fbpx
Apa Itu Headhunter ? Serta Benefitnya Untuk Proses Rekrutmen Karyawan

Apa Itu Headhunter ? Serta Benefitnya Untuk Proses Rekrutmen Karyawan

Headhunter adalah agen atau perusahaan yang memberikan jasa rekrutmen dan konsultasi terkait SDM kepada perusahaan lainnya. Headhunter merupakan spesialis dalam mencari SDM yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh klien. 

Headhunter memiliki peran dan tanggung jawab kepada pihak klien dalam mensupply kandidat yang sesuai dan terbaik, mulai dari level staff, manajerial, strategis sampai C-suite atau eksekutif seperti direksi dan CEO. 

Lalu apa perbedaan HR rekrutmen perusahaan dengan headhunter ? secara garis besar tujuan dari tugas masing-masing memang sama, yakni memastikan proses rekrutmen karyawan lancar, dan jabatan yang kosong dapat diisi dengan kandidat yang tepat. 

Namun HR rekrutmen adalah internal perusahaan, yang tugasnya tidak hanya mengurus proses rekrutmen karyawan, melainkan banyak hal lainnya mulai dari administrasi kepersonaliaan sampai pengembangan SDM.

Sedangkan headhunter fokus pada satu hal, yakni mencari kandidat yang sesuai. Dan mereka memiliki keunggulan dari relasi dengan para kandidat yang berkompeten dan database kandidat yang sebelumnya telah disortir, sesuai dengan profesi dan keahlian. 

Headhunter juga memiliki waktu dan fokus dalam mengamati kandidat-kandidat yang berkompeten di banyak perusahaan, inilah yang membuat mereka selalu siap untuk mensupply kandidat berkompeten kepada klien mereka. 

Perusahaan yang biasanya menggunakan jasa headhunter berorientasi pada kepuasan tenaga kerja, mereka membutuhkan kandidat dengan high requirement untuk bisa bekerja dan memberikan kontribusi yang lebih dari biasanya. 

Sistem Kerjasama Headhunter 

blank

Sampai saat ini belum ada sistem kerjasama yang baku antara perusahaan yang menggunakan dengan headhunter itu sendiri, yang juga berkaitan dengan biaya, jaminan, dan lainnya. 

Baca juga : PENTING! Pahami PPN dan PPH Pasal 22 Agar Tak Merasa Terjebak

Namun dari informasi yang diberikan oleh salah satu Headhunter di Jakarta kepada tim blog PayrollBozz, mengungkapkan beberapa sistem kerjasama dan jaminan apa saja yang diberikan kepada klien. 

Fee (Biaya)

Mengenai biaya jasa/layanan yang diberikan headhunter dalam rekrutmen karyawan tergantung pada level job, masing-masing job title dikenakan biaya/rate yang berbeda seperti berikut ini : 

Blue Collar Position/Worker

Blue Collar adalah istilah yang digunakan untuk pekerja buruh. Untuk fee yang dikenakan pada level posisi ini dihitung per individu, dengan tarif yang rata. 

Contoh : Perusahaan ABC membutuhkan 2 kandidat untuk posisi Blue Collar, dengan tarif satu kandidat dikenakan biaya layanan sebesar 1 juta rupiah. Berarti biaya yang perlu dikeluarkan Perusahaan ABC untuk 2 kandidat adalah 2 juta rupiah.

White Collar Position

White collar position adalah istilah yang digunakan untuk pekerja kantor, dalam kategori ini termasuk staff, supervisor, manajer dan lainnya. Untuk level posisi ini tarif yang dikenakan tidak flat, melainkan sesuai dengan salary yang diterima oleh kandidat per tahunnya. 

Contoh : Perusahaan ABC yang membutuhkan 1 kandidat untuk posisi supervisor, dengan salary 8 juta rupiah per bulan atau 96 juta per tahun. Maka tarif yang dikenakan 30% dari gaji per tahun kandidat tersebut, yakni Rp 28.800.000

C-suite 

C-suite atau posisi eksekutif di perusahaan seperti direksi dan CEO dikenakan tarif 10%-20% dari gaji kandidat per tahun.

Contoh : Perusahaan ABC membutuhkan kandidat untuk posisi CEO, dengan gaji 35 juta per bulan atau 420 juta per tahun. Maka tarif yang dikenakan untuk posisi ini sekitar 42 juta. 

Benefit menggunakan jasa headhunter

blank

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, headhunter adalah spesialis dalam hal rekrutmen kandidat yang berkualitas, mereka memiliki relasi, jaringan, dan metode tersendiri dalam mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan klien. 

Adapun keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari menggunakan layanan headhunter adalah sebagai berikut : 

Daftar kandidat yang berkualitas sesuai dengan requirement

Kandidat yang berkualitas yang dimaksud adalah mereka yang profesional, berpengalaman di bidangnya, berintegritas, dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Mengenal portfolio kandidat

Headhunter tidak hanya mengenal kandidat yang dia pilih, tetapi juga mengenal kualitas dari pekerjaannya. Oleh karenanya mereka tahu dengan baik, apakah sang kandidat benar-benar ahli dalam bidangnya, yang dilihat dari portfolio nya. 

Baca juga : Kenapa Perlu Software HRIS Untuk Masa Depan Perusahaan? Ini Penjelasannya.

Jaminan / garansi

Beberapa headhunter termasuk yang memberikan informasi kepada tim blog payrollbozz juga menyediakan garansi kandidat. Yang mana apabila performa kandidat tidak sesuai harapan selama 3 bulan atau sudah mengajukan resign sebelum 3 bulan bekerja. Maka pihak headhunter akan mencarikan pengganti kandidat tersebut tanpa dikenakan biaya lagi. 

Menghemat waktu perusahaan

Selain mendapatkan jaminan kandidat yang berkualitas, tim HR perusahaan juga menghemat waktu untuk proses rekrutmen dan berfokus kepada hal lainnya yang lebih penting seperti pengembangan SDM. 

Demikian adalah pengertian headhunter serta sistem kerjasama dan benefit yang didapat, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *