Bentar lagi ramadhan tiba, yuk ikutin 7 tips ini supaya puasa kamu...

Bentar lagi ramadhan tiba, yuk ikutin 7 tips ini supaya puasa kamu full walaupun sibuk kerja.

969
0
BERBAGI

Tips puasa ramadhan – Bulan suci ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi umat islam, pada bulan ini seluruh umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, yang di laksanakan selama 30 hari, dari waktu matahari terbit sampai matahari tenggelam. Puasa adalah sebuah kewajiban bagi yang beragama islam, kualitas puasa akan semakin baik ketika kita mengisinya dengan beribadah dan bekerja. Nah karena bulan puasa sebentar lagi admin akan memberikan beberapa tips puasa selama ramadhan, agar puasa tetap full dan bekerja juga lancar, yuk disimak!

7 Tips puasa di bulan ramadhan

1 ) Menu buka puasa dan sahur yang tepat

Supaya perut tidak cepat lapar di bulan puasa sahurlah dengan menu makanan yang tepat. menurut Dr.tirta sahur yang tepat adalah dengan menyantap makanan yang mengandung glikemik rendah, dan jangan mengkonsumsi makanan yang encer seperti bubur. contoh makanan dengan glikemik rendah seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. lalu kenapa harus makanan dengan glikemik rendah saat sahur? karena makanan dengan glikemik rendah perlu proses perlahan untuk di cerna tubuh, sehingga rasa kenyang akan tahan lebih lama dan tenaga yang dihasilkan dari makanan tersebut juga lebih banyak.

Kemudian menu makanan saat berbuka puasa yang tepat adalah makanan dengan Glikemik tinggi, makanan ini adalah tipe makanan yang mudah di cerna. seperti kentang, nasi putih, gula, roti tawar, dan minuman bersoda dan yang manis.

2 ) Jalan-jalan sore

Seorang pakar metabolisme menyampaikan ketika seseorang mengurangi atau membatasi asupan makanannya, maka kadar hormon ghrelin akan meningkat. Ghrelin adalah hormon pembangkit nafsu makan yang diproduksi kelenjar oksintik di dalam lambung manusia.

Untuk itulah para ahli mengatakan sebaikknya orang yang berpuasa tetap melakukan latihan fisik secara ringan untuk membendung peningkatan hormon Ghrelin yang dapat memunculkan rasa lapar, saran dari para pakar adalah untuk melakukan jogging atau jalan kaki di sore hari menjelang buka puasa.

3 ) Pola air minum yang tepat

Minum air mineral atau air putih secara taratur akan membuat tubuh lebih bugar saat puasa. Pola minum yang baik saat puasa sebaiknya menggunakan pola minum 2-4-2. yang di maksud 2-4-2 adalah 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas malam hari menjelang tidur, 2 gelas saat sahur.

4 ) Hindari telur asin

Agar puasa tetap lancar tanpa gangguan sebaiknya anda menghindari makan telur asin. Karena kadar garam yang tinggi yang ada pada telur asin dapat menyebabkan cairan cepat keluar dari sel. dan hal tersebutlah yang menyebabkan kita merasa haus dan tubuh terkena dehidrasi.

5 ) Makan kurma

Makan kurma saat berbuka puasa adalah salah satu sunnah, makan-makanan yang manis dengan kadar guka yang pas dan asli akan cepat mengembalikkan tenaga yang hilang saat puasa. Selain manis dan kandungan vitamin yang tinggi dalam buah kurma yang tinggi, makan buah kurma juga dapat memberikan rasa kenyang yang pas dan lebih tahan lama.

6 ) Berangkat ke kantor/tempat kerja lebih pagi

Tips puasa ramadhan selanjutnya adalah berangkat ke tempat kerja lebih pagi. berangkat lebih awal ke tempat kerja memberikan banyak keuntungan, yang pertama anda akan terhindar dari kemacetan yang juga akan menguras banyak tenaga dan mengangu puasa, kemudian setibanya di kantor anda bisa beristirahat sebentar untuk menghilangkan lelah saat di perjalanan, lalu bekerja pun akan lebih santai karena anda datang lebih pagi.

7 ) Manfaatkan waktu luang di kantor untuk beribadah dan istirahat.

Tips puasa ramadhan yang terakhir adalah memanfaatkan jam kerja yang sibuk untuk beristirahat dan ibadah. Menjalankan ibadah puasa  tanpa menunaikan solat 5 waktu sama saja seperti membangun gedung bertingkat tanpa pondasi, dan setelah solat anda juga dapat istirahat sebentar untuk sekedar menyegarkan tubuh yang kelelahan saat bekerja.

Demikian adalah tips puasa ramadhan dari admin yang semoga dapat membantu melancarkan puasa anda walaupun sibuk bekerja. Walaupun kita sedang menjalankan puasa namun bukan berarti kita harus bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, justru yang membuat puasa semakin berkualitas adalah ketika kita tetap bekerja saat puasa, karena bekerja juga sebagian dari ibadah. Akhir kata selamat menjalankan ibadah puasa bagi mereka yang menunaikannya, semoga kita diberikan kekuatan dan hikmah selama berpuasa.

LEAVE A REPLY