Tips Mudah Bagaimana Cara Masuk Akpol: Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Tips Mudah Bagaimana Cara Masuk Akpol: Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui

3901
0
BERBAGI

Banyak orang yang tertarik untuk masuk ke Akademi Kepolisian dengan beragam alasan mungkin Anda pun termasuk salah seorang yang tertarik untuk mengetahui bagaimana cara masuk Akpol. Bagi Anda yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi serta keinginan untuk membela negara dimana pun Anda berada serta berdedikasi tinggi, mampu mendedikasikan seluruh hidupnya untuk negara maka masuk ke dalam Akademi Kepolisian merupakan jalan yang tepat.

Akan tetapi selayaknya memasuki tempat-tempat pendidikan lain seperti universitas, memasuki tempat ini juga tidaklah mudah dan membutuhkan persiapan yang begitu matang. Apa saja yang perlu Anda siapkan jika ingin mengikuti tes masuk Akpol? Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Memenuhi Persyaratan Umum

cara-masuk-akpol-1

Cara masuk Akpol bisa dibilang mudah-mudah susah karena persyaratan umum yang diberikan kepada semua calon peserta tidaklah susah.

Beberapa persyaratan umum yang diajukan kepada Anda adalah berstatus sebagai warga Negara Indonesia. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap NKRI serta memahami pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Pendidikan terakhir yang dibutuhkan adalah setingkat SMU atau SMA sehingga kesempatan ini pun terbuka lebar untuk siapa pun.

Anda memiliki kesempatan yang setara untuk siapa pun yang ingin mencoba memasuki akademi kepolisian yang dibiayai oleh negara ini. Tentu dengan mengikuti langkah dan prosedur memasuki akpol yang benar.

Usia minimal untuk pendaftar adalah 18 tahun. Ia memiliki surat kesehatan yang dikeluarkan dari instuitusi kesehatan. Selain itu, tentu saja pendaftar tidak boleh memiliki catatan kriminal yang dibuktikan dengan SKCK.

cara-masuk-akpol-3

 

Anda harus memiliki jiwa yang berwibawa, jujur, serta baik. Akan sangat baik dan menambah nilai plus apabila Anda merupakan lulusan tempat pendidikan atau pelatihan pembentukan anggota kepolisian. Selain itu, setelah Anda merasa memenuhi seluruh persyaratan umum yang diajukan maka kini giliran Anda mengecek seluruh persyaratan khusus yang diberikan kepada Anda.

Persyaratan khusus ini berkaitan dengan nilai akademik Anda di sekolah, persyaratan fisik, dan berbagai hal teknis lainnya yang bisa Anda baca lebih lanjut di cara masuk Akpol yang ada di bawah ini.

Memenuhi Persyaratan Khusus

Cara masuk Akpol membutuhkan sejumlah persyaratan khusus yang harus bisa dipenuhi oleh seluruh peserta seperti beberapa persyaratan berikut ini.

Sebelumnya pada bagian persyaratan umum semua ketentuan telah dijelaskan dan hal tersebut berlaku baik untuk perempuan maupun laki-laki. Lalu persyaratan memasuki Akpol adalah Pria dan Wanita yang bukan merupakan anggota atau mantan Polri dan TNI serta bukan merupakan PNS atau Anda yang pernah mengikuti pendidikan Polri atau TNI sebelumnya.

Untuk ketentuan ini usia minimal peserta adalah 17 tahun dan maksimal 21 tahun yang dihitung mulai dari saat pembukaan pendidikan.

cara-masuk-akpol-2

 

Persyaratan selanjutnya adalah berdasarkan nilai kelulusan pendidikan yang dilihat dari nilai hasil ujian akhir nasional atau yang lebih dikenal sebagai UAN dengan nilai poin minimal adalah 7.0 untuk jurusan IPA dan IPS.

Peserta juga memiliki ijazah terakhir yang dikeluarkan oleh SMA atau MA jurusan IPA dan IPS dan bukan merupakan peserta yang berijazah dari lulusan paket A, B, dan C. Nilai minimal 7.0 ini berlaku untuk nilai rapor serta UN sedangkan khusus bagi peserta dari daerah Papua dan Papua Barat adalah 6.5. Cara masuk Akpol bagi peserta pria adalah memiliki tinggi minimal 165 cm dan bagi wanita adalah 160 cm.

Setidaknya peserta telah tinggal dan berdomisili di tempat Anda mendaftar selama 1 tahun yang dibuktikan dengan KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan domisili.

cara-masuk-akpol-4

Selanjutnya, untuk menjadi peserta Akpol maka Anda harus berani dan berkomitmen untuk tidak menikah dan memang belum menikah ketika mengikuti pelatihan.

Anda juga perlu mendapatkan izin dari orang tuan serta bersedia untuk menjalankan IDP atau Ikatan Dinas Pertama ketika resmi telah diangkat menjadi perwira polisi setidaknya selama 10 tahun. Anda juga tidak diperbolehkan untuk memiliki tindik atau bekas tato.

Anda juga harus memiliki fisik yang prima yang dibuktikan dengan serangkaian tes seperti tes berlari sejauh 2.5 km dalam kurun waktu 1 menit, tes berenang, dan beragam tes fisik lain. Anda juga harus memiliki penglihatan yang bagus. Jika Anda telah memenuhi seluruh persyaratan yang ada maka Anda dapat lulus dari seluruh rangkaian persyaratan cara masuk Akpol ini.

Deskripsi: Cara masuk Akpol tidak sulit asal Anda telah memenuhi seluruh kriteria yang disebut baik yang ada dalam persyaratan umum maupun khusus yang berlaku untuk pria dan wanita.

LEAVE A REPLY