Cara seru kenali kepribadian teman kerja melalui jejaring sosialnya

Cara seru kenali kepribadian teman kerja melalui jejaring sosialnya

Cara mengenali kepribadian seseorang

746
0
BERBAGI

Dalam beberapa penelitian psikologi, sosial media sering kali dijadikan bahan riset penelitian. kondisi kejiwaan atau kepribadian seseorang bisa dapat dengan mudah di analisa melalui akun sosial mereka. bahkan sekarang ini tidak jarang perusahaan yang juga meminta semua alamat akun jejaring sosial untuk melihat kepribadian calon karyawannya tersebut. nah berikut ini adalah beberapa kemungkinan kepribadian berdasarkan perilaku mereka di media daring (dalam jaringan).

Mengenali kepribadian seseorang dari sosial media

1 ) sering posting dalam waktu yang berdekatan

Tipe orang yang sering posting di sosmed atau over aktif kemungkinan pribadi yang percaya diri apalagi jika dilihat dari konten, poto, atau status yang mereka publish adalah merupakan hal yang umum.

2 ) memposting hal/konten yang lucu

Dalam beberapa konteks memposting hal-hal lucu mungkin bisa menjadi penghibur, namun bagaimana jika seseorang atau teman anda suka memposting konten yang lucu setiap saat dengan deskripsi jenaka juga ? tipe orang ini bukan berarti mereka periang, tapi bisa jadi mereka kesepian dan hanya ingin menghibur diri melalui postingan lucu, kemudian menunggu tanggapan orang lain yang juga tertawa karena postingannya.

3 ) Aktif di sosmed tapi jarang posting

Biasanya jenis pengguna sosial media ini adalah laki-laki mereka hanya aktif dan suka melihat timeline namun tidak suka memposting, bisa dikarenakan malas atau juga ragu. Namun biasanya tipe pengguna seperti ini adalah penganalisa, mereka menganalisa perilaku orang lain melalui sosmed. dan kemungkinan yang lainnya mereka adalah tipe orang yang “kepo” serba ingin tahu.

4 ) Sering berkomentar di postingan orang lain

Umumnya ada 2 jenis komentar yang biasa kita temukan di sosmed, positivistik dan kritis. orang yang biasanya suka meninggalkan komentar seperti “wah bagus sekali“, “keren banget” atau “mau dong” adalah tipe komentar positivistik, mereka yang memberikan tanggapan seperti ini biasanya mereka yang suka cari perhatian agar profilnya dilihat oleh pengguna sosmed lainnya.

Kemudian komentar yang isinya kritikan adalah tipe komentar kritis, tipe pengguna sosmed seperti ini bukan berarti mereka suka menghujat namun biasanya kepribadian mereka lebih jujur dan apa adanya bahkan cenderung ke pribadi yang perhatian.

5 ) Suka posting apa yang dilakukan, dan apa yang di kunjungi 

Di sosial media seperti instagram kita dapat melakukan story atau video pendek yang dapat mendeskripsikan kegiatan yang sedang kita lakukan. Mereka yang suka melakukan hal ini adalah tipe orang yang “hedonisme” yang cenderung mengumbar kesenangan untuk mendapatkan lebih banyak kesenangan lagi, apalagi jika banyak tanggapan dan viewers yang mereka dapatkan.

6 ) Aktif tapi tidak pernah meninggalkan komentar ataupun menyukai postingan. 

Tipe pengguna seperti ini biasanya adalah orang yang introvert atau tertutup kepada orang lain, namun mereka banyak mengetahui suatu hal karena memilki banyak waktu untuk menganalisa seseorang melalui sosial media. Tipe pengguna seperti ini juga biasanya selektif, dan tidak muda terprovokasi oleh hal-hal tertentu.

7 ) sering ganti profil dan sering posting gambar selfie

Suka selfie bukan berarti mereka selfish atau egois namun bisa saja mereka percaya diri dengan apa yang mereka punya. dan mereka yang suka berganti foto profil biasanya sedang mencari perhatian atau suka dengan suatu hal.

8 ) Pengguna militan atau ultras

Mereka ini termasuk orang yang mengakui kalau jejaring sosial merupakan bagian penting dari rutinitas sehari-hari. Para ultra menghabiskan lebih dari 2 jam sehari untuk mengecek feed di Facebook atau Twitter. Mereka selalu mengecek apakah ada notifikasi masuk setiap beberapa jam sekali.

9 ) Informan

Tipe-tipe pengguna sosmed yang satu ini juga aktif berselancar di dunia maya, namun cenderung mencari berita kemudian mereka share ke akun sosial media mereka. pengguna seperti adalah tipe pengguna yang objektif, berwawasan, dan suka berbagi.

 

LEAVE A REPLY