Kuliah S2 Sambil Kerja? Ini Dia Tipsnya         

Kuliah S2 Sambil Kerja? Ini Dia Tipsnya         

2886
0
BERBAGI

Saat ini, persaingan di dunia kerja sangat ketat baik pada saat melamar pekerjaan maupun saat setelah diterima bekerja. Untuk mempertahankan dan meningkatkan karier memerlukan keahlian khusus yang harus dimiliki. Salah satunya adalah pendidikan yang memadai untuk peningkatan karier. Saat ini, posisi Anda akan lebih cepat meningkat bila memiliki gelar minimal S2. Anda bisa kuliah S2 sambil kerja agar posisi Anda aman dan jenjang karier dapat meningkat.

Cara Mengambil Jenjang S2 Tanpa Harus Berhenti Kerja

Saat ini, melanjutkan kuliah ke jenjang master atau S2 sudah menjadi kebutuhan. Selain meningkatkan posisi di perusahaan atau pekerjaan juga akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan. Untuk itu, melanjutkan kuliah ke S2 bisa dikatakan sangat penting. Namun bagaimana caranya kuliah S2 sambil kerja? Karena meninggalkan pekerjaan demi melanjutkan kuliah tentu sayang bukan? Jangan bingung, berikut ini adalah tips untuk Anda yang ingin kuliah sambil kerja.

1 ) Manfaatkan Cuti Belajar

kuliah-s2-sambil-kerja-1

Agar pekerjaan aman saat ditinggal melanjutkan studi S2, cobalah manfaatkan cuti belajar. Biasanya, baik pegawai negeri maupun karyawan swasta memiliki kesempatan untuk kuliah lagi dan mendapatkan ijin untuk cuti belajar. Ketika cuti belajar Anda akan tetap berstatus sebagai karyawan di tempat Anda, jadi Anda bisa kuliah sambil kerja. Namun untuk mendapatkan cuti belajar tentu ada syarat yang harus Anda penuhi.

Syarat cuti belajar pegawai negeri dan swasta biasanya berbeda-beda. Diantaranya, telah mencukupi masa kerja tertentu, mendapatkan ijin dari atasan, jurusan yang dipilih sesuai kebutuhan perusahaan, dan sebagainya. Anda sendiri yang harus mencari informasi dari tempat kerja Anda tentang bagaimana mendapatkan cuti belajar. Dengan demikian Anda bisa belajar dengan tenang tanpa kehilangan pekerjaan.

2 ) Pilih Kelas Karyawan

kuliah-s2-sambil-kerja-2

Cara lain untuk bisa kuliah S2 sambil kerja adalah dengan memilih program S2 untuk karyawan. Kelas karyawan biasanya disediakan oleh universitas baik negeri maupun swasta. Kelas karyawan memiliki waktu kuliah yang lebih fleksibel, misalnya malam hari atau akhir pekan. Sehingga mereka yang karyawan atau bekerja bisa tetap kuliah tanpa mengganggu waktu kerja mereka.

3 ) Pilih Pekerjaan Yang Fleksibel

kuliah-s2-sambil-kerja-3

Bagi Anda yang menginginkan kuliah S2 namun juga sambil melakukan pekerjaan, Anda bisa mencari pekerjaan yang fleksibel. Pekerjaan yang Anda lakukan sebaiknya tidak menggagu waktu kuliah namun juga bisa mendapatkan hasil yang lumayan. Anda bisa menjadi penulis buku maupun novel yang bisa dilakukan di waktu luang Anda. Melakukan bisnis online juga bisa menjadi alternative yang memadai untuk Anda.

4 ) Cari beasiswa yang menanggung semua biaya

kuliah-s2-sambil-kerja-4

Bila Anda menginginkan kuliah S2 sambil kerja dengan tentang, Anda bisa mengambil beasiswa S2 yang menanggung biaya pendidikan dan biaya hidup selama pendidikan. Pada saat kuliah S2 Anda bisa mencari pekerjaan sampingan dengan tenang. Anda bisa bekerja sebagai asisten dosen maupun di tempat lain yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai referensi yang berharga dalam daftar riwayat hidup Anda.

Selama ada semangat dan keinginan, kuliah S2 sambil kerja bisa Anda lakukan. Ketika Anda ingin kuliah sambil kerja, keseriusan dan focus sangat penting. Jangan sampai studi yang Anda lakukan melebihi masa yang ditentukan. Bila hal tersebut terjadi, kredibilitas Anda di tempat kerja bisa terganggu dan pada akhirnya Anda akan kesulitan meraih karier impian Anda. Selain itu, dukungan keluarga juga cukup membantu Anda menyelesaikan masa studi tepat waktu.

Deskripsi: Kuliah S2 sambil kerja bisa dilakukan dengan focus dan kesungguhan agar kuliah bisa berjalan dengan baik dan pekerjaan tidak terbengkalai hingga karier bisa meningkat sesuai keinginan.

LEAVE A REPLY