fbpx
Payroll Bank : Definisi, Keuntungan dan Daftar Bank yang Menyediakannya

Payroll Bank : Definisi, Keuntungan dan Daftar Bank yang Menyediakannya

Sudahkah Anda tahu apa itu payroll bank? Banyak perusahaan yang saat ini menggunakan sistem tersebut untuk melakukan penggajian pada karyawannya. Selain karena dianggap lebih mudah, payroll bank juga menawarkan berbagai macam keuntungan yang lain.

Namun sebelum membahas mengenai keuntungan apa saja yang ditawarkan. Pada artikel berikut ini, PayrollBozz akan mengajak Anda untuk mengenal terlebih dahulu istilah payroll bank lebih dalam. Penasaran, kan? Simak tuntas artikelnya, ya.

Apa Itu Payroll Bank?

blank

Payroll sendiri merupakan sebuah istilah yang merujuk pada aktivitas penggajian karyawan dalam sebuah operasional bisnis/usaha. Aktivitas ini terdiri dari beberapa proses yang harus dilalui mulai dari perhitungan komponen yang berkaitan dengan gaji hingga pembayarannya.

Nah, sedangkan payroll bank sendiri merupakan sebuah proses atau sistem penggajian yang dilakukan oleh perusahaan melalui lembaga keuangan dalam hal ini bank yang menyediakan layanannya. Tujuan dari payroll bank sendiri adalah untuk mempermudah sistem penggajian yang dilakukan oleh perusahaan pada karyawannya.

Keuntungan Menggunakan Payroll Bank

blank

Selain untuk mempermudah pendistribusian gaji, fasilitas perbankan yang satu ini juga menawarkan berbagai keuntungan lain, lho. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan payroll bank sebagai bagian dari sistem penggajian di perusahaan atau bisnis Anda. Berikut beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui.

1. Lebih efisien 

Dengan menggunakan payroll bank, sistem penggajian dalam perusahaan Anda akan berjalan dengan lebih cepat dan efisien. Anda tidak perlu repot-repot lagi melakukan perhitungan komponen gaji secara manual. Karena seluruh data yang ada di dalamnya dapat dihitung secara otomatis dan dengan hasil yang lebih akurat.

Terlebih jika perusahaan yang Anda pimpin memiliki banyak karyawan hingga ratusan atau bahkan ribuan. Divisi HR tak perlu repot-repot mengantre di bank untuk melakukan penyetoran uang dalam proses distribusi gaji karyawan. Lewat fasilitas payroll bank ini, seluruh proses penggajian dapat dilakukan dengan cara yang lebih cepat dan tepat waktu.

2. Hemat biaya

Penggunaan payroll bank dalam proses penggajian juga dapat berperan dalam menghemat biaya operasional perusahaan. Salah satunya adalah menekan biaya rekrutmen HR untuk melakukan perhitungan gaji. Sebagai gantinya, Anda bisa lebih memfokuskan divisi HR dalam perusahaan untuk menghandle dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya. 

3. Sistem penggajian yang lebih transparan

Selain kedua keuntungan di atas, payroll bank juga menawarkan sistem penggajian yang lebih transparan terhadap karyawan. Hal ini dibuktikan lewat slip gaji yang dapat mencakup informasi mengenai potongan gaji yang dikenakan setiap bulannya. Sehingga karyawan pun akan jauh lebih tenang karena mereka mengetahui kemana saja potongan gaji tersebut dialihkan. Misalnya untuk pembayaran BPJS, asuransi, dana pensiun ataupun yang lain.

Slip gaji yang lebih informatif dan mendetail ini juga akan membuat karyawan dengan perusahaan terhindar dari kesalahpahaman. 

4. Pembayaran gaji yang lebih lancar dan tepat waktu

Tak perlu khawatir lagi soal distribusi gaji karyawan yang sering telat dikarenakan terlalu banyaknya data yang harus diurus. Dengan layanan payroll bank ini, Anda dapat melakukan transfer gaji karyawan dengan cara yang lebih mudah. 

Hal ini dikarenakan payroll bank menyediakan fitur integrasi terhadap seluruh rekening karyawan. Artinya, Anda tidak perlu repot-repot meng-input rekening karyawan satu persatu secara manual. Ketika pihak bank sudah memiliki database rekening karyawan Anda, sistem penggajian bisa dilakukan dengan cara lebih cepat dan tepat waktu.

5. Kelola kasbon karyawan dengan cara yang lebih efektif

Keuntungan terakhir yang bisa Anda dapatkan adalah memudahkan perusahaan dalam mengelola kasbon atau pinjaman dari karyawan. Dalam hal ini, payroll bank dapat digunakan sebagai fitur autodebet untuk melakukan pemotongan terhadap gaji karyawan yang melakukan kasbon sebelumnya. Lewat sistem ini, arus kas keuangan perusahaan pun akan lebih sehat karena tidak akan ada karyawan yang telat dalam membayar hutangnya pada perusahaan.

Bank di Indonesia yang Menyediakan Layanan Payroll

Payroll Bank di Indonesia

Bagi Anda yang ingin menggunakan sistem penggajian lewat payroll bank. Penting juga untuk mengetahui bank-bank mana saja yang menyediakan layanan satu ini. Nah, di bawah ini PayrollBozz juga  akan memberikan daftar bank yang menyediakan fasilitas pembayaran payroll yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menggunakan jasanya.

1. Mandiri – Mandiri Cash Management (MCM)

Bank pertama yang menyediakan fasilitas payroll dalam daftar ini ialah bank Mandiri. Lewat fasilitas Mandiri Cash Management (MCM), pihaknya berkomitmen untuk membantu memajukan perekonomian di Indonesia. Layanan ini memungkinkan Anda dapat melakukan transfer gaji ke seluruh karyawan (payroll), kliring, transfer internasional, pembayaran wajib pajak hingga tagihan-tagihan bulanan dalam perusahaan yang menggunakan metode pembayaran single ataupun bulk transfer.

Transaksi menggunakan MCM ini dapat dilakukan secara online sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam pengoperasiannya. Anda pun tak perlu merasa khawatir terhadap keamanan data, karena MCM dilengkapi dengan sistem enkripsi dan otorisasi bertingkat. Sehingga akan sangat efektif dalam menjaga keamanan transaksi dan data yang ada di dalamnya.

2. Maybank – Maybank Payroll

Berikutnya ada Maybank yang juga menyediakan fasilitas layanan payroll untuk perusahaan. Disebut dengan Maybank Payroll, layanan yang satu ini memungkinkan perusahaan melakukan pembayaran gaji dengan cara yang lebih mudah dan efisien. 

Selain itu, Maybank Payroll menawarkan berbagai macam benefit yang tidak dimiliki oleh layanan payroll bank yang lain. Beberapa di antaranya ialah:

a) Setoran awal mulai dari Rp 0

b) Bebas biaya transfer antar bank online 5x dalam satu bulan melalui M2U ID App atau Maybank2u

c) Bebas biaya tarik tunai di ATM bank lain 10x dalam sebulan

d) Memberikan kemudahan pada nasabahnya untuk pengajuan kredit dan dilengkapi tawaran khusus yang tak kalah menarik
e) Asuransi jiwa

f) Pelatihan karyawan bersama HR profesional yang sudah bersertifikasi

3. Bank Danamon – Danamon Cash Connect

Bank Danamon juga memiliki fasilitas layanan payroll yang diberi nama Danamon Cash Connect. Lewat layanannya ini, pengelolaan keuangan dalam bisnis dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis. Anda bisa melakukan pembayaran gaji karyawan dengan mengunggah seluruh data karyawan yang dibutuhkan.

Seluruh transaksi dapat dilakukan secara online dan real time melalui PC atau smartphone yang Anda gunakan. Fiturnya yang lengkap juga dapat menghindarkan perusahaan dari kesalahan perhitungan gaji karyawan, pajak, pinjaman, kalkulasi BPJS dan masih banyak lagi lainnya.

Kesimpulan

Itulah tadi sekilas informasi mengenai definisi payroll bank, keunggulan hingga daftar bank yang menyediakan layanannya. Pada dasarnya, sistem penggajian lewat payroll bank ini sangat direkomendasikan pada perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Karena akan sangat mempermudah kinerja dan operasional dalam perusahaan.

blank

Namun bagi Anda yang kurang cocok dengan layanan perbankan di atas, Anda bisa menggunakan PayrollBozz sebagai solusi  untuk melakukan sistem pembayaran gaji di perusahaan Anda. PayrollBozz menyediakan berbagai macam fitur lengkap yang tak hanya dapat mengelola gaji namun juga absensi online, pinjaman karyawan, laporan pajak pph 21 dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan aplikasi ini, Anda tak perlu repot-repot melakukan perhitungan gaji secara manual. Karena seluruh operasinya dilakukan secara otomatis sehingga hasil yang didapat juga lebih akurat.  Katakan selamat tinggal pada sistem penggajian manual yang repot dan memusingkan!

Yuk, gunakan PayrollBozz dan nikmati masa demo gratis dari kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *