fbpx
Cara mengajukan KUR (kredit usaha rakyat)

Cara mengajukan KUR (kredit usaha rakyat)

Kredit usaha rakyat – Pemerintah, melalui banyak lembaga keuangan yang mengeluarkan produk-produk keuangan yang dapat diikuti oleh pemilik usaha. Jenis dan nama yang kadang-kadang bervariasi membuat kita bingung untuk memahami. Beberapa bahkan tidak tahu. Tapi KUR mungkin sudah terdengar akrab di telinga. Jadi apa pengertianya?

Apa itu Kredit Usaha Rakyat?

KUR singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Artinya adalah rencana bantuan keuangan oleh anggaran pemerintah melalui bank sebagai penengah.

Dilihat oleh nama sebagai kredit, dapat ditetapkan bahwa itu adalah bentuk pinjaman bank akan dibayar oleh kreditur dalam angsuran dan berdasarkan minat yang telah disepakati dalam jangka waktu tertentu.

Semua bentuk perusahaan bisa mendapatkan pinjaman ini. Mengenai kondisi untuk mendapatkan adalah:

1 ) Usaha produktif. Ini berarti bahwa perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang jelas menguntungkan bagi perusahaan.

2 ) Hal ini layak usaha. Ini berarti bahwa perusahaan yang benar-benar layak untuk dikembangkan untuk melihat potensi yang dapat direalisasikan dengan dana bantuan keuangan kepada pihak lain dalam kasus ini, kita sebut bank.

Selain persyaratan KUR, pemohon juga harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

· Perusahaan milik yang benar-benar memenuhi syarat yang produktif dan layak. Bank akan membuat penilaian kelayakan.

· Menyiapkan dokumen untuk perusahaan seperti KTP, KK, tindakan kewirausahaan, SIUP, TDP, deskripsi rumah (jika bisnis berbeda dari kediaman, domisili), laporan keuangan dan bulanan juga termasuk KUR surat usulan yang ditujukan kepada Bank untuk di tangani.

· Menyerahkan semua file yang diminta oleh bank yang bersangkutan dan memenuhi semua persyaratan (untuk bank yang berbeda akan alur yang berbeda dan persyaratan lainnya selain yang disebutkan di atas).

· Jika semua persyaratan administrasi selesai, bank akan langsung meninjau tempat Anda. Berikut kelayakan KUR lakukan.

Dalam memahami KUR di atas KUR dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan titik permodalanya.

Apa yang dimaksud dengan KUR mikro?

Arti dari KUR mikro adalah bentuk pinjaman kecil yang berfokus pada usaha mikro kecil hingga 25 juta kapitalisasi. Lebih spesifik makna yang berbeda sedikit dari satu bank ke bank lain dalam hal dana pinjaman maksimum.

Ada dua jenis pembagian dana pembayaran pinjaman untuk usaha mikro adalah sebagai berikut:

· Maksimal 3 tahun untuk pinjaman untuk omset bisnis dana

· Selamanya 5 tahun untuk perusahaan kredit investasi

Apa itu KUR Ritel?

KUR ritel adalah pinjaman dengan nilai nominal maksimum 500 juta. Bisnis yang menerima bantuan pemerintah umumnya dibangun oleh kelas menengah yang memiliki potensi untuk melunasi dengan tarif flat atau anuitas setara.

Suatu periode panjang pinjaman sebagai berikut:

· Selamanya 4 tahun untuk bekerja bisnis kredit pembiayaan modal

· Selamanya 5 tahun untuk pembiayaan investasi

Kondisi hampir sama dengan bentuk KUR mikro, tetapi ada beberapa tambahan adalah bahwa perusahaan harus memiliki garansi atau jaminan, karena merupakan skala yang lebih kecil.

Apa KUR TKI?

Yang dimaksud dengan KUR TKI adalah suatu bentuk bantuan keuangan dari pemerintah untuk para pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagai modal awal dalam kisah perjalanannya ke negara tujuan.

Dalam hal ini, pemerintah melalui anggaran nasional telah menjalankan struktur dengan pemerataan, stabilisasi dan distribusi sehingga modal dapat dirasakan oleh masyarakat secara adil dan cara yang dapat diterima dalam bentuk nyata.

jumlah nominal maksimum yang dapat diterima pekerja migran adalah 25 juta dengan tingkat bunga 7% per tahun. payback period yang diperkirakan ditargetkan pada maksimal 3 tahun dari pinjaman yang telah cair.

Kondisi khusus untuk menerima KUR TKI adalah sebagai berikut:

· Memiliki identitas diri antara surat-surat lainnya KTP, KK atau domisili

· surat yang menunjukkan penyesuaian yang sehat dari tahap seleksi kesehatan, termasuk pernyataan dokter dan hasil rumah sakit pemeriksaan medis yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

· Surat perjanjian kontrak yang dikeluarkan oleh negara tujuan atau swasta pelaksanaan penempatan PPTKIS TKI.

· Paspor yang masih berlaku beserta kartu ID.

Syarat mengajukan KUR (kredit usaha rakyat)

Yang paling sering mengajukan pertanyaan oleh pengusaha adalah bagaimana mereka dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh pinjaman kecil? Bahkan, untuk mendapatkan kredit usaha, ada beberapa langkah yang harus di lakukan.

Pertama, pinjaman kecil adalah pinjaman untuk jenis usaha produktif. Jika Anda mencoba jenis usaha produktif, maka Anda dapat mengajukan pinjaman kecil pada persyaratan dan mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

Untuk dokumen yang diperlukan bervariasi tergantung pada bank pemasok. Kemudian dipenjelasan berikutnya Anda dapat melihat persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Jika persyaratan dokumen terpenuhi, kemudian menyerahkan ke bank yang Anda pilih.

Di antara banyak bank yang ditunjuk oleh pemerintah, ada tiga bank ternama dalam kelayakan pinjaman, yaitu:

1. Bank Mandiri

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman kecil ke bank, maka pastikan terlebih dahulu jika Anda telah bekerja setidaknya minimal enam bulan. Ada beberapa jenis pinjaman kepada bank Mandiri, yang dapat Anda pilih untuk KUR Mikro dengan maksimal pinjaman Rp 25 juta tingkat maksimum 24 bulan.

KUR Ritel dengan batas maksimum Rp 200 juta dengan tenor sampai pada 60 bulan dan yang memiliki batas KUR khusus Rp 500 juta karena diberikan kepada mitra bisnis untuk kelompok produk.

Untuk persyaratan dokumentasi yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman ke Bank Mandiri yaitu (kartu identitas), KK (Kartu Keluarga), NPWP (nomor identifikasi pajak dari pajak), izin usaha (SIUP ) Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) dan rekening giro dalam enam bulan terakhir.

2. BRI

Selain itu, ada BRI memiliki tiga pilihan kredit usaha sehingga Anda dapat memilih salah satu yang cocok untuk anda.

KUR Mikro memberikan pinjaman modal atau investasi hingga pinjaman maksimal Rp 25 juta, dengan lama hingga 36 bulan KUR Ritel BRI untuk usaha produktif yang lama dengan maksimum pinjaman 500 juta dengan lama hingga 60 bulan. Untuk dokumen, Anda membutuhkan KTP, KK dan Dokumen lainnya.

3. BNI

BNI juga menyediakan pinjaman kecil yang dapat digunakan untuk modal produktif tambahan sebagai kredit modal pinjaman kerja dan investasi. Untuk pinjaman dari Bank BNI bisa mencapai 500 juta dengan pinjaman jangka hingga 36 bulan untuk kredit modal kerja dan 60 bulan untuk kredit investasi.

Syarat dan dokumen yang diperlukan adalah bahwa Anda status warga negara Indonesia, sebuah perusahaan yang sudah berjalan setidaknya enam bulan, Syarat dokumen yaitu ID, Surat pernikahan (bagi orang-orang yang sudah menikah), izin usaha, salinan garansi atau jaminan untuk pinjaman 25 juta, NPWP untuk kredit di atas Rp 50 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *