Pengaruh teknologi terhadap dunia industri

Pengaruh teknologi terhadap dunia industri

2402
0
BERBAGI

Teknologi dalam kehidupan manusia terutama di zaman modern ini memang tidak dapat lagi dipisahkan. Teknologi datang di segala lini kehidupan manusia, membantu dan memudahkan urusan, Tidak terkecuali di dalam dunia kerja. Teknologi baik itu perangkat lunak atau mesin kini selalu hadir dalam dunia kerja, terutama dalam bidang insutri.

Sekarang ini banyak bidang manufakturing yang menggunakan bantuan dari robot, mesin, otomatisasi dan teknologi pendukung lainnya. Robot atau mesin yang ada sekarang ini memiliki sebuah pemrograman yang menyebabkan mereka dapat mengerjakan tugas-tugas manusia yang sulit ataupun berbahaya sekalipun. Lalu dampak apa yang akan dihasilkan dari invasi teknologi ke lingkungan pekerjaan ? mari kita bahas positif dan negatifnya dari masuknya teknologi canggih ke bidang industri.

SISI POSITIF DARI INVASI TEKNOLOGI KE DUNIA PERINDUSTRIAN

1 ) KEAMANAN & KESELAMATAN

Dengan adanya invasi industri keselamatan pekerja akan lebih terjaga, pekerjaan yang mengandung resiko bahaya yang tinggi kini dapat di digantikan oleh mesin atau robot. Yang pastinya membuat keselamatan mereka lebih terjamin.

2 ) LEBIH CEPAT DAN TAHAN LAMA

Alasan industri menggunakan mesin/robot saat ini yang utama adalah karena mereka lebih cepat dan tahan di operasikan selama 24 jam. Ini adalah salah satu kelebihan mesin yang tidak bisa di lakukan oleh manusia.

3 ) BIAYA YANG DIKELUARKAN RELATIF MURAH

Untuk masalah perawatan mesin memang bisa dibilang relatif, dibilang terlalu murah tidak juga dan dibilang terlalu mahal juga tidak, karena mesin di dalam bidang industri pasti memiliki manfaat yang besar jika dibandingkan antara biaya perawatan mesin dengan mempkerjakan orang, maka menggunakan mesin akan lebih menghemat dan efektif.

4 ) MAMPU MEMPRODUKSI MASSAL DENGAN CEPAT DAN DENGAN KUALTIAS YANG SAMA

ini adalah salah satu keunggulan mesin dibandingkan manusia yaitu dapat memproduksi secara cepat dengan kualitas yang sama. hal ini mungkin tidak dapat dilakukan oleh sejumlah orang yang memproduksi suatu barang secara cepat dan kualitas sama. Teknologi industri yang ada di dalam mesin dapat di setting program kerjanya sehingga mereka dapat beroperasi dengan format yang sama untuk setiap barang yang di produksinya.

SISI NEGATIF DARI INVASI TEKNOLOGI KE DUNIA PERINDUSTRIAN

1 ) ANCAMAN BAGI MANUSIA

Bagi beberapa orang dengan hadirnya mesin di bidang industri cukup mengkhawatirkan karena secara tidak langsung suatu saat pekerjaan mereka akan tergantikan oleh robot.

2 ) KURANG DETAIL

Pada beberapa aspek hasil pekerjaan manusia memang lebih baik, salah satu kekurangan mesin adalah kedetailan pada barang. Ada beberapa barang yang harus di produksi sangat detail sekalipun pada aksen yang kecil, yang terkadang mesin/robot tidak dapat melakukan hal tersebut.

3 ) PERLU UPGRADE BERKALA SESUAI KEBUTUHAN

Menggunakan mesin membutuhkan upgrade berkala hal ini wajib dilakukan agar kinerja mesin tetap baik.

4 ) MASALAH PADA MESIN YANG KOMPLIKATIF

mesin adalah rangkaian alat yang digabungkan untuk dapat mengerjakan sesuatu. dan karena diciptakan dari rangkaian alat maka kerusakan pada mesin sering kali tidak dapat terdeteksi, dan yang lebih membuat bingu ketika permasalahan pada mesin sudah menyebar ke elemen mesin yang lain, tentunya akan sulit diperbaiki yang pada akhirnya membuat produksi terhambat.

 

LEAVE A REPLY