fbpx
Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

Cek keanggotaan bpjs kesehatan online. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan BPJS Kesehatan, program pemerintah yang ditawarkan untuk secara luas dan merata. Tidak hanya memiliki karyawan di sebuah perusahaan, ibu rumah tangga, bahkan jika bayi berhak untuk manfaat ini.

Jika Anda sudah terdaftar dan nomor kartu anggota, Anda dapat Cek keanggotaan bpjs kesehatan online untuk kondisi dan jenis fasilitas kesehatan yang Anda dapatkan.

Peserta BPJS

Yang memiliki hak untuk memperoleh anggota BPJS kesehatan. Pemerintah telah meminta seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi peserta BPJS. Dengan demikian, muda dan tua, bekerja atau tidak, semuanya harus terdaftar dalam program kesehatan.

Pernyataan ini juga termasuk warga negara asing yang bekerja di Indonesia selama minimal 6 bulan dan iuran membayar. BPJS kesehatan, jenis keanggotaan dibagi menjadi dua jalur utama:

1. Penerima Manfaat Asuransi Iuran Kesehatan (PBI-JK). Program asuransi kesehatan dan warga tidak mampu dibayar oleh pemerintah pusat melalui APBN dan pemerintah lokal dengan anggaran.

2. Tidak ada penerima manfaat biaya (tidak PBI), termasuk:

Penerima upah (PPU) adalah orang yang bekerja untuk menerima upah atau gaji. UPP dibagi menjadi dua jenis, yaitu PPU dalam pelayanan negara dan non-negara (pegawai negeri, bisnis dan perusahaan swasta).

Pekerja Tidak menerima Upah (PBPU) adalah orang yang bekerja yang berisiko, yang terdiri dari notaris / pengacara / LSM, dokter / bidan praktek swasta, pedagang / penyedia layanan, petani / peternak, nelayan, driver, mekanik, dan pekerja lain yang mampu membayar kontribusi.

Non-pekerja (BP) adalah orang yang tidak salah satu dari mereka yang terdaftar dan biaya dibayar oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah, dan PPU PBPU. Tidak ada pekerja dibagi menjadi dua kelompok, yaitu BP pada negara (seperti penerima manfaat pensiun pejabat negara, veteran dan perintis kemerdekaan) dan pejabat BP non-negara (termasuk investor , pengusaha dan BP lainnya mampu untuk membayar kontribusi).

Anggota keluarga yang ditanggung dalam program kesehatan

Selain diri atau staf, peserta BPJS dapat mendukung anggota keluarga. Maka semua orang dari anggota keluarga yang mungkin terlibat sebagai peserta jaminan ini.

1. Jika seseorang terdaftar untuk PBI-JK dengan iuran yang dibayarkan oleh pemerintah pusat, anggota keluarga ditutupi oleh asuransi kesehatan adalah mereka yang namanya tercatat oleh Departemen Kesehatan atas dasar Kementerian sosial.

2. Jika pendaftar untuk PBI-JK dan kontribusi oleh pemerintah daerah, anggota keluarga dilindungi oleh asuransi kesehatan adalah mereka yang namanya terdaftar dan didirikan oleh pemerintah provinsi atau pemerintah daerah kabupaten kota.

3. Jika seseorang terdaftar untuk PPU, para anggota keluarga yang tercantum pasangan yang sah (suami / istri) dan maksimal tiga, dengan kriteria sebagai berikut:

· Tidak atau belum pernah menikah atau tidak memiliki penghasilan sendiri;

· Tidak lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun dan tidak 25 tahun (dua puluh lima) tahun masih mengejar pendidikan formal;

· Jika anak 1 (pertama) sampai anak ke-3 (ketiga) ditutup, status anak bisa diganti dengan anak berikutnya dalam urutan kelahiran, dengan jumlah maksimum tanggungan adalah 3 anak-anak yang sah.

· Peserta yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari lima (5) orang termasuk peserta mungkin melibatkan anggota keluarga yang lain dengan membayar biaya tambahan.

4. Jika seseorang terdaftar statusnya PBPU dan BP, anggota keluarga telah didefinisikan untuk menyertakan pasangan yang sah (suami / istri), semua anak-anak dan anggota keluarga lainnya yang termasuk dalam keluarga.

Dilihat dari jumlah point 3, maka anak yang baru lahir dapat secara langsung untuk melibatkan orang tua dan BPJS dikirimkan oleh status aktif.

Bagaimana Cek keanggotaan bpjs kesehatan online

blank

Setelah terdaftar dalam program asuransi kesehatan pemerintah yang berpartisipasi, Anda harus membayar kontribusi BPJS fasilitas kesehatan sesuai yang Anda keanggotaan. Jika Anda belum membayar BPJS, mungkin tunggakan berdampak pada keanggotaan Anda.

Ingin tahu status keanggotaan Anda? Ada beberapa cara Cek keanggotaan bpjs kesehatan online yang dapat Anda coba:

1. Pemeriksaan BPJS

Anda dapat mengunjungi situs resmi BPJS status jaminan keanggotaan ini. Langkah-langkahnya adalah:

Kunjungi https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

Isi kolom yang ada pada halaman. Dari kartu kesehatan nomor BPJS, tanggal lahir dan nomor validasi di layar.

Setelah mengisi semua bidang, klik "control".

Situs kesehatan BPJS menampilkan semua informasi tentang partisipasi Anda. Dari identitas Anda, status keanggotaan, jenis keanggotaan, jumlah anggota keluarga adalah tanggung jawab Anda. Kemudian ketika Anda tarik bagian bawah layar, setiap bulan daftar faktur dan tanggal pembayaran.

2. Dengan BPJS seluler

Selain melalui situs resmi, Anda dapat memeriksa keanggotaan BPJS online melalui aplikasi mobile bernama JKN-KIS BPJS. Untuk memeriksa status keanggotaan Anda dengan aplikasi ini, Anda perlu men-download terlebih dahulu.

Mendownload aplikasi JKN-KIS BPJS di Google Play Store atau iTunes App Store dan diinstal pada smartphone

Membuka aplikasi, Anda akan menemukan form login yang meminta nomor kartu BPJS atau alamat email dan password. Jika Anda belum pernah terdaftar dalam aplikasi ini, lengkapi formulir dan klik "Login".

Jika mereka sudah memiliki bukan aplikasi, klik "Simpan". Anda akan menemukan bentuk identitas yang harus diselesaikan, seperti nomor BPJS kartu, nomor identifikasi pemerintah, tanggal lahir, nama ibu, email, nomor telepon dan password. Masukkan alamat e-mail dan nomor ponsel menggunakan data yang sama saat daftar BPJS.

Klik "Simpan" jika memenuhi semua formulir aplikasi. Anda akan menemukan bentuk verifikasi untuk diisi dengan kode angka yang unik. Kode akan dikirim melalui email ke aplikasi yang diminta.

Buka pemberitahuan melalui surat elektronik aplikasi JKN-KIS, salin kode numerik dan masukkan ke dalam Form Verifikasi. Kemudian klik pada "Periksa".

Setelah diverifikasi, aplikasi akan berada di menu utama yang memiliki karakteristik tertentu JKN-KIS.

Untuk menemukan keanggotaan Anda BPJS Kesehatan, silahkan pilih "peserta".

3. Call center BPJS

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa keanggotaan BPJS online adalah dengan menghubungi BPJS call center. Nomor kontak call center 1500 400 dan Anda akan terhubung ke pusat layanan kepada pelanggan BPJS siap untuk merespon pertanyaan dan keluhan semua peserta selama 24 jam.

4. SMS Getaway

Anda juga dapat memeriksa status anggota BPJS dengan mengirimkan SMS ke BPJS. Ada beberapa format SMS yang dapat digunakan untuk memeriksa status partisipasi, di antaranya:

· NIK <spasi> ID KTP

· Noka <spasi> kartu kesehatan BPJS

· PIN <spasi> ID Karyawan

Pilih salah satu dari tiga format itu, dan kirimkan ke: 08777-5500-400. Tunggu respon BPJS.

Selain online, Anda juga dapat memeriksa BPJS Status anggota offline. Yang pertama adalah untuk langsung ke BPJS cabang terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *