Perbedaan HR dan GA, beserta job deskripsinya.

Perbedaan HR dan GA, beserta job deskripsinya.

Apa itu HRGA – Banyak orang yang menyangka atau berfikiran divisi HRGA (human resource & general affair) merupakan satu divisi, dan deskripsi pekerjaannya sama. Pengertian seperti ini adalah salah, memang di banyak perusahaan divisi HR dan Divisi GA dijadikan satu karena alasan efisiensi, namun dalam praktiknya tetap saja staff-staff di dalamnya memiliki pekerjaannya masing-masing, dan tidak bisa di campur adukan.

Untuk lebih mengenali lebih dalam lagi tentang kedua bidang ini, mari kita bahas masing-masing definisi serta deskripsi pekerjaannya.

Divisi HR (Human resource)

Seperti namanya divisi sumber daya manusia, divisi ini fokus kepada pengurusan individu di dalamnya, dalam hal ini perusahaan. Apa saja hal yang berkaitan dengan SDM, mulai dari perekrutan, kebutuhan, adminstrasi, kewajiban dan haknya semua harus dikelola dan dipenuhi, tidak hanya itu divisi HR juga wajib memfasilitasi kegiatan yang tujuannya untuk mengembangkan keterampilan dari karir karyawan, seperti training skill.

HRD adalah divisi yang sangat krusial di dalam perusahaan, maka dari itu keberadaannya dalam suatu organisasi sangat dominan dan diberikan otoritas yang tinggi dalam pengambilan keputusan terkait SDM, lalu apa saja yang menjadi pekerjaannya? Berikut dibawah ini adalah listnya.

Job deskripsi divisi HR

  1. Melakukan Manpower plan, pengawasan SDM, pengembangan kualitas & karir, serta mengurusi adminstrasi SDM
  2. Membuat peraturan atau sistem HR seperti membuat SOP, job deskripsi karyawan, dan training
  3. Bertanggung jawab penuh atas rekrutmen mulai dari mencari pelamar sampai wawancara, dan juga pengambilan keputusannya
  4. Mengurusi transisi, promosi, demosi, dan seleksi karyawan yang di anggap di perlukan
  5. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan solidaritas antar SDM, perbaikan mental, dan penyegaran
  6. Bertanggung jawab terhadap sistem absensi, gaji, tunjangan, insentif karyawan dan lain-lainnya
  7. Membuat kontrak dan memperbaharui kontrak kerja
  8. Menindak dan memberikan peringatan kepada SDM yang melanggar peraturan atau tindakan tidak disiplin.

Dari 8 poin di atas merupakan deskripsi pekerjaan yang murni hanya dilakukan oleh divisi HR, semua berkaitan tentang individu didalam perusahaan, tidak yang berkaitan tentang manajemen gedung, kebersihan dan lainnya, karena pekerjaan tersebut sangat spesifik kepada GA.

Divisi GA (General affair)

GA atau general affair adalah pengurus umum yang mengerjakan segala urusan sifatnya umum seperti pengelolaan gedung, parkiran, air, sampai kebersihan. Jadi secara garis besar bisa dikatakan GA melakukan perawatan, memperhatikan, mengerjakan dan mengurusi segala sesuatu inventaris kantor, baik berbentuk fisik seperti gedung dan kendaraan, sampai non-fisik seperti kebersihan lingkungan kerja.

GA sangat dibutuhkan di sebuah perusahaan berskala besar yang memiliki banyak karyawan dan kantor besar, karena fungsi mereka adalah memperhatikan dan membenahi segala sesuatu milik perusahaan kecuali SDM, karena itu merupakan tugas divisi HR. Dan berikut ini adalah pekerjaan yang menjadi tanggung jawab GA.

Job deskripsi divisi GA

  1. Melakukan pengelolaan dan perawatan gedung, lingkungan kerja, kendaraan dinas, dan juga parkiran (bisa lebih banyak lagi)
  2. Memperhatikan sistem dan instalasi listrik (Mechanical dan electrical)
  3. Berurusan dengan pihak eksternal seperti outsourcing, polisi dan pemda
  4. Pengadaan ATK dan alat-alat kerja lainnya
  5. Mengurusi semua kebutuhan operasional dan telekomunikasi perusahaan
  6. Mengurusi segala bentuk perizinan

Dari definisi dan job desc masing-masing tentunya kita sudah mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan diantara kedua divisi ini, yakni HR dan GA. Walaupun keberadaannya sering menjadi satu kesatuan di dalam perusahaan, namun tanggung jawab dan pekerjaannya sangatlah berbeda. Demikian adalah penjelasan HR & GA yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *