fbpx
Tips Memangkas Pengeluaran Perusahaan Dengan Business Process Modeling

Tips Memangkas Pengeluaran Perusahaan Dengan Business Process Modeling

Business Process Modeling atau pemodelan proses bisnis biasanya digambarkan dalam sebuah diagram system yang digunakan oleh perusahaan atau pelaku bisnis dalam menganalisis proses bisnis. Proses bisnis yang dijalankan biasanya terjadi atau dibentuk secara berurutan berdasarkan kegiatan maupun jangka waktu tertentu. Model yang ada dibuat dalam bentuk rencana yang bisa digunakan untuk mengestimasi pengeluaran perusahaan dalam kegiatan tertentu.

Memetakan Pengeluaran Perusahaan Dengan Business Process Modeling

pengeluaran-perusahaan-1

Langkah awal yang dilakukan untuk melihat pengeluaran perusahaan dalam melakukan suatu kegiatan adalah memetakan pengeluaran perusahaan. Pada dasarnya pembuatan model bisa dilakukan untuk semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Untuk dapat memetakan pengeluaran, maka perlu adanya diagram proses kegiatan yang dilakukan perusahaan secara runut dari awal hingga akhir kegiatan tersebut.

Apabila telah dapat dipetakan proses yang dijalankan, maka setiap proses dapat memulai menghitung pengeluaran perusahaan yang harus ditanggung. Pengeluaran perusahaan harus tercatat dengan detail dan akurat agar bisa dilakukan penilaian secara menyeluruh terhadap semua tahap yang ada. Apabila telah mendapatkan angka yang pasti.  Selanjutnya kita bisa menyesuaikan budget yang ada dengan pengeluaran yang dibutuhkan.

Penyesuaian Budget Pada Pengeluaran Perusahaan

business

Bila pengeluaran tidak sesuai dengan budget, kita bisa memangkas pengeluaran perusahaan untuk melakukan efisiensi. Namun demikian, pemangkasan yang dilakukan sebaiknya tidak mengurangi kualitas yang ada. Pemangkasan budget bisa dilakukan dengan mengganti pos pengeluaran kegiatan dengan alternative kegiatan yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas sekaligus, sehingga proses tetap berjalan dengan baik.

Tips Budget Tanpa Mengurangi Kualitas Kegiatan Dalam Proses Bisnis

pengeluaran-perusahaan-3

Untuk lebih mudah menggambarkan kegiatan dalam proses bisnis, akan lebih mudah kita menggambarkannya dalam sebuah contoh yang sederhana. Pengeluaran perusahaan yang ada akan dengan mudah terbentuk dalam sebuah pos anggaran pengeluaran. Selain itu, pencarian alternative juga akan lebih mudah dilakukan. Berikut ini, tips yang bisa digunakan untuk memangkas pengeluaran perusahaan secara efektif dan efisien.

Misalkan untuk pengadaan bahan baku dalam sebuah proses produksi, bila investasi yang ditanamkan terlalu besar untuk pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi, maka kita bisa mengganti proses pengolahan bahan baku dengan melakukan pembelian bahan setengah jadi yang telah tersedia di pasaran. Dengan demikian pengeluaran perusahaan dapat ditekan secara maksimal sehingga efisiensi dapat tercapai dengan baik.

Untuk menekan budget transportasi bahan baku, perusahaan juga dapat melakukan pembuatan pabrik pengolahan dilokasi yang dekat dengan tersedianya bahan baku. Berbagai pos pengeluaran bisa dilakukan penghematan dengan melakukan efisiensi yang optimal. Misalkan untuk mengurangi biaya training, pada saat rekruitmen pegawai, pilih pegawai atau karyawan yang telah memiliki pengalaman. Hal itu tentu akan membuat perusahaan dapat menghemat banyak biaya.

Penghematan anggaran juga bisa dilakukan dengan mencari insentif dari sector financial dan pajak. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan dan perpajakan yang kini banyak terdapat di Indonesia. Kesan awal yang ada adalah, penggunaan jasa konsultan akan menambah biaya dan pengeluaran. Namun bila dilihat hasil dan manfaatnya, maka pengeluaran untuk jasa konsultan akan sangat kecil dibanding penghematan pengeluaran perusahaan yang terjadi.

Pemangkasan pengeluaran perusahaan dengan menggunakan business process modeling bisa diaplikasikan di banyak hal. Bahkan saat ini telah terdapat software yang mampu melakukan penghitungan yang cukup akurat untuk berbagai kegiatan perusahaan dalam berbagai skala. Penggunaan model ini akan meningkatkan produktifitas dan efisiensi perusahaan yang secara langsung akan berdampak pada kegiatan perusahaan di masa yang akan datang.

Deskripsi: Pengeluaran perusahaan dapat dipangkas dengan menggunakan business process modeling.  Budget dapat ditekan dengan menggunakan alternative kegiatan dan menggunakan jasa konsultan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *