10 Fakta unik tentang generasi milenial di dunia kerja

10 Fakta unik tentang generasi milenial di dunia kerja

2536
1
BERBAGI

Generasi milenial adalah mereka yang lahir pada tahun1981 sampai 1994, namun ada juga yang mengatakan bahwa generasi milenial lahir di bawah tahun 2000. Generasi ini tumbuh besar bersama teknologi, terutama teknologi informasi. Kaum milenial atau juga biasa disebut Gen Y ini sekarang sudah tumbuh besar kebanyakan dari mereka memulai bisnis mereka sendiri, dan sebagianya kebanyakan bekerja di perusahaan berkembang atau start-up. Dan kali ini admin akan membahas 10 fakta unik tentang generasi milenial yang mungkin informasi ini juga penting bagi manajemen sumber daya manusia.

10 Fakta unik tentang generasi milenial di dunia kerja

1 ) Generasi milenial hobi pindah tempat kerja

Generasi yang cepat berkembang karena di dukung oleh teknologi informasi ini menurut studi yang dilakukan oleh konsultan bisnis gallup yang dilakukan di AS, mereka yang lahir di tahun 1981 sampai 1996 adalah generasi yang paling sering pindah kerja di bandingkan generasi lainnya. Hal ini disebabkan karena generasi milenial sangat membuka diri terhadap peluang karir yang lebih menjanjikan.

2 ) Kesenjangan gaji

Kesenjangan gaji masih dirasakan oleh generasi milenial, mereka yang rata-rata adalah fresh graduated masih di berikan upah yang tidak sama.

3 ) Berpendidikan tinggi tapi malah nganggur

Generasi milenial rata-rata memilki latar belakang pendidikan yang tinggi, kebanyakan dari mereka memiliki gelar strata 1, tapi justru fakta yang mengejutkan adalah bahwa kebanyakan dari pengangguran adalah mereka yang berusia 20 sampai 32 tahun. Hal ini mungkin disebabkan karena generasi milenial lebih suka kerja sebagai part timer/freelance, atau kebanyakan dari keterampilan yang mereka miliki tidak terlalu dibutuhkan di perusahaan.

4 ) Suka dengan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan kreatif

Berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu baby boomers, yang mayoritasnya adalah generasi pencipta atau pembangun, gen milenial yang sangat suka dengan pekerjaan dengan menggunakan keterampilan kreatif, contoh fotografi, film, design, dan gen milenial juga sangat inovatif.

5 ) Tidak mementingkan keselamatan bekerja

Gen milenial juga dikenal sebagai generasi yang ceroboh dan cenderung menomor dua kan keselamatan mereka sendiri. Di negara maju seperti AS saja 24% dari pekerja generasi milenial tidak memiliki asuransi jiwa atau kesehatan.

6 ) Yang penting sukses dulu baru menikah

Generasi milenial biasanya memilki pemikiran yang rasional termasuk dalam hal menikah, kebanyakan dari mereka lebih baik menunda pernikahan dari pada menunda kesuksesan.

7 ) Berani meminjam modal ke bank untuk usaha

Generasi milenial selain dikatakan generasi mas tapi ada juga yang mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang nekat. salah satu kenekatannya adalah meminjam uang dalam jumlah yang besar untuk membuka usaha. cara ini sah-sah saja asalkan memilki bisnis planing yang jelas.

8 ) Lebih suka menjadi bos dari pada karyawan

Kebanyakan perusahaan start-up yang menguasai pasar bisnis saat ini dibentuk atau dipimpin oleh generasi milenial terutama di segementasi usaha berbasis online. Berkat pengetahuan mereka mengenai teknologi informasi memudahkannya untuk membuka peluang usaha sendiri dan menjadi bos di perusahaan mereka sendiri.

9 ) Lebih suka memecahkan masalah daripada mengerjakan sesuatu

Orang-orang milenial sudah terlatih intuisinya dalam memecahkan masalah berkat kehadiran teknologi, kemampuan mereka sebagai problem solver tidak perlu diragukan lagi. mereka sering menganggap bahwa mereka lahir ke dunia ini bukanlah untuk bekerja melainkan untuk menciptakan sesuatu atau memperbaiki sesuatu, jadi berikanlah kesempatan karyawan anda terutama yang milenial dalam menyelesaikan masalah dengan cara mereka sendiri.

10 ) “Pekerja cerdas” bukan “pekerja keras”

Kebanyakan dari generasi milenial mengeluh ketika disuruh bekerja keras, mereka memilki cara sendiri yang lebih efektif dalam menyelesaikan masalah tanpa harus capek dan keluar keringat.

Nah demikian adalah 10 fakta unik tentang generasi milenial di dunia kerja, semoga dan adanya informasi ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi HR dalam menangani generasi yang masih tergolong muda-muda ini. Seperti yang dikatakan pada point 9 dan 10 bahwa mereka harusnya diberikan waktu dan ruang untuk mengeksplor sendiri dan menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY