Kiat dan kemampuan mendasar yang harus dimilki oleh seorang HRD profesional

Kiat dan kemampuan mendasar yang harus dimilki oleh seorang HRD profesional

927
0
BERBAGI

Cara menjadi hrd profesional – Di setiap perusahaan yang pastinya memilki sebuah divisi khusus yang menangani ketanagkerjaan. Divisi ini bernama HRD yang memilki jobdesk khusus yakni mengelola sumber daya manusia atau SDM yang bekerja di perusahaan. HRD juga harus memastikan segala aspek yang berkaitan tentang karyawan berjalan dengan baik, demi produktivitas karyawan itu sendiri.

Dan mungkin beberapa dari anda yang juga berada dalam divisi tersebut bertanya tentang cara menjadi HRD profesional dan handal. Dan pada artikel kali ini mari kita bahas secara mendasar dan kiat-kiat apa saja yang harus dilakukan seseorang jika ingin menjadi seorang HRD yang profesional.

7 Kemampuan dasar yang harus dimilki HRD

1 ) Kemampuan berorganisasi dan pendekatan personal

Sebagai seseorang yang memilki tanggung jawab atas karir orang-orang di perusahaan, HRD wajib pandai berbaur dengan karyawan-karyawan guna melakukan pendekatan personal secara intesif. Pendekat personal ini bisa bermanfaat 2 arah kepada si HRD itu sendiri dan kepada karyawan, dengan melakukan pendekatan personal ini HRD akan mendapatkan banyak informasi tentang si karyawan dan sebaliknya karyawan akan merasa dirinya diperhatikan dan dapat juga meningkatkan motivasi kerjanya.

2 ) Kemampuan Multitasking

Selanjutnya cara menjadi HRD profesional adalah dengan memilki kemampuan multitasking. Kemampuan ini wajib anda miliki mengingat menjadi seorang HRD bukanlah pekerjaan yang mudah, banyak hal yang harus anda urus, dan semuanya adalah proritas. Urusan adminstrasi dan mendengarkan curahan hati karyawan adalah prioritas yang harus anda selesaikan, disinilah anda harus melatih diri anda untuk melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu jika ingin menjadi HRD profesional.

3 ) Kemampuan fokus terhadap banyak hal

Berada di divisi HRD bagaikan berdiri di tengah-tengah banyak kepentiingan, antara kepentingan karyawan, perusahaan, dan manajemen. Banyak HRD yang gagal untuk memenuhi segala kewajiban yang harus dia kerjakan, karena tidak jarang kepentingan-kepentingan tersebut akan saling bergesekan. Namun HRD profesional akan selalu mengatasi masalah ini dengan berkomunikasi, segala keputusan dan kebijaksanaan yang diputuskan haruslah menguntungkan semua pihak.

4 ) Memilki visi dan misi

Sebagai seorang HRD yang mengelola dan melayani hak karyawan di perusahaan, wajib memilki visi dan misi serta strategi. Strategi harus diterapkan untuk menjaga produktivitas karyawan agar tetap baik, strategi bisa berupa pelatihan karyawan, pendidikan karyawan, merancang skema penggajian dan tunjangan dan masih banyak lainnya, hal ini dilakukan demi mendukung kemajuan bisnis perusahaan.

5 ) Kemampuan dasar komputer dan menggunakan program

Lalu cara menjadi HRD profesional lainnya adalah dengan meningkatkan kemampuan menggunakan komputer dan program HR. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, HRD di untungkan dengan hadirnya software atau aplikasi HRIS seperti payrollbozz, yang menawarkan kemudahan mengelola SDM melalui sebuah sistem. HRD yang profesional selalu mengandalkan sistem untuk mengelola SDM, agar lebih efisien, efektif dan akurat. Dan terbukti tidak ada perusahaan besar sukses manapun yang divisi HRD nya tidak menggunakan software HRIS.

6 ) Kemampuan rekruitmen SDM

Salah satu tugas utama HRD adalah dengan melaukan perekrutan karyawan. HRD profesional tahu betul cara menarik minat calon pelamar yang hebat untuk bergabung ke dalam perusahaanya. HRD harus mengerti betul mengenai prosedur dalam proses rekruitment tenaga kerja, seleksi dan hiring people.

7 ) Memilki citra yang baik di mata karyawan

Sebagai pemimpin urusan personalia karyawan HRD juga wajib memilki citra yang baik di depan karyawan, di hormati, di hargai, bahkan juga perlu disegani oleh semua karyawan. Hal ini berguna untuk melancarkan segala strategi dan rencana yang sudah di rancang. Kemudian hal ini juga berguna untuk mendapatkan dukungan ketika HRD melakukan kebijakan perusahaan.

Demikian adalah kiat dan cara menjadi HRD profesional yang bisa anda coba, jika anda ingin bergabung ke divisi personalia tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY