fbpx
5 Jabatan/posisi dengan gaji tertinggi di perusahaan, check this out!

5 Jabatan/posisi dengan gaji tertinggi di perusahaan, check this out!

Gaji terbesar – Dari semua faktor, gaji/upah kerja adalah penyebab terbesar seseorang memutuskan untuk mengambil sebuah pekerjaan yang ada. Selain karena kenyamanan, fasilitas, nama perusahaan, akses jalan atau jaminan kesejahteraan tidak dapat dipungkiri gaji adalah primadona dan pertama kali yang dilihat oleh hampir semua pelamar, tawaran gaji yang tinggi dapat mengalahkan pertimbangan lainnya. 

Kondisi gaji atau upah kerja seseorang juga ditentukan dari banyak hal, mulai dari pendidikan, pengalaman, sampai prestasi yang telah ditorehkan sebelumnya, dan faktor ini juga yang menentukan seorang pelamar bisa berada di grade mana, dan grade atau tingkatan level juga seiring dengan gaji yang diterima. 

Sebelum masuk ke jabatan dengan gaji terbesar, kami akan memberikan sedikit informasi tentang grade-grade apa saja yang ada di dalam perusahaan, dengan klasifikasinya masing-masing. Dan berikut adalah penjelasannya.

Grade jabatan berdasarkan klasifikasinya

Grade atau tingkatan jabatan di bawah ini bisa berbeda-beda namanya di masing-masing perusahaan, namun hal ini umumnya dilakukan oleh HRD untuk memudahkan mereka dalam menggolongkan level jabatan beserta rate gajinya. 

Grade F (pemula)

Grade F adalah angkatan kerja yang baru saja lulus non pengalaman, dengan level pendidikan SMA/SMK. Ini adalah jabatan entry level yang biasanya status kepegawaiannya kontrak dalam waktu tertentu. 

Grade E (pengalaman non-staff)

Grade B adalah angkatan pekerja berpengalaman minimal 2 tahun dengan level pendidikan minimal SMA/SMK atau 4 tahun untuk pendidikan di bawahnya. Dan status kepegawaiannya juga kontrak dalam waktu tertentu. 

Grade D (Ahli madya / Sarjana) 

Grade D adalah fresh graduate dari perguruan tinggi yang memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing, di level ini biasanya mereka memiliki jabatan sebagai staff, dan peluang terbuka untuk promosi ke jabatan yang lebih tinggi.

Grade C (Tenaga ahli)

Grade C adalah tenaga ahli atau profesional yang sudah memiliki pengalaman yang panjang di suatu bidang, dan secara tingkatan pendidikan juga mumpuni. Dan biasanya menduduki jabatan manajer atau kepala bagian

Grade B (Strategis/manajerial)

Grade B merupakan tingkatan yang menduduki jabatan strategis, klasifikasi yang dibutuhkan untuk sampai di titik ini yang bersangkutan harus memiliki pengalaman minimal 12 tahun di bidang yang sama sebagai seorang profesional serta memiliki kemampuan untuk mengelola perusahaan. 

Grade A (Direksi / pimpinan)

Grade A adalah tingkatan tertinggi dari sebuah level jabatan yang ada di perusahaan, level ini biasanya menjabat sebagai Direktur utama, direktur keuangan, atau CEO. 

Setelah mengetahui tingkatan-tingkatan jabatan di perusahaan, kini saatnya masuk ke 5 jabatan di perusahaan dengan gaji terbesar. Dan jabatan-jabatan berikut diisi oleh grade B dan A, yang memang memiliki fungsi atau tanggung jawab yang besar. Seperti pengawasan dan pengelolaan. Dan berikut adalah 5 jabatan/posisi dengan gaji terbesar

5 jabatan/posisi dengan gaji terbesar di perusahaan

Head of human resource (estimasi gaji 30 juta- 150 juta)

blank

Pimpinan departemen HRD memiliki tanggung jawab atas manpower planning, employee development, payroll, sampai jaminan kesejahteraan untuk para pekerja. HEad of human resource biasanya memimpin sub-divisi yang ada di HRD, seperti recruitment, general affair, payroll dan lainnya. 

Atas tanggung jawabnya yang besar, dan pastinya mempengaruhi kinerja dari setiap karyawan maka tidak heran pimpinan di departemen sumber daya manusia ini mendapatkan gaji terbesar dalam di departemennya sampai 150 juta per bulan

Direktur keuangan (estimasi gaji 150 juta –  200 juta)

blank

Direktur keuangan memiliki penghasilan fantastis yakni mencapai 200 juta per bulan. Tugas direktur keuangan adalah mengatur, mengelola dan membuat laporan keuangan perusahaan. Dengan pengelolaan yang baik perusahaan bisa terhindar dari resiko kerugian atau bangkrut.

Perannya sebagai pengatur keuangan perusahaan sangatlah krusial, apabila pengelolaan tidak baik maka hal tersebut bisa berpengaruh pada operasional kerja, dan justru malah membuat perusahaan merugi. 

Direktur manajemen risiko (estimasi 250 juta)

blank

Direktur manajemen risiko adalah sebuah posisi jabatan yang bertanggung jawab mengantisipasi perubahan iklim bisnis di industri tempat perusahaan bermain. Agar perusahaan tetap bisa berjalan dan eksis di setiap zaman. 

Maka tidak heran perusahaan berani membayar seorang direktur dengan gaji sampai 250 juta per bulan, untuk membaca situasi tersebut. 

Direktur marketing (estimasi 100 juta sampai 200 juta)

Departemen pemasaran atau marketing merupakan bagian paling krusial, karena tanpa pemasaran baik perusahaan tidak dapat mengenalkan produk ke pasar, yang tentu hal tersebut dapat berpengaruh pada penjualan.

Karena perannya yang penting dan pengaruhnya pada pendapatan perusahaan, maka seorang Direktur marketing haruslah kreatif dan out of the box demi bisa menguasai pasar dan mendistribusikan produknya. 

CEO, CFO, dan COO

blank

Posisi grade A yang lainnya yang masuk dalam daftar gaji terbesar yaitu ada pada posisi chief, Bisa CEO, CFO, dan COO. Posisi kepemimpinan ini adalah yang paling tinggi di perusahaan karena membawahi semua departemen dan direksi yang ada. Tanggung jawab dari seorang chief di perusahaan ada di segala lini, mulai dari bisnis, keuangan, MSDM dan lainnya.

Dibutuhkan orang yang berpengalaman dalam mengelola perusahaan atau organisasi tertentu, berwawasan luas dan berpikir maju. 

Demikian adalah daftar posisi/jabatan dengan gaji terbesar di perusahaan, berserta tingkatan yang ada. Dibutuhkan keterampilan, pengalaman, bakat dan kerja keras untuk berada di posisi yang tinggi seperti diatas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *