Inilah 7 hal yang menyebabkan karyawan terbaik resign dari perusahaan

Inilah 7 hal yang menyebabkan karyawan terbaik resign dari perusahaan

1288
0
BERBAGI

Karyawan terbaik resign? Mengapa? Ya, fenomena ini memang sering kita lihat di perusahaan, seorang karyawan yang paling bisa di andalkan, yang bekerja keras, dan memilki karir yang baik tiba-tiba saja memutuskan untuk berhenti atau pindah kerja. Dan banyak sekali manajer yang mengeluhkan fenomena ini karena mereka kualahan mencari pengganti yang sebaik dirinya, namun sebenarnya permasalahan apa yang membuat mereka resign? Apakah karena gaji yang kurang?

Menurut survey gaji bukanlah alasan utama atau alasan yang paling sering menyebabkan si karyawan terbaik resign, namun lebih kepada tekanan dan kenyamanan bekerja di perusahaan tersebut. Sering kali atasan memberikan pekerjaan atau tanggung jawab yang besar kepada karyawan yang memilki reputasi kerja yang baik, disaat bersamaan tekanan-tekanan tersebut membuat si karyawan merasa tidak nyaman dan memilki pandangan bahwa setumpuk tugas yang diberikan kepadanya adalah hukuman karena ia bekerja dengan baik.

Selain tensi kerja dan tekanan yang tinggi dari atasan mereka masih ada beberapa alasan lagi yang menyebabkan si karyawan emas ini memutuskan untuk keluar dari perusahaan alias resign, apa saja itu? mari simak ulasannya dibawah ini.

7 hal yang menyebabkan karyawan terbaik resign

1 ) Tidak dihargai atau tidak ada penghargaan yang sepantasnya

Alasan resign karena perusahaan tidak mengapresiasi apa yang telah ia lakukan untuk kemajuan perusahaan juga menenampati posisi teratas. Mungkin sebuah tepukan di pundak saja tidak cukup untuk menghargai dedikasi kerja keras mereka, atasan perlu sedikit sensitif akan hal-hal seperti ini dengan mencari tahu apa yang diindingkan oleh karyawan terbaiknya.

2 ) Perusahaan tidak memilki komitmen

Ketika di dunia kerja karyawan di tuntut memilki komitmen atas pekerjaan-pekerjaan dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh perusahaan, dan mereka menjalankan komitmen tersebut dengan baik, tetapi perusahaan yang memperkerjakannya tidak mampu memberikan komitmen berupa apapun, seperti kenaikan pangkat, kenaikan gaji, ataupun bonus. Dititik inilah kebanyakan karyawan merasakan kejenuhan yang membuat mereka ingin pindah ke tempat yang lebih baik.

3 ) Atasan yang tidak dapat memajukan bawahannya

Alasan mengapa karyawan terbaik bisa resign selanjutnya adalah di karenakan atasan yang tidak dapat memberikan feedback kepadanya. Sudah menjadi tugas seorang atasan untuk mengelola dan mengembangkan keterampilan karyawannya, dengan cara membantu memberi solusi, memperhatikan keterampilannya, masukan atau sekedar memberikan pujian. Walaupun ini terdengar sepele namun hal ini penting dilakukan oleh top level manajerial agar para bawahannya merasa diperhatikan dan puas bekerja di perusahaan tersebut.

4 ) Passion “hasrat” karyawan dibatasi oleh perusahaan

Penelitian juga dilakukan mengenai orang-orang yang bekerja dengan passion, mereka yang berada di lingkungan kerja dapat lebih produktif dan memilki pengalaman yang positif apabila diberikan kesempatan untuk mengejar passion mereka dibandingkan mereka yang bekerja dalam sebuah lingkungan kerja yang normal. Dan passion inilah yang ditakutkan oleh perusahaan, karena takut karyawan mereka tidak fokus pada pekerjaannya.

5 ) Adanya konflik

Kelima yang membuat karyawan terbaik ingin resign walaupun sudah memilki gaji yang tinggi karena munculnya sebuah konflik, baik itu dengan teman sekantor ataupun atasannya. Konflik adalah salah satu hal yang dapat membuat seseorang tidak nyaman, konflik muncul karena beberapa hal seperti perbedaan pendapat, ketidakcocokan ataupun datang dari hal-hal yang lebih personal.

6 ) Adanya perubahan kebijakan

Adanya perubahan regulasi, kebijakan, ataupun pergantian manajemen dapat membuat karyawan terbaik mengajukan surat pengunduran diri. Situasi perubahan kebijakan yang tidak menguntungkan karyawan akan membuatnya angkat kaki dari perusahaan tersebut.

7 ) Prospek perusahaan sudah tidak menjanjikan lagi

Bisnis perusahaan memang tidak selamanya maju ada kalanya bisnis yang dijalankan mengalami kemunduran atau prospek yang sedant tidak baik. Trend musiman ini jugalah yang membuat karyawan terbaik resign dalam perusahaan dan memilih perusahaan yang memilki prospek yang lebih baik.

LEAVE A REPLY