Absen Online Solusi Terbaik Pantau Kehadiran Karyawan

Absen Online Solusi Terbaik Pantau Kehadiran Karyawan

Sistem absen online kini menjadi sangat populer di berbagai perusahaan besar. Bagaimana tidak, dengan menerapkan sistem absen online menjadikan perusahaan mudah sekali memonitor kehadiran karyawan. Seperti yang kita ketahui, kehadiran karyawan merupakan salah satu parameter dalam menentukan kinerja seorang karyawan. Bayangkan, jika sebelumnya setiap perusahaan harus menggunakan sistem absensi manual yang ribet dan menghabiskan waktu. 

Dengan menggunakan sistem absensi online, atasan bisa mendapatkan laporan absensi mudah dimanapun secara realtime. Jadi, atasan tidak lagi harus mengecek satu persatu apakah karyawannya ada atau tidak ada. Intinya, banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan, ketika perusahaan tersebut beralih menggunakan aplikasi absensi online. Ada banyak pilihan aplikasi untuk menangani hal ini, salah satu yang terbaik adalah PayrollBozz.

Keuntungan Menggunakan Sistem Absen Online Bagi Perusahaan

Saat perusahaan beralih dari sistem manual atau sistem lama ke sistem absen online, maka banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkannya. Berikut diantaranya:

1. Hemat Waktu Saat Rekapitulasi Data

 Data kehadiran, keterlambatan ataupun izin karyawan harus direkapitulasi secara berkala. Hal ini akan membutuhkan banyak sekali waktu jika absensi yang digunakan adalah manual. Belum lagi, kemungkinan ada karyawan yang melakukan kecurangan, sehingga data yang diinput pada akhirnya tidak valid. Nah, dengan menggunakan aplikasi absen online, kerepotan semacam ini bisa ditanggulangi. Sistem mampu melakukan rekapitulasi data secara otomatis dan sistematis. Selain itu, sangat kecil kemungkinan terjadi kecurangan karyawan.

2. Menghemat Dana

 Metode absensi manual yang cukup populer adalah dengan menggunakan fingerprint. Metode absensi yang satu ini mengharuskan perusahaan menyediakan dana untuk pembelian perangkat pembaca sidik jari. Perusahaan umumnya membutuhkan lebih dari satu perangkat, karena jika perangkat utama rusak, maka absensi karyawan tidak akan tercatat. Berbeda dengan menggunakan sistem absens online. Perusahaan hanya memerlukan perangkat komputer yang terhubung dengan internet. Selain itu, setiap karyawan bisa melakukan absen dengan perangkat smartphone yang mereka miliki.

3. Melakukan Pemantauan Secara Akurat

Jika perusahaan Anda menggunakan sistem absensi manual, Anda baru bisa memonitor kehadiran karyawan saat data dari alat fingerprint dipindahkan ke komputer. Berbeda dengan sistem absensi online, data bisa diakses secara realtime kapanpun dan dimanapun menggunakan akses internet. Hal ini tentu saja memudahkan Anda sebagai atasan atau ini bisa juga meringankan beban kerja bagian personalia dan HRD.

4. Jam Kerja Lebih Akurat

Setiap perangkat yang terhubung ke internet pasti memiliki hitungan waktu yang sama dan lebih akurat. Dengan demikian, sistem absen online mempunyai hitungan jam kerja yang lebih baik dan akurat. Apalagi, jika perusahaan Anda menjadikan jumlah jam kerja karyawan dan keterlambatannya menjadi acuan dalam hitungan gaji setiap bulannya. Jadi, dana gaji yang dibayarkan kepada karyawan setiap bulan, jumlahnya lebih akurat.

5. Waktu Karyawan Lebih Efektif

Jika perusahaan menggunakan sistem absensi manual, maka karyawan harus meluangkan waktu untuk melakukan absensi. Walaupun mungkin waktu yang terbuang hanya sedikit, tapi tetap saja jika digunakan untuk bekerja, maka akan jauh lebih berguna. Selain itu, ketika seorang karyawan bekerja, kemudian waktunya malah digunakan untuk melakukan hal lain, maka itu dapat membuyarkan konsentrasi. 

6. Mengurangi Peluang Error

Jika kita perhatikan, mesin dan perangkat yang suda didesain sedemikian rupa, mempunyai peluang kesalahan sangat kecil. Oleh karena itu, dengan menggunakan absensi online yang sepenuhnya dijalankan menggunakan sistem yang canggih, maka dapat mengurangi peluang terjadinya kesalahan/error. 
absen online

Cara Memilih Software Absen Terbaik

Jika Anda perhatikan, di luar sana banyak sekali developer yang menjual software absensi online yang bisa digunakan untuk perusahaan Anda. Namun, ada hal penting yang harus Anda perhatikan. Poin pertama yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih software ini adalah kualitas dan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai Anda menggunakan software abal-abal yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kualitasnya. Mengapa? Software tersebut mengelola salah satu aset penting perusahaan (data karyawan). Untuk itu, perhatikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan…

1. Tampilan Interface

Kita seringkali menemukan sebuah software yang canggih, namun sayangnya tidak ramah terhadap user. Nah, hal ini juga berlaku pada software absen online. Ketika Anda ingin memilih sebuah software untuk menangani absen online di perusahaan Anda, pastikan interfacenya mudah digunakan dan tidak membingungkan. Hal ini tampaknya bukan sesuatu yang besar, padahal justru ini merupakan sesuatu yang teramat penting untuk diperhatikan.

2. Fitur Yang Lengkap

Di antara banyak layanan software absen online, tentunya pengguna menginginkan fitur yang lengkap di dalamnya. Sebaiknya, Anda pilih software absen online yang sudah menyatu dengan fitur-fitur lain yang dibutuhkan oleh bagian HRD. Misalnya, sistem absen online terintegrasi dengan perhitungan gaji karyawan. Salah satu software terbaik yang mempunyai fitur seperti ini adalah PayrollBozz.

3. Perhitungan Yang Akurat

Software yang Anda gunakan wajib mempunyai kemampuan yang akurat dalam melakukan perhitungan. Misalnya, ketika fitur absensi online akan digunakan sebagai bahan perhitungan gaji, maka hasil yang didapatkan tidak boleh salah. Jika perhitungan yang dihasilkan salah, bisa jadi perusahaan dirugikan atau bisa juga karyawan yang dirugikan.

4. Dapat Diakses Karyawan

 Kini adalah era keterbukaan informasi. Jadi, saat Anda menggunakan software absensi online, karyawan Anda berhak melihat laporan absen bulanan mereka. Lebih jauh lagi, mereka bisa melihat gaji mereka, tunjangan, potongan pajak dan hal lain yang perlu transparansi dari pemilik perusahaan.

5. Keamanan Data Perusahaan

Seperti yang sempat disinggung di atas, data perusahaan merupakan aset yang sangat berharga. Anda harus melihat kredibilitas perusahaan yang menyediakan software absen online, untuk memastikan bahwa data Anda aman bersama mereka. Jika Anda ragu untuk memilih banyaknya perusahaan penyedia software absensi online di luar sana, Anda bisa menggunakan PayrollBozz yang sudah terbukti melayani berbagai perusahaan besar di Indonesia.

6. Mampu Berhitung Cepat dan Mudah Dikustomasi

Selain masalah akurasi yang dibahas di atas, kecepatan perhitungan juga harus menjadi salah satu yang diperhatikan saat Anda akan memilih software HRD. Software harus mampu melakukan kalkulasi kehadiran karyawan, kemudian disinkronisasi dengan gaji setiap karyawan. Selain itu, software harus memungkinkan kustomisasi di kemudian hari seiring dengan perkembangan perusahaan.

Kesimpulan

Bagi Anda pemilik perusahaan, Anda bisa menggunakan sistem absensi karyawan dengan metode manual atau metode online. Metode absen online merupakan terobosan terbaru yang mampu menghemat waktu, menghemat dana, akurasi tinggi dan serba otomatis. Sebagai pimpinan atau pemilik perusahaan, tentunya Anda ingin memonitor karyawan Anda secara real time.
Kami telah menuliskan berbagai tips tentang bagaimana memilih software yang tepat untuk sistem absen online di perusahaan Anda. Supaya Anda tidak bingung lagi memilih software terbaik, Anda bisa registrasi di PayrollBozz. Untuk mengetahui fitur-fitur dan fasilitas yang diberikan, Anda bisa mencoba dulu software versi demo secara gratis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *