untuk mengerjakan hal rutin seperti admin, atau orang yang dinamis untuk menjadi sales/marketing karena perlu berorientasi kepada perasaan calon customer.

Untuk melihat karakter diri Anda sendiri guna mengetahui pekerjaan apa yang cocok untuk Anda bisa menggunakan metode Myers-Briggs Type Indicator. Dan tips interview kerja adalah cari posisi yang sesuai dengan karakter diri Anda

Credibility

Perusahaan besar hanya akan menerima orang yang memiliki kejujuran dan tanggung jawab yang tinggi, itu makanya kredibilitas sangat penting. Mereka yang berkredibiitas akan sangat bisa di andalkan, untuk mengetahui kredibilitas seseorang HRD akan melihat track record dari seorang kandidat.

Commitment

Komitmen bisa dibilang adalah hal yang lebih ditumakan dibandingkan skill atau passion seorang kandidat, mengapa demikian? Karena seorang yang berkomitmen akan menyelesaikan suatu pekerjaan tidak peduli sesulit apapun kondisinya, dia akan berusaha semaksimal mungkin.

Tetapi jika orang yang tidak memiliki komitmen ketika dia dihadapi oleh situasi yang tidak menguntungkan maka dia cenderung menghindar dan menunda-nunda pekerjaan tersebut. Maka dari itu taruhlah komitmen diatas skill dan passion Anda.

Compatibility

Compatibility merupakan kompas kerja bagi seseorang untuk mengikuti alur kerja dan peraturan di perusahaan. Hal ini berkaitan dengan tidak dan cocoknya karakter seseorang kepada peraturan atau lingkungan kerja perusahaan, dan budaya.

2 ) Result Oriented

Tips interview kerja di perusahaan bonafit selanjutnya adalah Kandidat yang memiliki visi atau orientasi pada pekerjaannya. Umumnya HRD atau user akan mencari tahu seberapa dalam Anda mengetahui dan menganalisis perusahannya, kemudian bertanya langkah atau strategi apa yang akan dilakukan untuk menghadapi tantangan perusahaan kedepannya.

Bagi Anda yang melamar pada posisi strategis seperti supervisor, manajer, atau lainnya penting memiliki strategi untuk perusahaan kedepannya, dan program kerja seperti apa yang akan Anda kerjakan.

*tips mulailah menyusun program kerja untuk perusahaan yang akan Anda lamar

3 ) Adaptif, komunikatif, dan aktif

Untuk memperlancar work flow karyawan baru harus bisa cepat beradaptasi dengan kondisi perusahaan, dalam interview tatap muka HRD sangat mudah melihat keterampilan komunikasi si kandidat.

Kemahiran kandidat dalam berkomunikasi akan mempermudah proses adaptasi dengan lingkungan kerja. HRD juga akan menilai seberapa aktifnya kandidat berdasarkan rasa penasaran mereka tentang calon perusahaan barunya.

Tipsnya adalah dengan menganalisis industri bisnis perusahaan yang Anda lamar, dengan begini Anda memiliki banyak pertanyaan berkualitas yang mungkin akan dijadikan bahan pertimbangan HRD atau user yang mewawancara Anda.

Demikian adalah TOP SECRET tips interview kerja di perusahaan bonafit yang bisa Anda praktikan. Semua tips diatas merupakan dasar yang justru menjadi bahan pertimbangan semua perusahaan untuk mempekerjakan Anda. Pengetahuan, karakter, dan visi yang baik adalah modal berharga yang harus Anda bawa saat melakukan wawancara kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *