Dear User : Berikut Adalah Benefit Merekrut Fresh graduate

Dear User : Berikut Adalah Benefit Merekrut Fresh graduate

Kebanyakan pihak user atau manajemen menginginkan kandidat yang berpengalaman dengan segudang portofolio yang menakjubkan, permintaan tersebut membuat HRD harus memasang kualifikasi yang tinggi di iklan lowongan pekerjaan. 

Pengalaman bekerja di bidang yang sama memang menjadi modal utama untuk bisa memahami tugas dan tanggung jawab, agar dapat mengikuti ritme bekerja di perusahaan. 

Kualifikasi yang tinggi ini membuat lulusan baru atau fresh graduate menjadi dikesampingkan, padahal ada banyak keuntungan atau benefit yang akan didapat perusahaan ketika merekrut angkatan kerja baru. 

Ketika Anda mempekerjakan seorang fresh graduate, yang mereka kejarlah bukanlah gaji yang tinggi atau bagaimana caranya mendapatkan jabatan, melainkan bekerja dan memberikan performa yang terbaik bagi perusahaan. 

Tidak semua freshgraduate yang baru lulus kemampuannya dibawah kandidat yang berpengalaman, dengan arahan yang tepat bisa saja mereka memiliki skill yang lebih baik. Dan berikut adalah benefit mempekerjakan pekerja fresh graduate

Benefit mempekerjakan freshgraduate

1 ) Semangat bekerja dan belajar yang tinggi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ketika seorang fresh graduate diterima bekerja maka hanya akan ada satu hal yang ia lakukan, yaitu bekerja sebaik mungkin untuk perusahaan. 

Begitu seorang fresh graduate masuk ke dalam perusahaan, ia akan menaruh fokus penuh pada tugas dan tanggung jawabnya tanpa embel-embel cari muka, politik kantor atau mengincar gaji dan jabatan. 

Selain bekerja keras mereka juga gigih untuk belajar hal baru, angkatan kerja baru masih sangat terbuka dengan hal-hal baru, mereka akan dengan senang hati untuk mempelajarinya. 

Baca juga : 10 job portal terbaik di Indonesia untuk apply lamaran online

2 ) Tidak neko-neko soal gaji

Ketika lulus pendidikan hal yang paling diinginkan oleh seorang fresh graduate adalah mendapatkan pekerjaan, dan kebanyakan dari mereka tidak mematok gaji yang tinggi, biasanya seorang fresh graduate dapat menerima gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Memang tidak semua lulusan baru demikian,ada juga yang menuntut gaji yang setara dengan kandidat yang berpengalaman.

Namun umumnya selama perusahaan memberikan nilai yang layak dan pantas, pekerja fresh graduate tidak mempermasalahkan. Karena bagi mereka, pengalaman bekerja adalah yang terpenting. 

3 ) Ambisius dan penuh motivasi

Keunggulan fresh graduate lainnya adalah mereka orang yang masih sangat termotivasi dan memiliki ambisi. Hal ini akan terlihat dari bagaimana mereka bekerja, dengan gairah dan semangat yang tinggi. 

Disadur dari HR in Asia, kebanyakan lulusan baru sangat berterima kasih dan menghargai atas kesempatan yang diberikan perusahaan kepada mereka. Dan hal tersebut membuat mereka termotivasi. 

Pekerja yang termotivasi akan semangat dalam menghadapi tantangan, serta aktif dalam memberikan saran dan memiliki inisiatif yang tinggi dalam bekerja.

4 ) Creative dan out of the box

Sebagai angkatan kerja baru, rata-rata umur fresh graduate masih sangat muda dan hal tersebut membuat mereka datang dengan ide-ide baru yang kreatif. 

Salah satu berlian yang ada di dalam seorang fresh graduate adalah nilai kreativitas mereka. Tidak jarang dari mereka memiliki ide cemerlang yang out of the box ,dan memiliki dampak positif bagi kemajuan perusahaan. 

Dan di era sosial media ini, banyak perusahaan yang melakukan optimasi pemasaran melalui platform-platform sosial media. Angkatan kerja baru saat ini sangat akrab dengan perkembangan internet sehingga sangat mudah bagi mereka untuk beradaptasi. 

Perusahaan membutuhkan darah segar, dan mulai bergerak dengan cara yang baru, untuk bisa tetap eksis dan berkompetisi di era ini. 

Baca juga : Apa itu ASN ? Serta Perbedaan PNS dan PPPK (fungsi, tugas dan benefit)

5 ) Up to date dan inovatif

Tidak hanya kreatif dan mampu menciptakan hal yang baru, fresh graduate juga mampu berinovasi, yakni memadukan yang lama dengan yang baru sehingga terlihat unik namun tidak kehilangan esensinya. 

Fresh Graduate adalah lambang new mind di dalam perusahaan, yang diharapkan dapat membawa perubahan. 

6 ) Pendengar yang baik namun aktif ketika dimintai saran

Hal spesial lainnya dari seorang fresh graduate adalah mereka mampu menjadi pendengar yang baik, dan mampu mengaplikasikan instruksi dengan baik. 

Sebagai “The new kids on the block” fresh graduate selalu terbuka dengan masukan, pendapat, dan kritikan atas kinerja mereka. Apabila diberikan arahan yang tepat, fresh graduate bisa berkembang menjadi SDM yang potensial.

Dan selain pendengar yang baik, fresh graduate juga aktif ketika dimintai saran, pendapat, atau ide. Mereka senang ketika suara dan gagasan mereka didengar, apalagi diperhitungkan oleh atasannya. 

Ini akan menjadi moodbooster yang baik bagi seorang fresh graduate dalam bekerja, ketika mereka dihargai dengan cara diajak bicara dan dimintai pendapat ini akan berdampak langsung pada motivasi kerja mereka. 

Demikian adalah benefit mempekerjakan fresh graduate, walaupun pekerja berpengalaman dengan segudang portofolio bisa mempercepat proses transisi dan adaptasi, namun menerima pekerja yang baru lulus juga bisa menjadi investasi masa depan bagi perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *